Cara Install Recovery TWRP dan Root Realme 3 Pro

2 min read

cara install twrp & root realme 3 pro

Dalam kesempatan kali ini, kami akan mencoba membahas bagaimana memasang recovery TWRP dan root pada smartphone Realme 3 Pro. Merk Realme sudah cukup akrab terdengar di masyarakat Indonesia apalagi ditambah dengan strategi iklan yang cukup Terstruktur, Sistematis dan Massive layaknya isu politik yang selalu berulang setiap 5 tahun sekali.

Realme sendiri merupakan merk terpisah yang digunakan oleh Oppo sebagai perusahaan induk untuk fokus pada kalangan menengah ke bawah sedangkan untuk merk Oppo disasarkan untuk hp menengah ke atas. Pembagian merk seperti ini sebelumnya dilakukan oleh Xiaomi dengan lini smartphone Mi dan Redmi.

Seiring waktu berjalan, sepertinya Realme mulai mengambil pangsa pasar Redmi dengan penawaran harga yang menarik, desain yang modern dan spesifikasi yang cukup gahar di setiap tipe ponselnya.

cara install twrp & root realme 3 pro

Dan salah satu hp realme yang cukup keren dengan spesifikasi dan desainnya adalah Realme 3 Pro, meskipun seri ponsel ini bukan ponsel ketiga dari seri realme, melainkan salah satu dari hp generasi ketiga realme yang semakin hari semakin banyak peminatnya dan ingin memasang custom recovery TWRP dan mengakses sistem root smartphone tersebut. Tidak usah khawatir, kedua hal tersebut dapat kamu lakukan dengan mengikuti tutorial singkatnya berikut ini.

Prasyarat sebelum Melakukan Root dan Install Recovery TWRP

  1. Ponsel Realme 3 Pro sudah ter-unlock bootloadernya.
  2. Komputer PC atau laptop yang telah terpasang software ADB dan Fastboot. Jika kamu belum memilikinya, gunakan tool SDK platform Android yang bisa kamu unduh di sini dan ekstrak file ZIP tersebut ke folder root dari direktori C atau D.
  3. Pastikan driver USB untuk Oppo telah terpasang dengan baik.
  4. Pastikan posisi mode USB debugging dan OEM unlock sudah dalam posisi ENABLE, keduanya bisa kamu temukan di opsi pengembang atau developer.
  5. Pastikan kondisi baterai hp Realme 3 Pro dalam kondisi setidaknya 60%.

File yang Dibutuhkan

  • Download file recovery TWRP untuk Realme 3 Pro di SINI. Dan pastikan berada dalam folder yang sama di folder hasil ekstrak platform-tools.
custom recovery TWRP smartphone Realme 3 Pro
  • Download file ZIP Magisk di SINI. Lalu copy-kan ke smartphone.

Cara Pasang Custom Recovery TWRP di Realme 3 Pro

Hubungkan hp Realme 3 Pro ke Komputer PC atau laptop menggunakan kabel USB bawaan dan buka program ADB. Untuk PC Windows, masuk ke folder platform-tools kemudian ketik cmd di address bar. Sedangkan untuk Mac dan Linux, hanya dengan klik kanan di dalam folder lalu buka Terminal untuk membuka jendela Terminal untuk memulai menggunakan ADB.

  • Kini reboot smartphone Realme 3 Pro ke mode fastboot menggunakan perintah ADB berikut ini.
Adb reboot bootloader
  • Pastikan kamu memberikan persetujuan USB debugging yang muncul di smartphone.
  • Setelah berada di mode fastboot, lakukan flash image TWRP yang sebelumnya telah diunduh menggunakan perintah berikut.
fastboot flash recovery twrp-3.3.1-1-RMX1851.img
  • Jika posisi file TWRP berada di folder lain maka gunakan perintah yang lebih lengkap yang menunjukkan posisi file TWRP berada dengan perintah berikut ini.
fastboot flash recovery /lokasi/file/twrp-3.3.1-1-RMX1851.img
  • Sekarang reboot hp dengan perintah sederhana berikut ini.
fastboot reboot

Cara Root Realme 3 Pro

Setelah proses instalasi recovery TWRP pada smartphone Reame 3 Pro berhasil, kini kamu bisa lanjutkan dengan melakukan proses root. Proses root ini cukup mudah menggunakan file ZIP Magisk yang sebelumnya telah didownload, di mana proses flashing file ZIP untuk root ini akan menggunakan bantuan dari recovery TWRP yang baru saja terpasang.

  • Hubungkan kembali smartphone ke PC, lalu gunakan perintah berikut untuk memerintahkan ponsel melakukan bot ke recovery TWRP.
adb reboot recovery
  • Setelah berada di menu recovery TWRP, lakukan proses backup NANDroid sebagai tindakan berjaga-jaga jika kamu ingin mengembalikan kondisi smartphone yang telah jalan dengan baik. Untuk melakukan hal ini caranya cukup dengan masuk ke menu Backup, pilih semua partisi. Geser ke bawah untuk memulai proses backup.
  • Setelah proses backup selesai, atau kamu merasa tidak perlu melakukannya, pilih opsi INSTALL dari menu TWRP.
  • Navigasikan ke file ZIP Magisk dan pilih file tersebut.
  • Geser ke bawah untuk memulai proses flash file zip.
  • Setelah selesai, kamu akan melihat tombol Reboot System di bagian bawah layar, tap untuk memulai proses reboot smartphone.
  • Setelah proses bot selesai, kini smartphone Reami 3 Pro sudah root dan kamu akan menemukan aplikasi Magisk Manager berada di antara aplikasi lainnya.
  • Jika kamu ingin meyakinkan apakah root sudah terpasang dengan benar, gunakan aplikasi root checker yang ada di Play Store.

Cukup mudah bukan melakukan pemasangan custom recovery TWRP di smartphone Realme 3 Pro?, lalu dilanjutkan dengan melakukan root. Setelah ini kamu bisa mengekplorasi kemampuan smartphone dengan custom ROM yang banyak beredar di internet dan biasanya menggunakan versi Android yang lebih tinggi guna memberikan bermacam fitur tambahan yang mengoptimalkan kerja hardware smartphone.

Sedangkan untuk root menggunakan Magisk, kamu bisa memasang aplikasi Gcam di Realme 3 Pro untuk mendapatkan hasil jepretan kamera yang lebih baik dibandingkan aplikasi kamera bawaan dari pabrikan Oppo. Tetapi ada risiko yang harus kamu tahu jika hp sudah di root, yakni tidak bisa digunakan untuk aplikasi perbankan seperti Mandiri Mobile dan KlikBCA.

Demikianlah cara instalasi recovery TWRP dan root pada smartphone Realme 3 Pro pada kesempatan artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel tutorial android lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *