5 Custom ROM Terbaik untuk Smartphone OnePlus 7 Pro

3 min read

Download custom rom untuk semua android

Custom ROM untuk hp OnePlus 7 Pro sudah banyak tersedia di Internet meskipun kita tahu perangkat smartphone andalan dari pabrikan ponsel China ini baru saja dirilis beberapa bulan yang lalu. Tentu saja hal ini tidak mengejutkan karena kepopuleran ponsel cerdas yang satu ini dipengaruhi oleh banyak faktor.

Bagi para pengguna fanatik android, kemudahan dalam melakukan unlock bootloader dan root menjadi hal yang sangat dipertimbangkan saat membeli sebuah ponsel -tentu saja selain harga dan spesifikasi hardware- dan faktor ini ada di OnePlus 7 Pro.

Selain itu, kamu juga akan menemukan kemudahan cara pasang gcam tanpa root di hp ini. Beberapa faktor itulah yang akhirnya mencuatkan nama OnePlus 7 Pro menjadi salah satu perangkat android terpopuler di dunia.

Download custom rom untuk semua android

Custom ROM adalah ROM yang telah diedit, dikemas atau recompile ulang, kemudian dirilis kembali oleh seorang developer atau tim developer android independen guna mendukung lebih banyak merk dan model perangkat android.

Pilihan Editor: Kelebihan dan Kekurangan Stock ROM Android

Pengguna menginstal custom ROM biasanya untuk mengganti tampilan dan cara pemakaian dari suatu perangkat. Salah satu tujuan dari ROM bikinan developer independen android adalah dengan membuat suatu custom rom gaming yang mana bertujuan memaksimalkan suatu hardware perangkat android untuk bisa digunakan bermain game berat walaupun tentu saja ada risiko yang bisa muncul terhadap perangkat android tersebut.

Untuk download custom ROM android tidak dibebani biaya apapun alias gratis dan tentu saja bebas kamu gunakan tanpa batas waktu.

Dalam konteks OnePlus 7 Pro, saking banyaknya custom ROM yang tersedia tentu saja hal ini sangat menggembirakan. Tetapi di sisi lain hal ini malah akan sangat membingungkan karena banyaknya pilihan. Untuk itu tim masivo mencoba mengerucutkannya menjadi lima custom ROM android terbaik yang salah satunya bisa kamu coba berdasarkan review atau ulasan berikut ini.

Lineage OS (Unofficial)

Lineage OS merupakan salah satu custom rom android terbaik yang banyak mendukung merk dan model perangkat android. Dulu awalnya mereka menggunakan nama CyanogenMod atau sering disingkat dengan kode CM. Bisa dikatakan custom ROM Lineage OS merupakan custom rom untuk semua android.

download custom rom terbaik untuk gaming 2019

Lineage OS bertujuan untuk menjadi ROM Android semurni mungkin, dengan menambahkan beberapa fitur yang cukup bermanfaat bagi para pengguna. Bagi kamu yang suka dengan gaya ROM androidone yang diperkaya beberapa fitur keren, maka Lineage OS bisa menjadi salah satu pilihan. Custom ROM ini sangat simpel, sederhana, bisa dikatakan sangat dasar sehingga tidak menyulitkan siapapun meskipun seorang pengguna pemula.

BACA JUGA:   Nokia 3310 4G, bisa Wi-Fi dan WhatsApp

Ada beberapa fitur tambahan untuk versi Android Pie seperti dark mode yang berlaku di seluruh sistem dan aplikasi, LiveDisplay, dan LineageOS privacy guard. Prioritas dari custom ROM ini adalah kestabilan. Hanya saja LineageOS belum secara resmi mendukung OnePLus 7 Pro dalam daftar perangkat android yang mereka dukung, jadi custom ROM ini merupakan versi tidak resminya.

Sebagai informasi, masih ada beberapa bug yang masih menjadi PR developer seperti isu di fingerprint scanner, camera terutamanya dengan sensor utama 48MP.

Renovate Ice ROM for OnePlus 7 Pro

ROM Renovate Ice merupakan custom ROM yang berbasis Oxygen OS tetapi dikemas ulang dengan memasukkan modul Magisk. Hal ini membuat proses instalasi dan penghapusan suatu aplikasi menjadi lebih mudah dibandingkan dengan metode tradisional untuk mem-flash ROM melalui recovery TWRP.

download custom rom renovate ice oneplus 7 pro

Asyiknya lagi, custom ROM Renovate Ice telah menghilangkan bagian yang tidak perlu dari Oxygen OS sehingga ukuran file ROM menjadi lebih kecil dari aslinya, tentu saja hal ini akan berimbas kecilnya pemakaian internal storage pada ponsel.

Pemaketan custom ini seperti ini mengingatkan apa yang terjadi juga di ROM MIUI di mana banyak custom ROM untuk ponsel Xiaomi berbasis MIUI yang telah dimodifikasi dengan memasukkan GApps dan Magisk. Tentunya bagi yang ingin tetap menggunakan Oxygen OS dengan tambahan fitur seperti yang ada di ROM lain, custom ROM Renovate Ice menjadi pilihan yang menarik.

ROM AOSiP

Custom ROM android terbaik yang bisa kamu coba di ponsel OnePlus 7 Pro lainnya adalah ROM persembahan tim AOSiP. Custom ROM ini berbasis Prospect AOSP dengan banyak fitur yang fokus pada kestabilan, kustomisasi, dan kaya fitur termasuk banyaknya fitur yang bisa kamu tambahkan sendiri sesuai keinginan. Dan bisa dikatakan ROM ini cukup stabil.

download custom rom terbaik 2019

AOSiP merupakan singkatan dari Android Open Source illusion Project yang telah banyak merilis custom ROM untuk perangkat android. ROM ini cukup stabil dan tidak ada isu yang muncul dari penggunaan ROM ini di OnePlus 7 Pro. Hanya saja meskipun diklaim stabil, sebuah custom ROM masih berpotensi mengalami masalah yang belum diketahui.

BACA JUGA:   Upgrade Andromax E2 Plus, Unbrick Andromax E2, Root Andromax EC

AOSiP telah menjadi ROM favorit sehingga wajar jika custom ROM ini masuk ke dalam daftar 5 ROM terbaik untuk OnePlus 7 Pro.

Havoc OS (Beta) for OnePlus 7 Pro

Jika kamu mencari custom ROM berbasis Google Pixel, maka Havoc OS merupakan pilihan yang tepat. ROM ini mempunyai semua fitur yang ada di ponsel Google Pixel seperti Always-on Display tetapi dengan menambahkan semua fitur yang ada di custom ROM.

download custom rom gaming terbaik android 2019

Havoc OS dikemas dengan fitur kutomisasi di mana kamu bisa saja mengubah hampir semua yang ada di status bar ke bar navigasi dan tampilan Lock Screen serta tombol pada perangkat.

Hanya saja sekarang ini custom ROM Havoc OS untuk OnePlus 7 Pro masih dalam versi beta di mana fitur WiFi tidak berfungsi sama sekali, sedangkan GPS dan NFC tidak berfungsi pada beberapa model.

RomAur

RomAur adalah custom ROM yang berbasis Oxygen OS hanya saja tidak ada modul Magisk. Artinya, kamu harus melakukan pemasangan magisk secara manual melalui TWRP layaknya custom ROM yang lain.

custom rom terbaik oneplus 7 pro

ROM dari RomAur ini meskipun tergolong custom ROM tetapi kinerjanya secara keseluruhan bisa dikatakan lebih baik dari ROM Oxygen OS bawaan yang terpasang di OnePlus 7 Pro.

Salah satu custom ROM android terbaik ini menjanjikan proses scrolling yang lebih responsif dan cepar, perpindahan aplikasi yang lebih cepat, kecepatan membuka kamera yang lebih cepat, daya tahan baterai yang lebih baik, serta peningkatan kecepatan dan sentuhan yang lebih menyeluruh.

Kerennya lagi dari custom ROM ini adalah aplikasi kamera bawaan telah di-tweak sedemikian rupa untuk meningkatkan kualitas kamera.

Kamera stok juga telah di-tweak untuk meningkatkan kualitas kamera. Ada beberapa build.prop tweak dan optimasi gubernur CPU juga. Semua hal biasa yang Anda harapkan dari ROM kustom berbasis ROM.

BACA JUGA:   Cara Menghilangkan Iklan Di Browser

Baca Juga: Cara Meningkatkan Kemampuan Baterai Smartphone Android

Demikianlah ulasan beberapa custom ROM android terbaik untuk smartphone OnePlus 7 Pro. Dari beberapa developer custom ROM di atas, bisa juga digunakan untuk merk dan model perangkat android lainnya, asalkan telah didukung secara resmi maupun tidak resmi. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di ulasan ROM android lainnya. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *