Fungsi dan Manfaat Android TV Box

5 min read

cara memasang android tv box

Menikmati hiburan di layar TV kini sangat beragam bentuknya apalagi setelah Internet mulai memasuki ruang keluarga dengan adanya smart TV. Hanya saja harga Smart TV masih terbilang cukup mahal sedangkan TV layar lebar seperti LED dan Plasma TV masih siap menemani. Solusinya adalah dengan menggunakan Android TV Box.

Untuk itu diperlukan alat yang mampu digunakan untuk mengubah TV biasa menjadi Smart TV, dan alat ini dinamakan Android TV Box.

Pada dasarnya, Android TV Box merupakan salah satu alat yang mudah digunakan untuk mendapatkan layanan hiburan berbasis internet menggunakan layar TV biasa. Alat lain pun juga tersedia dengan fungsi dan kegunaan yang hampir mirip yaitu, Set Top Box Satelit.

manfaat android tv box

Baca juga: Google Stadia: Penjelasan, Harga dan Daftar Game

STB Satelit terbaru selain berguna menjadi receiver saluran televisi satelit juga sudah dilengkapi aplikasi IP TV, Youtube, dll. Hanya saja sekarang kembali ke kebutuhan pengguna untuk memilik perangkat mana yang dibutuhkan.

Kembali lagi ke Android TV Box, perangkat ini digunakan untuk mengubah TV biasa menjadi Smart TV yang berbasis Android sehingga kita bisa mendownload dan menjalankan aplikasi Android mengggunakan TV seperti Smartphone atau Tablet Android. Tersedia banyak pilihan merek Android TV Box yang sudah masuk di Indonesia sehingga sekarang mudah untuk mendapatkan Android TV Box.

Cara menggunakan Android TV Box sangat mudah yaitu hanya dengan menyambungkan perangkat TV Box dengan port HDMI TV dengan menggunakan kabel HDMI. Android TV Box disediakan remote untuk mengoperasikannya. Anda bisa menambahkan mouse bluetooth atau keyboard bluetooth dan gamepad untuk bermain game. Tapi dengan remote saja sudah cukup untuk menjalankan fungsi dari Android TV Box.

Yuk simak: Aplikasi Pembobol WiFi Paling Ampuh untuk Hp Android

Bicara soal perangkat pintar tentunya banyak sekali kegunaannya tidak terkecuali Smart TV yang berbasis Android. Agar penggunaannya maksimal maka diperlukan koneksi internet untuk mendownload dan menggunakan aplikasi Android seperti perangkat pintar lainnya.

Manfaat Android TV Box

Nonton

Sejak kehadiran internet di dunia hiburan, banyak pilihan untuk menikmati tontonan di ruang keluarga. Perangkat ini adalah pilihan untuk menggantikan cara kovensional dengan menggunakan antena TV untuk menonton. Sekarang sudah banyak aplikasi android untuk nonton Video streaming, Live Streaming, IPTV/TV Internet, Movie streaming, dan lainnya. Salah satu aplikasi terbaik untuk nonton saat ini adalah KODI. Dengan Android TV Box pun kita bisa nonton melalui data yang sudah kita download menggunakan USB, Harddisk, SD card.

Main Game

Seperti Smartphone Android atau Tablet Android yang sering kamu gunakan untuk main game. Android TV Box juga bisa digunakan untuk bermain game tapi bedanya jika di Android TV Box bisa bermain di layar yang lebih besar. Jika kamu mau bermain seperti game konsol, maka kamu harus menambahkan gamepad.

Browsing

Layanan browsing di TV Box berbasis Android juga tersedia jadi jika ingin melakukan browsing saat kamu di depan TV dengan sofa nyaman bersama-sama dengan teman atau keluarga bisa langsung di TV. Banyak layanan browsing yang bisa digunakan salah satu contohnya adalah Google Chrome.

Chating dan Video Call

Chating atau Video call juga bisa dilakukan di Android TV Box. Mungkin akan lebih nyaman jika chatting atau video call dengan Smartphone atau Tablet Android untuk ngobrol secara privasi. Tapi jika ada saudara atau kerabat yang berada jauh di luar negeri atau di luar kota yang tidak dapat menghadiri reuni bisa menggunakan layar yang lebih besar tentu akan lebih menyenangkan dan membuat terasa yang jauh menjadi dekat dengan keberadaannya di layar yang lebih besar.

Cast screen/Mirorscreen

Melihat layar kecil smartphone dilayar yang lebih besar dengan menggunakan castscreen dengan aplikasi seperti Miracast. Apalagi yang sedang ingin presentasi bisa menggunakan Smartphone untuk menjelaskan ide yang kamu buat di Smartphone dengan layar yang lebih besar.

Slot USB & SD Card

Tersedia slot flashdisk dan SD Card untuk menyimpan atau membuka data di TV atau Layar yang lebih besar menggunakan Android TV Box. Tersedia juga slot Sata untuk beberapa merek Android TV Box.

Itu tadi beberapa fungsi dan manfaat yang kamu bisa dapatkan dari TV Box Android. Selain yang disebutkan di atas, masih banyak lagi fungsinya yang seru apalagi banyak vendor TV Box ini yang menambahkan fitur-fitur lainnya sebagai pembeda dari produk-produk set top box serupa. Yang pasti, fungsi di atas merupakan fungsi dasar yang biasanya didapatkan dari sebuah perangkat Android TV Box.

Nonton TV Streaming

Sudah setahun ini Saya meninggalkan TV satelit untuk berpindah ke TV streaming internet yang lebih banyak jangkauan channelnya. Dimulai dari keterbatasan satelit yang bisa dilock dengan dish parabola berukuran kecil yang saya punya serta mulai macetnya jalur fly TV berbayar, memaksa saya mencari alternatif lain untuk menikmati channel-channel favorit.

trik menonton iptv online gratis

Pilihan ke TV internet adalah pilihan yang masuk akal, karena koneksi internet menggunakan Fiber Optic melalu provider plat merah sudah lama dinikmati tanpa ada kendala yang berarti.

Hanya saja jika menggunakan laptop dan komputer PC untuk menonton TV internet tentunya akan mengurangi keluwesan dan posisi santai saat menonton TV. Bakal ga asyik hanya untuk menonton TV harus menggunakan laptop yang terhubung ke TV LED 32 inch menggunakan kabel HDMI, sesuatu yang gak praktis dan merepotkan anak istri jika mereka ingin menonton.

Baca juga: Jangan lupa untuk menghapus file sampah di hp android agar smartphone tetap kencang dan ringan

Pilihan lainnya dari proses menonton TV streaming adalah menggunakan perangkat Set Top Box. Perangkat ini sebenarnya ditawarkan oleh provider plat merah yang Kami pakai, tetapi sepertinya ada keterbatasan fungsi di STB berbasis Android. Lha hp android aja dioprek-oprek sampe bisa diganti dengan custom ROM, tentu STB yang masih bawaan tidak akan mempunyai kemampuan yang lebih dari seharusnya misalkan bisa digunakan untuk menikmati Kodi, Youtube dan Perfect Player.

Akhirnya labuhan terakhir adalah menggunakan Set Top Box plat merah yang sudah root. Set Top Box TV streaming yang digunakan adalah Huawei STB EC6108V9 yang memiliki desain compact dan sesuai dengan kebutuhan. Kami membelinya di marketplace, maka beli yang sudah root. Kenapa harus root?, karena nantinya akan digunakan untuk menonton TV streaming dari provider swasta yang banyak menawarkan harga murah dengan channel premium yang banyak.

Menonton TV Streaming dengan Perfect Player

Untuk menonton TV streaming banyak software yang bisa diinstall langsung ke STB Huawei EC6108V9 seperti Kodi dan Perfect Player. Hanya saja setelah banyak bertanya sana-sini ke para provider TV streaming swasta, banyak dari mereka menggunakan Perfect Player sebagai player utamanya. Jadi untuk sementara ini, selain aplikasi Youtube untuk menonton streaming video online terdapat juga Kodi dan Perfect Player sebagai aplikasi untuk menonton TV internet.

Perfect Player merupakan player yang cukup sederhana, simple dalam pengoperasiannya, dan yang paling Saya suka adalah support script pastebin. Jadi dengan memanfaatkan gratisan akun pastebin, sudah bisa mendaftarkan banyak channel TV streaming untuk dinikmati bersama keluarga

Cara Memasukkan Link TV Streaming di Perfect Player

Untuk menonton TV streaming menggunakan Perfect Player, Anda harus memasukkan link URL ke menu konfigurasi Perfect Player. Hal ini penting agar Perfect Player tahu darimana dia mengambil daftar channel TV streaming yang akan kita tonton.

Saya sendiri mencoba untuk memasukkan channel TV online Indonesia dan beberapa TV online Luar Negeri yang hingga saat ini masih gratis dan bisa dinikmati. Tetapi jika ada channel yang mati, Saya mohon maaf karena kesibukan dan hal lainnya belum bisa mengupdate daftar TV internet yang dikumpulkan di pastebin. Untuk memulai menikmati TV internet di Perfect Player silakan merujuk ke panduan singkat berikut ini:

  • Pastikan aplikasi Perfect Player telah terinstall di Set Top Box yang Anda punya.
  • Pastikan STB telah terkoneksi dengan internet.
  • Buka aplikasi Perfect Player menggunakan remote.
remote android box tv
  • Setelah aplikasi Perfect Player terbuka, kini masuk ke menu setting dengan menekan tombol menu hamburger yang ada di remote.
cara setting perfect player
  • Kini tekan “main Menu”, lalu arahkan ke opsi pengaturan dengan ikon roda.
cara pengaturan perfect player untuk tv online gratis
  • Masuk ke menu General, lalu ketikkan link URL pastebin ke salah satu Playlist yang ada di menu IPTV Data Server (https://pastebin.com/RT612ZBh)
iptv list channel perfect player
  • Kini tekan tombol  back yang ada di remote untuk kembali ke tampilan utama Perfect Player.
  • Tanda sudah terkoneksinya Perfect Player ke link pastebin adalah munculnya sejumlah channel di aplikasi Perfect Player, pilih satu dari mereka dan tekan tombol OK yang ada di remote STB.

Dari list pastebin yang telah diinput ke Perfect Player, terdapat banyak channel TV streaming seperti tv online Indosiar, tv online rcti, tv online bola, tv online trans7, streaming tv one, tv streaming sctv, tv streaming antv, tv online mnctv, dan banyak lagi channel tv online lainnya. Untuk channel premium seperti live streaming bein sport silakan dicoba saja apakah masih bisa cling atau sudah gelap.

TV streaming menggunakan media internet sudah merambah ke ruang keluarga menggantikan TV satelit dan TV terrestrial. Hal ini menjadi sebuah keniscayaan yang harus dihadapi oleh para pemilik stasiun TV. Di pihak lain, banyak provider TV streaming menyediakan tawaran channel TV premium dengan harga terjangkau, dan asyiknya provider ini tidak hanya para provider besar yang berlomba-lomba menggaet pelanggan tetapi juga para provider perorangan yang menjalankan TV streaming menggunakan metode restreaming. Menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *