5 Aplikasi Belajar Bahasa Korea di Smartphone Android

2 min read

cara belajar bahasa korea hangul

Belajar bahasa Korea kini menduduki ranking nomor 2 setelah bahasa Inggris. Hal ini dipengaruhi dengan adanya efek K-Pop yang semakin merasuk ke kalangan muda bangsa ini.

Keinginan belajar bahasa yang satu ini patut diapresiasi sebagai bagian untuk mempelajari lebih baik kebudayaan Korea. Lembaga kursus untuk mempelajari bahasa korea mulai banyak berdiri apalagi sudah sejak lama negara Indonesia mengirim tenaga kerja ke Korea.

Baca juga: Yuk Belajar Bahasa Inggris dengan mudah dan cepat menggunakan aplikasi di smartphone

Namun untuk mempelajari bahasa Korea di lembaga kursus membutuhkan biaya yang tidak sedikit, apalagi bahasa Korea yang disebut Hanguego juga tidak mudah untuk dipelajari untuk lidah kita. Karena saking sulitnya, banyak yang berhenti belajar di tengah jalan.

Akhirnya penguasaan Hanguego hanya berkisar pada bahasa casual dan ditambahkan dengan kosakata dari film K-Drama yang banyak tersedia di channel-channel TV dan Internet.

Tapi tidak usah berputus asa, agar kamu bisa mempercepat penguasaan bahasa korea, sekarang bisa kamu lakukan dengan bantuan aplikasi di smartphone. Aplikasi belajar bahasa Korea sudah cukup banyak dan siap membantu dengan beragam kosakata, tata bahasa, pengucapan, contoh penulisan, dan semuanya menggunakan audio yang akan membuat kamu semangat untuk belajar.

Write It! Korean

Aplikasi ini akan membantu kamu belajar menulis bahasa Korea. Konsep penulisannya akan membuat kamu mudah hapal, sehingga dalam waktu 1 jam sudah hafal Hangul. Setelah itu, kamu juga bisa membaca tulisan Korea walaupun masih membutuhkan waktu untuk bisa mengeja.

cara cepat belajar bahasa korea hangul

Setidaknya dengan menggunakan aplikasi ini, kamu tidak repot lagi untuk mengerti subtitle atau tulisan Korea yang kamu jumpai di buku, film, dan lain-lain.

Write It! Korean
Write It! Korean
Developer: Jernung
Price: Free+

Duolingo

Duolingo merupakan aplikasi belajar bahasa asing yang cukup lengkap dengan lebih dari 20 bahasa, bahasa Korea merupakan salah satu bahasa yang didukungnya.

panduan lengkap belajar bahasa korea

Duolingo mengajak kamu belajar bahasa dengan konsep sebuah game atau permainan yang dimulai dari dasar hingga berlanjut ke level di atasnya seperti kemampuan membaca, menulis speaking dan listening atau mendengarkan kata.

Sehingga tidak heran, belajar bahasa asing menggunakan Duolingo cukup menyenangkan karena adanya suara yang bisa menjadi panduan bagaimana mengucapkan dan semakin akrab dengan kosakata bahasa yang dipelajari.

Layaknya sebuah game, aplikasi ini akan menaikkan kamu ke level yang lebih tinggi setelah mencapai target yang ditentukan seperti mempelajari kata kerja, kosa kata, kalimat dasar, kalimat sederhana, dan lain-lain. Tentu saja, semakin tinggi level, semakin sulit pula untuk mencapai target yang ditentukan.

Duolingo: Learn Languages Free
Duolingo: Learn Languages Free
Developer: Duolingo
Price: Free+

Drops: Belajar bahasa Korea

Aplikasi Drops mendukung lebih dari 30 bahasa di dunia dan salah satunya adalah bahasa Korea. Di aplikasi ini kamu hanya belajar selama 5 menit untuk fokus dan menambah pengetahuan tentang bahasa yang baru dipelajari.

bahasa korea aku cinta kamu

Cara menggunakannya cukup mudah karena desain user interfacenya memang dibuat user-friendly. Kamu akan diajak untuk fokus selama 5 menit guna mengingat kosakata yang muncul yang harus dihafalkan. Jadi di aplikasi ini kamu dipaksa untuk benar-benar belajar bagaimana menguasai bahasa asing.

Belajar Korea Gratis

Aplikasi belajar bahasa Korea yang menggunakan nama pembimbing bernama Mondly ini cukup efektif mengajak kamu untuk cepat menguasai bahasa Korea.

aplikasi belajar bahasa korea

Dengan materi gratis yang bisa kamu akses setiap hari, Mondly akan membimbing kamu menghafal kosa kata utama bahasa Korea, kemudian membentuk kalimat dengan frase-frase yang jamak digunakan. Selain itu kamu juga akan diajak untuk terlibat aktif dalam percakapan agar semakin menguasai bahasa ini dalam kehidupan sehari-hari.

Teknik belajar bahasa Korea yang diterapkan di aplikasi ini dipercaya bisa mempercepat penguasaan bahasa dibandingkan dengan metode belajar bahasa sejenis. Asyiknya lagi, karena belajarnya menggunakan aplikasi di smartphone, kamu bisa belajar dimanapun dan kapanpun.

Belajar Bahasa Korea

Mempelajari bahasa Korea bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya menggunakan aplikasi besutan dari Edu Master Pro. Di aplikasi ini kamu akan dibantu untuk mengatasi hambatan berbahasa Korea, juga menjadi lebih percaya diri saat berkomunikasi dengan pemilik bahasa dan kamu akan lebih nyaman saat jalan-jalan ke Korea.

belajar bahasa korea audio

Kerennya lagi, aplikasi yang menggunakan audio sebagai sarana belajar mampu untuk merekam dan mendengarkan suara apakah sudah sesuai dengan bahasa Korea atau belum, adanya contoh pengucapan kata dan kalimat dari orang Korea, dan aplikasi ini mudah digunakan.

Learn Korean
Learn Korean
Developer: Edu Master Pro
Price: Free

Itulah kumpulan rekomendasi aplikasi belajar bahasa Korea yang bisa kamu gunakan untuk menguasai bahasa ini. Jangan lupa untuk selalu berlatih agar kamu lebih cepat dan mahir menggunakan bahasa Hangul ini dan sebisa mungkin lakukan percakapan dengan penutur aslinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *