Cara Mengaktifkan Widget Google Doodle 

1 min read

Cara mengaktifkan google doodle widget di ponsel

Mengaktifkan widget Google Doodle di hp ternyata cukup mudah, hal ini terkait dengan diperbaruinya aplikasi Google pada bagian Labs. Seperti kita ketahui, bagian Labs bertanggung jawab untuk setiap fitur baru dan eksperimen yang sedang diujikan oleh Google. Untuk bisa menggunakannya, Anda harus mengaktifkan tombol switch yang tepat berada di fitur tersebut. 

Pada awalnya hanya ada dua fitur yaitu “pinch to zoom on search result” dimana Anda bisa melakukan zoom menggunakan gerakan jari pada hasil pencarian, dan fitur “screenshot editing, sharing, and actions” yang membolehkan Anda melakukan perubahan pada hasil tangkapan layar sebelum membagikannya menggunakan setiap layanan sosial media yang ada di hp. 

Cara Mengaktifkan Widget Google Doodle di smartphone android

Dan kini muncul fitur ketiga sebagai update terbaru dari aplikasi Google, yaitu Google Search Widget Doodles. Cara mengaktifkan dan menonaktifkannya cukup mudah, dan di artikel singkat ini Anda juga akan menemukan bagaimana cara kerja dan fungsi dari fitur tersebut. 

Widget Pencarian Google Doodles

Google secara teratur memperbarui tampilan homepage atau beranda aplikasinya dengan beberapa doodle atau corat-coret khusus guna merayakan setiap acara khusus atau peristiwa penting di hari itu. Dan kini, pengalaman tersebut bisa Anda tampilkan juga di aplikasi pencarian Google. 

Baca juga: Cara Menghapus Akun Google Permanen

Saat Anda membuka kunci hp atau ponsel pintar, secara serta merta Anda akan melihat gambar orat-oret animasi pendek di atas logo G yang ada di bilah pencarian. Sebelumnya, doodle ini hanya tersedia untuk beberapa pengguna yang terpilih saja dan pengguna tersebut tidak bisa mematikan atau menonaktifkan fitur ini. 

Namun kini, hal tersebut menjadi sejarah karena sejak aplikasi pencarian Google diperbarui, Anda dapat dengan mudah mengaktifkan atau sebaliknya untuk menonaktifkan fitur Google doodle disesuaikan dengan kebutuhan. Jadi, mari simak bagaimana cara mengaktifkan Widget Pencarian Google Doodle di hp

BACA JUGA:   8 Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android

Ketersediaan Widget Google Doodle

Fitur widget pencarian Google doodle hanya tersedia pada aplikasi Google versi 10.92.8 atau yang lebih baru. Lakukan update aplikasi terlebih dahulu jika versi yang terpasang sekarang masih versi yang lama.

Jika di aplikasi sudah muncul bagian Labs, maka Anda bisa mencobanya dengan cara sebagai berikut.

Cara Mengaktifkan Widget Google Doodle 
  • Buka aplikasi Google dan pilih bagian “More”
  • Buka bagian Labs dan aktifkan toggle di sebelah Google Search Widget Doodles.
  • Kini reboot hp Anda untuk memastikan efek widget sudah aktif di ponsel.

Sekarang yang harus Anda lakukan adalah menunggu Google untuk merilis doodle terbaru. Sesaat mereka melakukannya, maka Anda akan melihat hal yang sama di widget pencarian.

Baca juga: Apa itu malware di Android

Itulah langkah-langkah untuk mengaktifkan widget pencarian Google doodle di Android. Bagaimana menurut Anda tentang fitur ini?, apakah fitur ini sudah tersedia atau belum muncul di hp kesayangan?, Jika Anda mempunyai saran, keluhan atau pertanyaan mengenai fitur, jangan ragu untuk memberikan komentar di bawah. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *