Belajar Mengaji Menggunakan 7 Aplikasi Terbaik di Android

2 min read

belajar mengaji alquran cepat online

Belajar mengaji sudah harus dilakukan sejak dini karena merupakan salah satu ibadah wajib yang dapat memberikan ketenangan di dunia dan membantu di masa-2 berakhirnya kehidupan. Namun perkembangan jaman telah merubah banyak kebiasaan yang baik ini, dimana kesibukan dengan gadget yang ada.

Kondisi ini memang sangat memperihatinkan karena akan menjauhkan anak-anak dan orang dewasa dari agama, dan akhirnya akan tercipta generasi yang kosong akan agamanya.

Perkembangan teknologi smartphone yang begitu pesat harus kita manfaatkan sebaik mungkin, caranya adalah dengan menggunakannya sebagai sarana untuk belajar mengaji.

Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi belajar alquran dari tingkat dasar hingga bisa membaca alquran. Tentu saja tetap diimbangi dengan belajar langsung ke guru mengaji yang sudah terbukti keilmuannya.

Untuk itu tim Masivo mencoba merekomendasikan kumpulan aplikasi belajar mengaji yang bisa kamu gunakan untuk semakin memperdalam ilmu agama dan mengajari anak-anak di rumah atau diperjalanan.

Buku Iqro 1 2 3 4 5 6 Lengkap

Sering dengar buku Iqra bukan?, ada 6 buku Iqra yang harus ditamatkan sebelum masuk ke belajar mengaji dengan Al-Quran. Aplikasi ini adalah versi digitalnya karena memuat konten yang sama dengan versi buku.

cara belajar mengaji iqro

Dengan aplikasi Iqra, kamu bisa mengajarkan mengaji huruf-huruf hijaiyah dan kombinasinya ke anak-anak. Dan meminta mereka mengulang apa yang dipelajari di aplikasi yang sama di perangkat smartphone yang mereka gunakan.

Baca juga: Temukan tips mudah cara mempercepat hp Android yang lemot

Aplikasi ini memiliki 6 jilid lengkap, desainnya cukup menarik dan mudah digunakan serta tampilan huruf-hurufnya sangat jelas sehingga memudahkan anak-anak untuk belajar.

Buku IQRA' 1 2 3 4 5 6 Lengkap
Buku IQRA' 1 2 3 4 5 6 Lengkap

Belajar Mengaji Iqra

Aplikasi yang satu ini memiliki tampilan yang pasti disukai anak-anak karena memadukan konsep kartun dan bermain.

belajar mengaji huruf hijaiyah secara cepat

Para orang tua dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengajak anak-anak belajar Al-Quran sejak dini dengan mengenalkan pelafalan tiap huruf hijaiyah, bagaimana mengucapkan tiap huruf beserta harokatnya, bisa mengenalkan harokat dan tanwin, dan adanya kuis untuk mengetes sejauh mana anak menguasai apa yang sudah diajarkan.

Bagi orang tua yang menyediakan tablet android atau smartphone untuk anak-anaknya, coba pasang aplikasi yang satu ini untuk menggantikan aplikasi game yang biasanya banyak menghiasi layar perangkat mobile anak-anak.

Belajar Mengaji Iqra
Belajar Mengaji Iqra
Developer: Nayaka Studio
Price: Free

Belajar Membaca Al-Qur’an

Aplikasi yang satu ini mengajarkan cara membaca Al-Quran yang disertai dengan cara pengucapannya melalui audio dan dilengkapi dengan dasar belajar tajwid.

cara belajar mengaji sendiri melalui online

Meskipun aplikasi ini cukup sederhana tetapi fiturnya lumayan lengkap bagi kamu yang ingin memulai belajar Alquran disela-sela kesibukan atau mengajarkannya pada anak-anak.

Hal ini bisa dilakukan karena ada berbagai pelajaran seperti cara mempelajari huruf hijaiyah, cara mengucapkannya, belajar harokat, dan cara menyambungkan atau merangkai huruf-huruf hijaiyah tersebut. Ibaratnya, aplikasi ini mengajarkan untuk belajar Iqro.

Asyiknya lagi, ada fitur penilaian yang bisa kamu gunakan untuk mengevaluasi apakah bacaan sudah benar atau belum.

Belajar Membaca Al-Qur'an
Belajar Membaca Al-Qur'an

Belajar Mengaji 1 + Suara

Belajar mengaji sejak dini sudah harus ditanamkan dengan mengenalkan anak-anak dengan huruf-huruf hijaiyah yang sering disebut dengan mengaji Iqro. Aplikasi ini menawarkan belajar mengaji dengan cepat menggunakan metode Iqro dengan cara yang menyenangkan.

Metode iqro sendiri sudah menjadi standar baku untuk belajar mengaji Al-Qur’an karena terbukti efektif membantu anak-anak agar bisa mengaji dengan cepat dan sesuai dengan kaidah keislaman.

Yuk simak: Ini cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat kuota data internet di hp Android

Aplikasi ini menghadirkan konsep belajar yang dirancang interaktif karena menggunakan permainan dan suara yang menarik, sehingga anak-anak akanmerasa aplikasi ini mirip dengan aplikasi game yang biasa dimainkannya.

Belajar Mengaji 1 + Suara
Belajar Mengaji 1 + Suara
Developer: Solite Kids
Price: Free

Al Quran Anak

Untuk anak-anak yang sudah mahir belajar Iqro dan meningkat ke level mengaji Al-Quran, maka aplikasi yang satu ini akan cocok dipasang di smartphone mereka.

belajar mengaji alquran untuk anak

Aplikasi Al-Quran Anak merupakan aplikasi membaca Al-Quran yang didesain dengan gaya anak-anak yang ceria karena ada tampilan yang lucu dan menarik.

Fitur-fiturnya juga lumayan lengkap karena ada bacaan doa, jadwal sholat, hafalan, asmaul husna, dan lain-lain.

Quran for Kids
Quran for Kids
Developer: the WALi studio
Price: Free+

Juz Amma Lengkap

Belajar mengaji yang menyenangkan bagi anak-anak bisa dilakukan menggunakan aplikasi Juz Amma. Aplikasi ini mengajak kamu menghafal juz amma hingga surat-surat pendek

belajar mengaji juz amma

Desainnya sangat menarik karena ada ilustrasi kartun menarik, ayat, dan ada terjemahan bahasa Indonesia, serta bahasa latin.

Dengan aplikasi ini diharapkan anak-anak menjadi tertarik untuk mendalami hafalan surat-surat yang ada di juz ke-30 Al-Quran tersebut.

Juz Amma
Juz Amma
Price: Free

Salaam

Belajar mengaji Al-Quran untuk orang dewasa bisa menggunakan Salaam. Aplikasi besutan Samsung ini merupakan aplikasi Al-Quran pertama yang mendapat sertifikat resmi dari Kementerian Agama Republik Indonesia.

belajar mengaji dewasa

Fiturnya cukup lengkap seperti ada terjemahan, text arab, transliterasi, pedoman warna tajwid, dan arah kiblat. Desainnya sederhana dan tidak ada iklan, serta gratis.

Salaam
Salaam
Price: Free

Itulah kumpulan aplikasi belajar mengaji yang direkomendasikan oleh tim Masivo. Kami mohon maaf jika daftar aplikasi untuk mempelajari Al-Quran di atas masih jauh dari kata sempurna. Untuk itu jika ada saran dan kritik, silakan gunakan line kontak kami, kami akan berusaha untuk selalu memperbaikinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *