3 Cara Cek Nomor XL Axiata yang Cepat dan Praktis

3 min read

Cara Cepat Cek Nomor XL Axiata

Cara cek nomor XL Axiata bisa dilakukan dengan beberapa metode seperti menggunakan aplikasi smartphone, menu dial, dan bantuan operator. Kesemua metode itu memiliki kelebihan dan kelemahannya sendiri-sendiri yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu.

XL merupakan salah satu operator yang memiliki jaringan luas dan jutaan pengguna. Pilihan berbagai paket layanan dengan tarif murah dibarengi dengan kuatnya sinyal menjadi daya tarik untuk menikmati layanan XL Axiata. Tak heran banyak pengguna ponsel memilki lebih dari satu nomer untuk membedakan tiap layanannya.

Praktek seperti ini merupakan imbas dari gaya hidup moden yang semakin bergantung pada smartphone. Manusia modern akan galau jika ponselnya tertinggal, dibandingkan dengan ketinggalan dompet. Karena di smartphone lah semua informasi tentang pekerjaan, keuangan, dokumen penting, nomer rekening bank, tagihan listrik, tagihan internet, tagihan air, paket data untuk kepentingan kerja, dan sebagainya telah menjadi satu.

Untuk menjaga informasi tersebut selalu tersimpan dengan rapi dan aman, serta bisa diakses kapan saja memerlukan informasi nomer kartu seluler. Lihat saja bagaimana layanan gmail menautkan nomer hp sebagai pelindung akun, rekening bank online juga menggunakan nomer ponsel untuk verifikasi selain user dan password, dan kebanyakan layanan online sudah mengharuskan menyertakan nomer seluler sebagai bagian tidak terpisahkan selain sistem keamanan standar.

Baca juga: Begini cara mudah transfer pulsa Indosat, IM3 dan Mentari

Dengan semakin kompleksnya fungsi nomer seluler, pernah tidak kamu terkadang lupa dengan nomer asli selulermu?, Hal itu bisa dimaklumi karena semua sekarang sudah ditautkan secara otomatis ke layanan tertentu seperti WhatsApp, Messenger, Telegram dan lain-lain. Dimana kamu tidak perlu mengingat deretan angka tersebut.

Tapi tidak usah khawatir, kamu bisa mengecek nomor XL sendiri dengan beberapa metode pengecekan. Dulu awal-awal maraknya pengunaan layanan seluler, pengecekan nomor XL dilakukan melalui SMS. Layanan ini walaupun sederhana tapi mampu untuk melakukan pengecekan nomer, informasi masa aktif nomor atau kartu, sisa pulsa, dan bonus umum seperti SMS, telepon, hingga kuota data internet.

Tetapi sekarang layanan SMS sudah tidak bisa lagi digunakan untuk mengecek nomer sendiri. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan metode pengecekan sebagai berikut.

Cek Nomor XL melalui Aplikasi myXL

Cara pertama yang paling cepat dan cocok untuk para pengguna smartphone adalah menggunakan aplikasi myXL. Layanan aplikasi ini sangat lengkap informasinya, nomor XL kamu pun akan tertera bersama info PUK dan lainnya termasuk info paket internet, top-up pulsa dan kuota data, serta promo terkini.

cara mengecek kuota xl internet

Namun aplikasi ini berlaku bagi yang sudah melakukan registrasi nomor XL. Jika belum, maka kamu perlu untuk mendaftarkan nomormu dengan mengikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi myXL. Langkahnya cukup mudah kok, hanya 4 langkah saja

  • Download aplikasi myXL di Play Store atau App Store. Silakan cek kotak aplikasi untuk download.

Download myXL dari Playstore

Download myXL untuk Android

Download myXL dari Apple Store

Download aplikasi myXL untuk iPhone

  • Setelah proses download selesai, tap ikon myXL untuk membuka aplikasi.
  • Kini kamu harus memilih opsi “Masuk dengan Nomor XL” atau “Masuk dengan Facebook” untuk login ke aplikasi.
  • Setelah login sukses, kini kamu bisa melanjutkan dengan memilih menu yang tersedia pada aplikasi myXL.

Cek Nomor XL melalui Menu Dial

cara cek nomor xl axiata

Cara cek nomor xl Axiata yang cepat dan mudah digunakan, bahkan bisa dilakukan di ponsel fitur, dengan menggunakan menu Dial. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Masuk ke menu panggilan, lalu tekan *123#, kemudian tap OK/YES/CALL.
  2. Kemudian saat muncul pop-up di layar, tekan opsi nomor 7. INFO.
  3. Kini lanjutkan dengan memilih opsi nomor 1. Info Kartu XL-ku.
  4. Tekan 2 untuk opsi Detail Nomor XL Anda, lalu lanjutkan pilih opsi nomor 1 untuk Info Nomor.
  5. Kini silakan tunggu beberapa detik, informasi nomor XL yang kamu gunakan akan muncul di layar. Silakan untuk menulis nomor XL tersebut dan sebisa mungkin dihapalkan di luar kepala.

Oh ya, menu dial ini terkadang berbeda urutannya karena ada penambahan informasi, promo atau info lain. Perbedaan menu ini biasanya ada di langkah 2 setelah dial *123#.

Selain informasi nomor XL sendiri, akses dial *123# juga bisa digunakan untuk mendapatkan informasi sisa pulsa, masa aktif, paket internet, beli kuota, dan lain-lain.

cek nomor xl axiata

Cek Nomor XL Melalui Operator

Cara terakhir yang bisa kamu coba untuk mengetahui nomor XL sendiri adalah dengan menghubungi layanan bantuan operator XL yang tersedia selama 1×24 jam. Silakan hubungi nomor operator XL di bawah ini:

Call Center XL Axiata

Terdapat dua nomor operator XL yang bisa dihubungi langsung dari hp. Dua nomer adalah 817 dan 818. Jika kamu menghubungi nomor 817, maka kamu akan terhubung dengan petugas operator atau customer service representative XL Axiata. Untuk panggilan ke nomor ini kamu akan terkena biaya Rp 350 per panggilan.

Sedangkan untuk nomor operator 818, layanan ini gratis alias bebas biaya. Hanya saja yang menjawab panggilanmu adalah mesin penjawab otomatis atau disebut dengan IVR (Interactive Voice Response). Yang perlu kamu lakukan adalah mengikuti instruksi yang diberikan oleh mesin otomatis tersebut. Tentu saja, untuk panggilan yang satu ini membosankan karena tidak ada sentuhan manusianya sama sekali.

Nomor PSTN dan Faximile XL Axiata

Bagaimana jika kamu sedang tidak menggunakan hp dengan nomor XL didalamnya. Untuk yang satu ini, perusahaan XL sudah menyediakan nomor PSTN dan Faksimili. Untuk nomor PSTN, kamu akan terhubung ke layanan bantuan operator setelah tersambung di nomor +62-21-579-59817. Untuk tarif panggilan ini disesuaikan dengan tarif operator telco yang digunakan.

Jika melalui telepon masih kurang bukti pendukung, maka kamu bisa mengirimkan lampiran dokumen yang dibutuhkan sebagai laporan ke nomor faksimili di +62-21-579-59808. Biasanya layanan ini menjadi saluran terakhir jika gerai XL di kotamu tidak ada.

Melalui e-mail dan media sosial

Jika kamu memiliki kendala mengakses semua jalur bantuan yang ada. Kamu bisa mengirim email ke [email protected] atau kamu bisa juga mengirim DM ke twitter XL di @myxlcare atau inbox ke Facebook XL di https://www.facebook.com/myXL/

Demikian informasi cara mengecek nomor XL secara cepat yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui nomor XL sendiri. Semoga berguna dan bermanfaat, jangan lupa untuk membagikannya ke teman-temanmu agar mereka juga tahu informasi ini saat dibutuhkan.

Cara Transfer Pulsa Indosat

Mas Ivo
1 min read

2 Replies to “3 Cara Cek Nomor XL Axiata yang Cepat dan…”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *