5 Cara Menguasai Bahasa Jepang dengan Mudah dan Cepat

2 min read

bahasa jepang dan artinya

Belajar bahasa Jepang untuk pemula bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti mengikuti kursus di lembaga pendidikan terdekat. Cara ini biasanya umum dilakukan terlebih bagi yang akan mengikuti program magang ke negeri samurai tersebut.

Bahasa Jepang diidentikkan sama rumitnya dengan bahasa Korea karena menggunakan aksara yang berbeda seperti yang kita gunakan. Tetapi dibalik tampilannya yang rumit, toh ternyata banyak juga orang Indonesia yang mahir menggunakan bahasa ini termasuk untuk menulis dan digunakan dalam percakapan.

Bahasa Jepang menggunakan tiga huruf yang disebut dengan hiragana, katakana, dan kanji. Setiap huruf mempunyai fungsi masing-masing yang harus dipelajari terlebih dahulu agar saat digunakan berkomunikasi sesuai dengan aturan bakunya.

Baca juga: Mau belajar bahasa Korea?, yuk pakai aplikasi ini biar kamu lebih mengerti saat nonton K-Drama

Untungnya di jaman sekarang ini, kamu bisa belajar bahasa Jepang dan artinya dimanapun dan kapanpun. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi yang tersedia untuk smartphone.

Untuk itu tim Masivo merekomendasikan beberapa aplikasi smartphone yang bisa kamu gunakan untuk belajar bahasa jepang sehari-hari dan perkenalan.

Saku Japan

Aplikasi yang dinamakan SakuJapan ini diklaim sebagai aplikasi lengkap belajar bahasa Jepang untuk pemula yang bisa menjadi kamus pedoman online tanpa perlu membawa-bawa buku kamus yang tebal.

belajar bahasa jepang perkenalan

Selain digunakan untuk belajar, SakuJapan mempunyai fitur evaluasi untuk mengetes sejauh mana kamu menguasai bahasa ini, evaluasinya berupa game yang akan membuat kamu merasa sedang bermain.

Dengan aplikasi ini, kamu akan belajar berbagai kosakata binatang, mengucapkan nomor, dan belajar berbagai kalimat yang umum dan sering digunakan dalam berkomunikasi dengan bahasa Jepang.

Belajar Bahasa Jepang Lengkap
Belajar Bahasa Jepang Lengkap
Developer: yongkru
Price: Free

LuvLingua

Belajar sambil bermain adalah salah satu konsep yang digunakan untuk mempercepat penyerapan pelajaran ke murid. Konsep ini juga digunakan oleh Livlingua untuk mempelajari bahasa Jepang.

belajar bahasa jepang sehari hari

Aplikasi edukasi Livlingua mengajarkan bahasa Jepang menggunakan game yang menarik dan bisa diikuti oleh para pemula dan menengah untuk belajar bicara dan membaca.

Asyiknya lagi, aplikasi belajar ini merupakan aplikasi belajar offline yang artinya bisa kamu gunakan kapan saja tanpa perlu bergantung dengan jaringan Internet atau online.

BravoLang

Aplikasi belajar bahasa asing dari developer Bravolang cukup mirip dengan duolingo yang mendukung banyak bahasa di dalamnya, termasuk bahasa Jepang.

aplikasi belajar bahasa jepang

Dengan aplikasi ini diharapkan kamu bisa mempelajari ungkapan dan kata dengan mudah. Serta bisa berbicara bahasa Jepang dengan lebih percaya diri.

Seperti bahasa Indonesia, bahasa dari negeri matahari terbit ini juga memiliki banyak ungkapan yang akan dibantu oleh aplikasi untuk lebih menguasainya dengan cara dibacakan. Dengan cara ini, kamu tidak perlu lagi menebak-nebak bagaimana cara membacanya.

Jika aplikasi membacakan ungkapan atau kalimat terlalu cepat, kamu bisa menekan tombol berbentuk kura-kura untuk melambatkan agar kata-kata yang diucapkan lebih jelas terdengar.

Di aplikasi ini kamu juga bisa merekam suara kamu sendiri saat mengucapkan kalimat berbahasa Jepang sebagai sarana latihan mengasah kefasihan saat melafalkan kata atau kalimat.

Fun Easy Japanese

Kamu ingin lancar bicara bahasa Jepang dalam percakapan?, jika iya, maka aplikasi yang satu ini sepertinya cocok untuk dicoba. Dengan koleksi lebih dari 5 ribu frasa yang bisa digunakan untuk percakapan pendek layaknya turis yang sedang berlibur ke negeri sakura.

belajar hiragana

Aplikasi ini sungguh menyenangkan sesuai dengan namanya dan memudahkan kamu untuk belajar frase bahasa Jepang dengan cara cepat dan mudah. Asyiknya lagi, aplikasi ini bisa digunakan kapanpun dan dimanapun tanpa perlu terhubung ke jaringan internet.

Selain koleksi frase yang banyak, aplikasi ini juga memiliki berbagai game seru yang akan meningkatkan kemampuan mendengar, menulis, dan berbicara. Yang semuanya terbagi ke dalam 4 level belajar yaitu pemula, menengah, lanjutan, dan ahli.

Pendalaman frase juga diberikan agar kamu mengetahui kapan suatu frasa diucapkan dan frasa apa yang harus digunakan. Itu semua dimasukkan dalam 20 topik yang akan membantumu memilah dan memilih topik mana saja yang harus dipelajari terlebih dahulu.

Learn Japanese - 5000 Phrases
Learn Japanese - 5000 Phrases

Simply Learn Japanesse

Bagi yang akan bepergian ke Jepang, aplikasi yang satu ini patut di-install di smartphone. Aplikasi ini akan membuat hidupmu lebih mudah karena seolah-olah kamu akan mendengar penutur asli bahasa Jepang dimanapun dan kapanpun.

belajar bahasa jepangnya selamat malam

Hal ini tentunya akan membuat kamu merasa lebih akrab dan nyaman karena telah terbiasa mendengarkan bahasa jepang diucapkan.

Desain aplikasinya cukup sederhana dan langsung ke fungsinya sebagai sarana belajar bahasa asing yang siap digunakan kapanpun dengan 1000 lebih frasa yang dimasukkan ke dalam 30 kategori.

Simply Learn Japanese
Simply Learn Japanese

Itulah kumpulan rekomendasi aplikasi belajar bahasa Jepang yang bisa kamu gunakan untuk mempercepat penguasaan salah satu bahasa asing terpopuler di Asia. Tahapan belajarnya pun dimulai dari level pemula yang akan berangsur naik ke level selanjutnya setelah lolos di sesi evaluasi yang biasanya berupa test dalam bentuk game.

Semoga kesemua aplikasi tersebut bermanfaat dan bisa mengantarkanmu semakin paham dan memahami bahasa Jepang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *