ADB Fastboot dan Mi Flash Tool Terbaru

3 min read

ADB Fastboot dan Mi Flash Tool Terbaru

Android SDK atau sering disebut juga dengan Android Studio merupakan tool atau alat yang digunakan hanya oleh para pengembang guna mengembangkan berbagai aplikasi untuk Android.

Namun, jika anda hanya pengguna yang sering bermain-main atau ngoprek ponsel pintar android seperti melakukan unlock bootloader, flashing boot atau image recovery, atau sesekali melakukan proses flash image pabrik, mendownload Android SDK atau Android Studio merupakan hal yang mubazir.

Untuk tugas seperti yang disebutkan diatas bisa dilakukan hanya dengan menggunakan tool platform Android SDK yang hanya berisi file ADB dan Fastboot.

Download ADB dan Tool Platform Fastboot SDK

Tool platform Android SDK merupakan komponen yang ada di dalam Android SDK dan meliputi tool berbeda lainnya seperti ADB, fastboot dan systrace.

Jika anda hanya ingin mendownload ADB dab Fastboot tanpa perlu melakukan unduhan file Android Studio atau SDK secara keseluruhan, hal ini sekarang sudah bisa dilakukan karena Google akhirnya membuat file binary atau installernya yang tersedia secara resmi untuk platform Windows, Mac dan Linux.

Artinya, sekarang anda dapat mengunduh file ADB terbaru dan Fastboot terbaru langsung dari link resmi developer Google.

Sebelum hal ini bisa dilakukan, pengguna harus mendownload lengkap file Android SDK atau Android Studio yang besarnya berkisar 400MB hingga 1.6GB, dan merujuk ke sumber pihak ketiga untuk mengambil ADB dan Fastboot. Di sini, anda harus terbiasa dengan file eksekusi minimal ADB dan Fastboot yang dibutuhkan untuk memasang Tool-Platform di komputer yang digunakan.

Dalam beberapa kasus, sumber download dari pihak ketiga telah dimodifikasi dengan menyisipkan kode komputer yang merusak seperti Trojan. Selanjutnya, untuk mendapatkan tool yang terbaru, anda harus memastikan kembali rilis terbaru tersebut bersih dari kode jahat komputer dan hal ini tentunya akan membuat usaha ekstra tersendiri yang terkadang melelahkan.

BACA JUGA:   Nokia 3310 4G, bisa Wi-Fi dan WhatsApp

Dan kini hal tersebut sudah bisa anda singkirkan karena tool penting yaitu file ADB dan Fastboot bisa didownload dengan mudah lansgung dari link resmi Google.

Kenapa harus download file Android SDK atau Android Studio yang begitu besar jika yang anda butuhkan hanya sedikit saja?, Platform Tool SDK yang berisi file ADB dan Fastboot berkisar hanya dibawah 4MB.

Download File ADB and Fastboot Terbaru (Windows/Mac/Linux)

File ADB danFastboot terbaru untuk platform Windows, Mac dan Linux bisa didapatkan dari link resmi Google dibawah ini.

  1. Untuk mendownload file platform-tools-latest-windows.zip bisa di link ini
  2. Untuk versi Mac file platform-tools-latest-darwin.zip di link ini
  3. Sedangkan untuk versi Linux platform-tools-latest-linux.zip di link ini

Selain mendownload file terbaru ADB dan Fastboot, anda juga bisa membaca release note yang disertakan untuk mengetahui perubahan apa saja yang ada di versi terbaru. Tentu saja info ini akan sangat berguna untuk memastikan perubahan tersebut sesuai dengan kebutuhan.

Cara Menggunakan SDK Platform-Tools

download mitools

Menggunakan SDK Platform-tool cukup mudah karena tanpa perlu melakukan proses instalasi. File yang terdownload adalah file ZIP, sehingga untuk menggunakannya cukup dengan mengekstrak file ZIP tersebut ke desktop atau ke folder yang sudah anda tentukan sendiri, kemudian buka folder hasil ekstrak tersebut, kemudian buka window terminal dengan menekan dan tahan tombol SHIFT lalu klik kanan di ruang yang ada di dalam folder Platform Tool lalu pilih “open command window here”, setelah terminal command muncul, kini eksekusi sesuai perintah yang diinginkan.

BACA JUGA:   Download Driver USB Terbaru untuk Android (Untuk Semua Pabrikan & Lengkap)

Mi Flash Tool Terbaru

Xiaomi akhirnya melakukan update terhadap software flashing populer miliknya yang dinamakan Mi Flash Tool. Update ini berkaitan dengan penambahan dukungan terhadap berbagai ponsel terbaru yang telah dirilis oleh pabrikan ponsel Tiongkok ini.

Kini MiFlash Tool mempunyai kemampuan flashing ROM Fastboot hanya dengan satu kali klik saja.

mi flash unlock tool terbaru

Jika merujuk ke changelog dari MiFlash Tool, terdapat banyak perbaikan yang pada versi sebelumnya sangat mengganggu dan bahkan tombol flash tidak muncul pada beberapa ponsel Xiaomi yang tidak didukung oleh tool flash ini. Namun kini hal tersebut menjadi masa lalu karena sudah ada perbaikan di versi update MiFlash Tool yang sekarang.

Baca juga: Terobosan baru Google, Game kelas berat bisa dimainkan di hp kelas low-end

Berikut adalah changelog MiFlash Tool terbaru.

Changelog:
Fixed:
The flash button is not available if the device cannot be found after clicking the flash button.
UI display doesn’t match the result bar.
Force close in some situations.
Script flashing failed yet Miflash shows success.
Error popup when clicking the flash button repeatedly.

Cara Install MiFlash Tool Terbaru

mi flash tool 2019

Lalu bagaimana cara install MiFlash Tool, caranya cukup mudah hanya dengan mengikuti tutorial singkat di bawah ini.

  • Download MiFlash Tool terbaru di link berikut ini.
  • Ekstrak file tersebut, jika dengan WinRar maka cukup klik isi file Zip untuk lanjut ke proses instalasi.
  • Kini ikuti wizard yang ada hingga proses instalasi selesai.

Setelah selesai, akan ada shortcut di desktop yang mempermudah akses ke tool ini jika sewaktu-waktu digunakan. MiFlash Tool selain berguna untuk melakukan proses flashing ROM MIUI, juga sangat membantu saat kita ingin menginstall driver ponsel Xiaomi ke laptop ataupun PC.

BACA JUGA:   14+ Kode Rahasia Android

Tool flash Xiaomi ini sangat penting dan wajib ada bagi para pengguna ponsel Xiaomi karena mempunyai banyak manfaat. Semoga artikel download dan cara install Mi Flash Tool Xiaomi ini juga berguna bagi kita semua.

Demikian informasi tentang Mi Flash Tool yang wajib dimiliki oleh para pengguna hp Xiaomi. Untuk ROM terbaru, silakan langsung merujuk ke situs resmi MIUI dan download versi ROM yang sesuai dengan model smartphone Xiaomi yang kamu miliki. Hal ini sangat penting, karena kesalahan ROM saat flashing bisa menyebabkan softbrick dan yang paling ektrem adalah hardbrick.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *