Rekomendasi Aplikasi Fitness Terbaik di Smartphone

3 min read

Kesadaran masyarakat Indonesia terhadap menjaga kesehatan bisa dikatakan masih rendah. Hal ini bisa dilihat dari beberapa aspek, seperti kurangnya minat berolahraga, ditambah lagi dengan pola hidup yang kurang sehat.

Ada banyak penyakit yang akan menyerang kamu jika tidak menjaga kesehatan dari sekarang. Sebut saja penyakit kelebihan berat badan secara tidak wajar alias obesitas, bahkan terdapat  sebesar  21,8%  dari penduduk berusia 18 tahun ke atas mengalami obesitas di tahun 2018.

Jauh daripada itu yang lebih mengerikan adalah timbulnya penyakit lain yang bisa menjadi penyebab kematian. Indonesia sendiri kita tahu penyakit stroke adalah penyebab kematian paling utama, disusul oleh jantung dan diabetes.

Sumber: unsplash.com – @onurbinay

Beberapa alasan mungkin menjadi penghambat kamu dalam menjaga kesehatan, seperti tidak mempunyai waktu akibat bekerja hingga enggan mengunjungi pusat kebugaran. Akan tetapi, tahukah kamu bahwa paling tidak kita bisa berolahraga di mana saja dan kapan saja.

Terlebih lagi kamu bisa mengunduh aplikasi fitness yang digunakan pada smartphone kamu. Aplikasi ini menawarkan kamu pelatihan kebugaran hingga cara mengatur gaya hidup sehat. Hanya perlu sedikit waktu yang bisa kamu luangkan, berikut rekomendasi aplikasi fitness terbaik untuk berolahraga di rumah yang bisa dicoba.

Nike Training Club – Workouts & Fitness Guidance

Nike Training Club adalah aplikasi yang diciptakan untuk membantu penggunanya mencapai semua tujuan berolahraga. Dengan mengunduh aplikasi ini, kamu bisa latihan dengan berbagai gerakan tanpa harus pergi ke luar dari rumah.

Tersedia lebih dari 160 latihan gratis tanpa iklan dan kamu bisa memilih fokus yang sesuai dengan keinginan, seperti kekuatan, mobilitas, daya tahan, dan tiga tingkat kesulitan yang berbeda. Setelah memilih fokus, kamu juga harus menentukan tingkat pemula hingga lanjutan di mana materi latihan yang diberikan juga akan disesuaikan.

Selain variasi latihan yang bervariasi, aplikasi keluaran Nike ini juga dilengkapi dengan video petunjuk dan durasi setiap latihannya. Tentunya akan sangat membantu kamu dalam melakukan gerakan yang benar.

30 Day Fitness Challenge – Workout At Home

Kita bisa mengetahui tujuan dari aplikasi ini dari namanya saja, yaitu 30 Day Fitness Challenge yang berarti tantangan kebugaran selama 30 hari. Aplikasi ini juga dirancang untuk kamu yang ingin berolahraga dari rumah.

30 Day Fitness Challenge menyediakan banyak fitur di antaranya adalah progres latihan yang akan terekam secara otomatis, pengingat latihan setiap harinya, juga panduan gerakan yang lengkap. Selain itu, tingkatan latihan kamu juga akan dinaikkan secara bertahap selama 30 hari.

Uniknya lagi, aplikasi 30 Day Fitness Challenge ini mempunyai tombol share yang bisa digunakan untuk membagikan progres atau hasil dari latihan kamu ke media sosial. Aplikasi ini juga memberikan panduan dari segi asupan makanan kamu. Kamu bisa memindai barcode makanan yang bertujuan untuk menghitung berapa jumlah kalorinya.

Adidas Running App

Adidas Running App adalah aplikasi kebugaran yang lebih dikhususkan untuk kamu yang suka melakukan olahragajogingataupun lari. Aplikasi ini dapat melacak rute berjalan, berlari hingga bersepeda. Tidak hanya itu Adidas Running App juga bisa menampilkan informasi seputar tubuh kamu.

Timbul pertanyaan apakah aplikasi ini akan menghabiskan baterai ponsel dan pastinya kamu tidak ingin ribet untuk membawa banyak barang, apa lagi sebuah powerbank. Walaupun menggunakan fitur GPS untuk melacak lokasi, aplikasi ini tidak akan terlalu menguras baterai ponsel kamu.

Masih kurang bersemangat untuk olahraga? Tenang, kamu bisa menggunakan voice coaching dan cheering untuk menambah mood dan semangat lewat aplikasi ini. Sedikit berbeda, aplikasi ini gratis tetapi berisi iklan dan beberapa fitur berbayar di dalamnya.

Google Fit

Aplikasi fitness terbaik untuk olahraga kamu di rumah selanjutnya adalah Google Fit. Aplikasi yang dikembangkan oleh Google ini menyediakan pelacak latihan dan juga kebugaran penggunanya. Total terdapat 104 jenis aktivitas yang bisa dilacak seperti joging, sepakbola, yoga, dan banyak lagi.

Melalui sensor yang ada pada aplikasi ini, pengguna dapat merekam berbagai aspek seperti, kecepatan, ketinggian, rute, dan yang lainnya. Hasil yang ditunjukkan pun dapat dilihat dalam bentuk statistik dari waktu ke waktu.

Sebelum melakukan suatu olahraga, kamu akan diminta untuk mengisi dan memilih target langkah, jarak, waktu dan bahkan kalori yang akan dibakar. Jika kamu pengguna jam pintar, maka kamu bisa menyambungkan jam tersebut dengan aplikasi yang ada pada ponsel.

Agar tubuh kamu mempunyai kebugaran yang lebih maksimal, Google Fit juga bisa kamu gunakan saat tidur. Aplikasi ini dapat memantau jam tidur dengan mengatur jam berapa kamu tidur dan bangun, serta Google Fit akan memberikan saran bagaimana agar memiliki istirahat yang berkualitas.

Water Drink Reminder

Saat melakukan olahraga tentu kamu juga harus menyeimbangi dengan asupan yang akan masuk ke tubuhmu. Aplikasi Water Drink Reminder ini akan memberikan pengingat agar kamu tidak dehidrasi dengan cara menentukan berapa banyak air yang kita butuhkan dalam sehari.

Air merupakan elemen yang paling mendasar dalam tubuh manusia. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk meminum air dengan jumlah yang cukup setiap harinya. Selain itu, manfaat yang akan kamu dapat adalah kesehatan kulit dan menurunkan berat badan.

Home Workout – No Equipment

Home Workout merupakan aplikasi yang bisa membantu kamu untuk menjaga tubuh tetap bugar dan membangun otot-otot lainnya. Memiliki tujuan yang sama, aplikasi ini juga dirancang agar kamu bisa berolahraga hanya dari rumah.

Kamu bisa memanfaatkan lebih dari 100 video latihan yang dibuat oleh para ahli dengan fokus lebih kepada bagian dada, perut, dan kaki. Aplikasi ini juga menyediakan materi pemanasan dan peregangan serta laporan hasil kamu latihan. Fitur-fitur umum yang ada dapat diunduh secara gratis tetapi, juga terdapat beberapa fitur berbayar.

JEFIT Workout Tracker, Weight Lifting, Gym Log

Pada umumnya aplikasi kebugaran ini dapat kamu gunakan secara gratis, termasuk aplikasi bernama JEFIT. JEFIT memiliki keunggulan tersendiri yakni menyediakan program kebugaran biasa hingga angka beban.

Jumlah latihan kebugaran yang bisa kamu pilih juga sangat banyak, yaitu terdapat sekitar 1.300 latihan yang ditampilkan lebih rinci baik secara video maupun animasi. Jangan khawatir jika kamu mengalami gangguan internet karena aplikasi ini bisa menyambungkan data kamu dengan penyimpanan cloud.

BetterMe: Weight Loss Workouts

Rekomendasi aplikasi fitness terbaik terakhir adalah BetterMe. Aplikasi ini dikhususkan untuk para wanita karena ragam latihan yang ada pun disesuaikan dengan kebutuhan untuk mengecilkan ukuran bagian tubuh tertentu.

Selain bisa menjaga kebugaran tubuh, aplikasi ini juga menawarkan latihan wajah agar kulit wajah kamu terlihat awet muda. Biasanya sebagian wanita juga sangat concern terhadap berat badannya, dengan aplikasi ini kamu bisa mengikuti panduan diet yang sehat dan benar.

Bagaimana? Sudah mulai tertarik untuk melakukan olahraga dari rumah? Mulailah melakukan aktivitas fisik dari sekarang secara bertahap agar tubuh kamu lebih terjaga kini dan nanti. Jadi jangan lupa untuk tetap menjaga pola hidup yang sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *