10 Aplikasi Edit Foto untuk Smartphone

3 min read

download aplikasi edit foto terbaik

Aplikasi edit foto semakin banyak bermunculan di Play store. Hal ini muncul sebagai respon atas banyaknya smartphone android yang dirilis dengan kamera berlensa tinggi dan jumlah kameranya pun lebih dari 2.

Meskipun pabrikan hp android menyertakan aplikasi untuk mengolah foto, tetapi pada akhirnya aplikasi tersebut tidak populer karena kurangnya fitur, efek, dan filter yang sangat dibutuhkan untuk membuat foto tampak hidup dan menyenangkan.

Edit foto diperlukan karena saat mengabadikan momen melalu kamera, pasti ada saja objek yang tidak diinginkan muncul. Hal ini patut dimaklumi karena saat mengambil foto biasanya spontan, apalagi momen-momen tertentu memang tidak bisa diatur terlebih dahulu posenya.

Dengan aplikasi edit foto, objek tidak diinginkan tersebut bisa kamu hilangkan, bahkan bisa menambahkan filter warna, membuat foto tambah cerah, membentuk kolase foto dan masih banyak fitur lainnya.

Baca juga: Cara Membersihkan file sampah di smartphone

Karena hal-hal tersebut itulah, patut kiranya kamu menggunakan aplikasi pengolah foto paling direkomendasikan untuk smartphone yang memiliki fitur-fitur keren.

Aplikasi Edit Foto PicsArt

Aplikasi pengolah foto yang satu ini sudah digunakan oleh lebih dari 100 juta pengguna. PicsArt mempunyai desain yang sangat baik saat kamu ingin mengedit foto dengan filter dan dekorasi. Di aplikasi ini kamu akan menemukan aplikasi kamera bawaan, menambah efek, membuat kolase, adanya koleksi clipart gratis, dan juga stiker.

cara edit foto kekinian di picsart

Salah satu efek yang keren adalah Magic Effect yang membuat foto menjadi terlihat lebih bagus dan keren. Jadi bagi kamu yang baru belajar edit foto, aplikasi yang satu ini sangat cocok untuk memulai. Oh ya, aplikasi ini juga mempunyai fitur langsung share ke sosial media dengan sekali sentuhan.

PicSay

Aplikasi yang dinobatkan sebagai juaranya aplikasi edit foto ini ternyata terus berbenah. Selain fitur standar pengolah foto, PicSay juga memberikan fitur lainnya seperti memperbaiki warna di foto dan kamu bisa menambahkan balon komentar layaknya sedang melakukan percakapan.

cara edit foto kekinian di picsay

Oh ya, jangan lupa untuk menggunakan fitur doodle yang membolehkan kamu menggambar di atas foto dengan efek keren. Setelah semua foto selesai di edit, maka kamu bisa share foto tersebut langsung ke jejaring sosial media. Siap-siap terima banyak komentar dan jangan baper.

PicSay - Photo Editor
PicSay - Photo Editor
Developer: Shinycore
Price: Free

Pixlr

Aplikasi pengolah foto yang satu ini sudah diunduh oleh lebih dari 50 juta pengguna dan kebanyakan dari mereka cukup puas dengan fitur dan kinerjanya. Aplikasi Pixlr cukup ringan, cocok untuk pemula karena mudah digunakan, fiturnya lengkap.

aplikasi pengolah foto selebgram

Dari berbagai fitur yang ada, yang keren dari aplikasi edit foto ini adalah hasil gambarnya tidak pecah asal saat mulai mengedit foto sudah diatur ke posisi “maksimal”. Menarik bukan?, yuk cobain sekarang juga, langsung saja ke App Store, sedangkan untuk pengguna Android bisa langsung klik dari link aplikasi di bawah.

Pixlr – Free Photo Editor
Pixlr – Free Photo Editor
Developer: 123RF Limited
Price: Free+

Aplikasi Edit Foto Prisma

Kamu mencari aplikasi pengolah foto yang bisa mengubah foto menjadi lebih artistik?, jika iya, kamu patut coba aplikasi Prisma. Aplikasi ini mempunya banyak fitur filter artistik keren yang akan membantumu mewujudkan tampilan foto menjadi lebih hidup dan keren.

cara edit foto kekinian di prisma

Tidak hanya itu saja, sesaat kamu selesai mengedit foto, langsung bisa kamu bagikan di media sosial atau bisa juga kamu simpan sendiri di hp atau kirim lewat email.

Prisma Photo Editor
Prisma Photo Editor
Price: Free+

Snapseed

Google selain memiliki tempat menyimpan foto cloud, juga mempunyai aplikasi edit foto yang dinamakan Snapseed. Tampilannya cukup sederhana dan mudah digunakan. Kerennya lagi sudah mendukung Bahasa Indonesia.

download aplikasi modifikasi foto terbaik di dunia

Sudah lebih dari 100 juta pengguna menggunakan aplikasi pengolah foto ini dan mayoritas dari mereka cukup puas. Hal ini dikarenakan adanya beragam fitur dasar mengedit foto yang ditambahkan dengan fitur khusus seperti Expand. Fitur khusus ini mirip dengan fitur contant aware fill punyanya Photoshop. Dukungan sistem filenya juga cukup banyak, karena sudah mendukung berkas file Digital Native.

Baca juga: Jangan lupa pasang aplikasi chatting terbaru ini

Tapi saat membaca beberapa review Snapseed di PlayStore, ternyata masih ada pengguna yang kurang paham bagaimana menggunakan aplikasi pengolah foto ini. Hal ini sebenarnya bisa dimaklumi, untuk itu ada video tutorial yang bisa kamu gunakan untuk semakin menguasai berbagai fitur dan teknik editing foto yang ada.

Snapseed
Snapseed
Developer: Google LLC
Price: Free

Aplikasi Edit Foto VSCO

Entah bagaimana cara membaca nama aplikasi edit foto yang satu ini, tetapi fitur yang ada di dalamnya cukup keren. Selain memiliki aplikasi bawaan, VSCO juga mempunyai alat pengolah foto yang menarik dengan beragam koleksi filternya yang bejibun.

cara cepat mengedit foto di hp

Yang cukup menyita perhatian dari aplikasi editing foto ini adalah filternya didesain untuk membawa tema film analog, klasik dan modern ke foto yang kamu edit. Dan asyiknya, setiap filter dapat kamu sesuaikan dengan keinginan.

Tentu saja dengan konsep sedikit berbeda dengan aplikasi sejenis lainnya, hasil editing aplikasi ini akan terlihat berbeda dan keren. Hal ini akan membuatmu lebih pede untuk segera meng-upload ke jejaring media sosial.

VSCO
VSCO
Developer: VSCO
Price: Free+

Adobe Photoshop Express

Ingin punya foto keren dan tampak hidup tapi kamera hp kurang mumpuni?, ga usah resah dan galau. Cukup dengan mengeditnya menggunakan Adobe Photoshop Express, foto yang kamu punya pasti akan terlihat keren.

download adobe photoshop express

Aplikasi editing foto besutan Adobe ini sangat mudah digunakan, cukup dengan beberapa sentuhan pada user interface-nya, foto akan tampak lebih oke. Dan layaknya di versi aplikasi edit foto untuk PC, di versi mobile juga ada fitur blemish-removal yang akan membantumu membuang kotoran atau noda dari foto.

Photo Lab

Lagi pengen bikin foto mu layaknya bintang iklan?, gunakan aplikasi editing foto yang satu ini. Dinamakan Photo Lab, aplikasi ini membawa banyak fitur keren seperti bingkai, filter, efek, dan desain kolase yang beragam.

aplikasi edit foto kekinian 2019

UI dari aplikasi edit foto ini cukup sederhana dan langsung ke intinya tanpa melupakan user-friendly, sehingga kamu dapat mengolah foto lebih cepat, efisien dan praktis.

Adobe Lightroom CC

Adobe benar-benar memanjakan pengguna mobilenya, karena selain Adobe Photoshop Express, mereka juga merilis aplikasi edit foto yang lain dan dinamakan Adobe Lightroom CC. Kerennya lagi, aplikasi ini mirip dengan versi aplikasi pengolah foto untuk PC karena fitur dan tool yang ditawarkan hampir sama.

download aplikasi pengolah foto gratis

Aplikasi ini akan membantu kamu untuk mengubah dan memperbaiki gambar yang ada di foto, serta meningkatkan kualitasnya. Ditambah lagi, jika kamu ingin memanipulasi warna atau mengubah resolusi dan lainnya, bisa juga dilakukan menggunakan aplikasi ini.

Adobe Lightroom - Photo Editor
Adobe Lightroom - Photo Editor
Developer: Adobe
Price: Free+

Pixellab

Aplikasi edit foto terakhir dalam daftar ini adalah Pixellab. Aplikasi pengolah foto ini cocok bagi yang ingin mengedit foto sederhana tanpa dipusingkan dengan beragam fitur dan tool.

download aplikasi edit foto kekinian

Selain gratis untuk digunakan, aplikasi ini mempunyai fungsi utama hanya untuk mengedit dan menambahkan teks pada foto. Pilihan font-nya pun cukup banyak dan pasti ada yang sesuai dengan selera kamu.

PixelLab - Text on pictures
PixelLab - Text on pictures

Itulah kumpulan aplikasi edit foto terbaik untuk smartphone yang tim perintahdasar dapatkan sekarang ini. Semoga saja daftar aplikasi pengolah foto ini bisa menjadi rujukan bagi kamu yang bingung memutuskan untuk menggunakan aplikasi yang mana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *