Aplikasi Perpustakaan

5 min read

software aplikasi perpustakaan gratis

Aplikasi perpustakaan berfungsi untuk mengatur segala kegiatan yang berkaitan dengan proses peminjaman dan pengembalian buku. Sepertinya terdengar sederhana, tapi sebenarnya cukup kompleks karena melibatkan sumber daya yang tidak sedikit.

Proses peminjaman dan pengembalian buku adalah kegiatan inti dari aplikasi ini. Kegiatan ini mencakup inventory buku, lokasi peletakan buku, pelaporan kondisi buku, jumlah buku untuk satu judul atau jumlah buku secara keseluruhan akan diketahui dengan baik jika aplikasi perpustakaan bekerja dengan baik.

Tentu saja, bagi anggota perpustakaan akan terbantu jika buku yang mereka inginkan jelas statusnya tanpa perlu menanyakan melalui telpon ke layanan operator perpustakaan atau datang langsung ke lokasi gedung perpustakaan berada.

Ternyata jika dirunut dengan hati-hati, akan terlihat jelas bagaimana fungsi aplikasi perpustakaan sangat dibutuhkan untuk memastikan manajemen perpustakaan berjalan dengan baik. Untuk itu kru Masivo mencoba merekomendasikan beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk memudahkan proses peminjaman dan pengembalian buku.

Book Tracker Collector’s Edition

Jika Anda mempunyai koleksi buku yang lumayan banyak dan ingin menertibkannya dengan aplikasi perpustakaan, maka software yang satu ini patut dicoba. Aplikasi dengan desain yang simple ini dapat digunakan untuk mengelola perpustakaan pribadi. Kerennya lagi software ini gratis.

download software perpustakaan pribadi

Informasi buku seperti kategori, judul, penulis, lokasi, resensi dan jumlah halaman bisa dimasukkan ke aplikasi. Selain itu Anda juga bisa menambahkan informasi ISBN, tanggal cetak, tanggal terbit, edisi, kondisi, dan penerbit. Anda juga bisa menambahkan informasi di luar yang telah ditentukan oleh aplikasi sebagai penanda khusus terhadap suatu buku.

Jika ada teman atau saudara meminjam buku, Anda bisa menambahkan informasi tanggal peminjaman sehngga status buku akan terekam dimana dan oleh siapa dipinjam. Demikian juga saat dikembalikan, Anda bisa menambahkan informasi pengembalian buku.

Data aplikasi perpustakaan bisa kamu edit atau backup karena aplikasi ini memberikan dukungan export data ke file CSV.

Jika Anda tertarik untuk mencobanya, silakan langsung saja merujuk link download di bawah.

Download Aplikasi Perpustakaan Pribadi

School Library System

Bagi sekolah yang sedang mulai membangun perpustakaan di lingkungannya, aplikasi perpustakaan yang satu ini sangat kami rekomendasikan. Fitur aplikasi ini cukup lengkap dengan adanya informasi seperti nama buku, penulis, penerbit, Nomor ID,  subjek, dan harga.

BACA JUGA:   Cara Mengembalikan Data yang Hilang pada Hard disk Eksternal
download aplikasi perpustakaan sekolah full

Untuk anggota perpustakaan, Anda bisa memasukkan informasi nama, kelas, usia, alamat, dan nomor anggota. Dengan informasi lengkap seperti ini, dengan sekali klik akan terlihat suatu buku dipinjam oleh siapa dan sudah berapa lama dipinjam. Treking terhadap suatu buku dengan mudah dilakukan tanpa perlu lagi direpotkan dengan kegiatan tulis menulis yang menyita waktu.

Pelaporan rutin pun bisa dilakukan dengan mudah karena data buku sudah terekam dengan baik dengan aplikasi. Di laporan aplikasi perpustakaan, Anda akan mendapatkan jumlah buku, buku yang dipinjam, buku yang sudah dikembalikan, jumlah anggota perpustakaan dan lain-lain disesuaikan dengan kebutuhan.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini setelah diinstall, Anda harus memasukkan user dan password. Silakan gunakan user dan password default (administrator/admin) lalu ganti dengan yang baru sebagai tindakan untuk memastikan keamanan data buku di dalamnya.

Download Aplikasi Perpustakaan Sekolah Full dan Gratis

Biblio

Aplikasi perpustakaan yang satu ini kaya akan fitur, desainnya sederhana, dan gratis. Ketiga kombinasi tersebut membuat aplikasi Biblio menjadi pilihan banyak orang. Apalagi Anda akan dibebaskan untuk menambahkan item baru dengan informasi lebih detil suatu buku.

contoh perpustakaan digital

Nomor katalog, nomor indeks, judul, subjek, bahasa, penulis penerbit, tahun terbit, ISBN, dan lain-lain bisa Anda tambahkan begitu saja untuk menambah kekayaan informasi suatu buku. Kerennya lagi, aplikasi ini memperbolehkan item selain buku seperti keping DVD, CD, kaset, dan video serta majalah sebagai item yang berbeda dalam database perpustakaan.

Saat ada anggota akan meminjam buku atau item koleksi lain dari perpustakaan, Anda bisa mengidentifikasinya sebagai bukti kunjungan. Saat akan meminjam buku, Anda hanya perlu memasukkan nomor indeks, nomor katalog atau entri lainnya seperti judul buku.

 Lalu status buku bisa diatur hanya dibaca di dalam perpustakaan, sedang dipinjam, atau daftar tunggu. Cukup lengkap bukan keterangan status untuk suatu buku?, dari situ Anda nanti bisa tahu bagaimana perkembangan kemajuan perpustakaan.

Anggota perpustakaan mempunyai nomor anggota yang unik dengan berbagai informasi di dalamnya. Data dapat dibackup dalam bentuk file kompresi RAR atau diunggah ke server.

Bentuk laporan dari aplikasi Biblio cukup lengkap seperti jumlah anggota, jumlah inventori buku atau item yang lain, anggota yang dalam kondisi meminjam, histori peminjaman, dan lainnya.

BACA JUGA:   Cara Memindahkan Lagu dari PC ke iPhone

Kerennya lagi dari aplikasi perpustakaan gratis ini adalah Anda dapat memanfaatkan webcam untuk melakukan pencarian buku menggunakan deteksi nomor ISBN yang berbentuk barcode.

Download Software Perpustakaan Biblio

Software Perpustakaan PS02

Jika Anda mencari software untuk mengelola perpustakaan yang mudah dioperasikan, jawabannya adalah PS02. Software ini mengedepankan pengalaman user-friendly dibandingkan seabrek fitur untuk menarik pengguna agar mencoba aplikasi ini.

download software perpustakaan sekolah ps02

Aplikasi PS02 mempunyai fitur yang sangat berguna guna memudahkan kerja pustakawan menghandle organisasi perpustakaan, seperti mampu untuk mencetak label barcode, cetak kartu anggota, cetak katalog judul, bisa mengatur durasi peminjaman, mendata koleksi buku perpustakaan, mendata anggota, dan masih banyak fitur lainnya.

Aplikasi ini mempunyai dua versi, trial dan full version. Untuk versi trial adalah versi gratis yang terbatas fiturnya, hal ini dimaksudkan agar Anda mencoba dulu aplikasi tersebut dan jika dirasa cocok dengan kebutuhan, maka opsi upgrade dengan membeli lisensinya menjadi hal yang harus dilakukan.

Tentu saja, jika versi full yang dipakai, maka layanan dukungan akan diberikan jika Anda membutuhkan solusi atas error atau permasalahan yang timbul saat aplikasi perpustakaan digunakan.

Download Software Perpustakaan PS02

Library Management System

Aplikasi perpustakaan yang cukup lengkap dan bisa digunakan untuk skala besar seperti di kampus dan sekolah adalah LMS. Uniknya aplikasi ini tidak mendukung untuk perpustakaan umum atau perpustakaan untuk bisnis.

software manajemen perpustakaan

Aplikasi ini bertugas untuk memonitor dan mengontrol segala trasaksi di perpustakaan secara otomatis. Aplikasi mencoba untuk mengurangi keterlibatan manusia dalam operasional perpustakaan, jadi tidak heran untuk bisa menggunakan aplikasi ini harus mempunyai server Microsoft SQL 2008 untuk versi minimumnya.

Sistem Manajemen Perpustakaan mempunyai berbagai fitur seperti registrasi untuk koleksi buku, item digital, pendftaran anggota meliputi siswa, guru, kelompok diskusi, dan donator.

LMS juga bisa membantu Anda untuk melihat atau memantau entri dari suatu buku yang sedang dipinjam seperti adanya keterlambatan dalam pengembalian buku. Selain itu juga aplikasi ini dapat membantu Anda mengetahui tanggal peminjaman buku yang seharusnya sudah dikembalikan. Dengan aplikasi ini Anda dapat mencegah potensi adanya kejadian yang tidak diinginkan dari buku yang sedang dipinjam.

Dalam pelaporan kondisi perpustakaan, LMS akan membuat Anda merasa dimudahkan karena adanya laporan daftar buku yang sedang dipinjam, buku yang sudah dikembalikan, histori peminjaman, dan opsi pelaporan lainnya yang bisa diatur disesuaikan dengan kebutuhan.

Download Library Management System

Aplikasi Perpustakaan BiblioteQ

Aplikasi manajemen perpustakaan dengan desain sederhana dan mudah digunakan menjadi pilihan banyak pengguna. Hal ini juga lah yang dilakukan oleh developer di belakang aplikasi BiblioteQ yang memudahkan Anda mengelola koleksi buku, jurnal, keeping CD/DVD, foto, dan majalah.

aplikasi manajemen perpustakaan

Asyiknya lagi, Anda diberikan kebebasan untuk menambahkan, menduplikasi, memodifikasi, dan menhgapus item-item yang tidak dibutuhkan pada dashboard menu.

BACA JUGA:   Cara Memperbaiki Kartu Memori MicroSD

Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membantu Anda membuat jurnal dengan hanya mengetikkan nomor ISBN, ISSN, nomor terbit, judul, volume, dan informasi lainnya, maka aplikasi akan membuat daftar buku atau makalah mana saja yang sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan.

Jika anda hanya mengetahui nomor ISBN atau ISSN, aplikasi akan mengunduhnya otomatis dari repository global di website City University of New York Union Catalog.

Pencarian menggunakan kata kunci bisa menggunakan beberapa kombinasi seperti ID, kategori, judul baik itu huruf kecil semua atau kombinasi huruf besar dan kecil.

Download Aplikasi Perpustakaan BiblioteQ

Calibre eBook Management

Untuk aplikasi perpustakaan yang satu ini cenderung digunakan untuk koleksi buku pribadi dalam bentuk digital. Format ebook yang didukung oleh aplikasi ini cukup banyak seperti PDF, EPUB, LIT, HTML, TOPAZ, MOBI, SNB, TEXT, Comics, dan file Word. Untuk memudahkan dalam penyortiran, Anda dapat mengedit metadata setiap ebook dan mengkategorikannya sesuai kebutuhan.

download aplikasi perpustakaan pribadi

Selain fitur mendaftarkan koleksi buku, aplikasi manajemen perpustakaan ini juga bisa digunakan untuk mencari buku berdasarkan kata kunci seperti penulis dan judul. Kerennya lagi, jika di koleksi Anda tidak ada, aplikasi akan menyarankannya dari berbagai toko buku online dan mendownloadnya langsung untuk Anda.

Download Calibre eBook Management

Aplikasi Perpustakaan Gratis SLIMS

Aplikasi SLIMS merupakan software manajemen perpustakaan berbasis web yang mempunyai banyak fitur seperti pembuatan label buku, katalog, dan kartu anggota setelah semua data dimasukkan. Tampilannya sederhana dan cukup bagus, cocok untuk digunakan di perpustakaan sekolah.

download aplikasi perpustakaan digital berbasis web

Saat ini software perpustakaan SLIMS sudah berevolusi ke versi 8 yang bisa diintegrasikan ke sistem SMS gateway, sehingga setiap anggota perpustakaan akan menerima notifikasi otomatis sebagai pengingat kapan buku harus dikembalikan.

Dengan berbasis web dan berlisensi open source, aplikasi perpustakaan ini bisa dikembangkan lebih jauh untuk memenuhi kebutuhan yang belum ada di fitur standarnya. Tetapi sepertinya hal ini belum diperlukan, karena fitur bawaan aplikasi ini sudah sangat mencukup untuk digunakan dalam operasional perpustakaan.

Download Senayan Library Management System (SLiMS)

Aplikasi Perpustakaan InlisLite

Software manajemen perpustakaan yang satu ini dikembangkan oleh Perpustakaan Nasional RI sejak tahun 2011 dan kini sudah memasuki versi ketiganya.

download aplikasi perpustakaan berbasis web

Aplikasi perpustakaan buatan Perpusnas ini akan membantu Anda menerapkan kebijakan satu pintu dalam mengelola operasional perpustakaan yang menerapkan sistem otomasi dan mengembangkan perpustakaan menjadi lebih digital-friendly.

Aplikasi tersedia secara gratis karena berlisensi open source dan tersedia dalam versi Windows dan Linux.

Download Integrated Library System Lite 3.0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *