Cara Mengatasi Smartphone Android Lambat

4 min read

Cara mengatasi android lambat

Smartphone android lambat berarti ponsel mengalami kinerja yang buruk, misalnya saat membuka aplikasi hp membutuhkan waktu lama, atau memiliki masalah dalam hal respon dan kecepatan. Tentu saja hal ini membuat Anda menjadi pusing dan bahkan marah-marah terlebih terjadi di saat momen yang penting. 

Namun Anda sebagai pemilik smartphone Android janganlah terburu-buru menggantinya dengan yang lain apalagi setelah diganti, ternyata hape pengganti pun mengalami hal yang sama. Untuk itu mari kenali apa penyebab ponsel android Anda lambat, hal ini perlu, agar Anda tahu seperti apa kondisi aktual ponsel berbanding dengan kebutuhan Anda yang sebenarnya terhadap suatu smartphone.

Sistem operasi yang out of update atau ketinggalan jaman juga menjadi salah satu penyebab melambatnya kinerja ponsel android, kemudian penggunaan memori yang berlebih dimana banyak aplikasi android yang berjalan secara simultan di background. Ditambah lagi memori internal maupun eksternal yang sudah penuh akan sangat mempengaruhi bagaimana ponsel bekerja. Serta kemungkinan adanya malware atau virus yang menjangkiti ponsel pintar android kesayangan Anda. 

Cara Mengatasi Smartphone Android Lambat

Cara Mengatasi Smartphone Android Lambat

Sekarang mari kita bahas penyebab mengapa smartphone android menjadi lambat dan cara mengatasinya. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkannya dan berikut adalah bagaimana cara mengatasi masalah tersebut.

Memori Internal Penuh

Memori internal pada sebuah smartphone Android adalah bagian dari memori internal ponsel yang digunakan untuk menyimpan data, seperti foto, video, aplikasi, dan lain-lain. Jika memori internal smartphone Android terlalu penuh, ini dapat mempengaruhi kinerja smartphone dan membuatnya menjadi lambat.

Jika memori internal smartphone Android terlalu penuh, hal ini bisa mempengaruhi kinerja smartphone dan membuatnya menjadi lambat.

Ketika memori internal sudah penuh, hp Android mungkin tidak bisa menginstal aplikasi baru atau menyimpan data baru. Solusi untuk memperbaiki masalah ini adalah dengan menghapus data yang tidak diperlukan, seperti foto atau video yang sudah tidak digunakan, atau dengan memindahkan data ke perangkat penyimpanan eksternal seperti kartu memori.

Baca juga: 8 Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android

Untuk memeriksa tingkat penuhnya memori internal, Anda bisa membuka pengaturan smartphone Android Anda dan memilih “Penyimpanan” atau “Memori” untuk melihat tingkat penggunaan memori.

BACA JUGA:   5 Custom ROM Terbaik untuk Smartphone OnePlus 7 Pro

Aplikasi yang Berjalan di Background

Aplikasi yang terus berjalan meskipun pengguna sedang tidak menggunakannya. Ini bisa terjadi karena beberapa aplikasi membutuhkan akses kontinyu ke data atau fitur tertentu, seperti GPS, internet, atau notifikasi, untuk berfungsi dengan baik.

Banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang bisa membuat smartphone Android menjadi lambat.

Aplikasi yang berjalan di latar belakang dapat memakan sumber daya hape Android, seperti memori dan baterai, dan memperlambat kinerja ponsel. Dalam beberapa kasus, aplikasi yang berjalan di latar belakang bahkan dapat memperlambat kinerja smartphone Android hingga tidak dapat digunakan dengan baik.

Untuk memperbaiki masalah ini, pertimbangkan untuk menutup aplikasi yang tidak digunakan dan mengatur setelan aplikasi agar tidak berjalan di latar belakang secara otomatis. Ini bisa dilakukan melalui pengaturan hp pintar Android, dengan memilih “Aplikasi” atau “Manajer aplikasi” dan memilih aplikasi yang ingin dikontrol.

Sistem Operasi yang Ketinggalan Update

Situasi dimana sebuah ponsel tidak menjalankan versi terbaru dari sistem operasi. Sistem operasi adalah perangkat lunak yang mengatur bagaimana hardware dan perangkat lunak lainnya bekerja bersama untuk menjalankan aplikasi dan tugas lainnya.

Pastikan untuk selalu memperbarui smartphone Android Anda ke versi terbaru dari sistem operasi untuk menjaga kinerjanya.

Pembaruan sistem operasi sering menyertakan perbaikan bug, peningkatan keamanan, dan fitur baru. Jika sistem operasi smartphone Android Anda ketinggalan jaman, ini bisa mempengaruhi kinerja perangkat dan membuatnya lebih rentan terhadap serangan virus atau malware.

Untuk memastikan bahwa sistem operasi perangkat Android Anda selalu terbaru, pertimbangkan untuk mengaktifkan pembaruan otomatis atau memeriksa secara berkala apakah ada pembaruan tersedia melalui pengaturan smartphone. Jika pembaruan tersedia, ikuti petunjuk untuk menginstalnya.

BACA JUGA:   Mau Aman?, Jangan Gunakan Aplikasi Ini di Smartphone Xiaomi

Virus atau malware

Virus atau malware dapat memperlambat smartphone Android dengan beberapa cara. Beberapa virus atau malware dapat mengambil sumber daya yang dibutuhkan oleh sistem operasi dan aplikasi lainnya, membuat ponsel pintar Android menjadi lambat dan mengalami lag. Virus atau malware juga dapat mengambil data dan mengirimkan informasi ke situs web atau server yang tidak dikenal, memperlambat koneksi internet dan memperlambat kinerja smartphone Android.

Virus atau malware dapat mengacaukan kinerja smartphone Android dan memperlambat kinerjanya.

Virus atau malware juga dapat menginstal aplikasi yang tidak dikenal atau membuka pop-up dan iklan yang tidak diinginkan, yang bisa mengalihkan perhatian dan membuat hp Android lebih lambat dan sulit digunakan.

Baca juga: Yuk, Pilih Salah Satu Antivirus Terbaik di Laptop

Untuk melindungi smartphone Android Anda dari virus dan malware, pastikan untuk menginstal aplikasi hanya dari toko aplikasi resmi seperti Google Play Store, dan pastikan untuk mengaktifkan pembaruan keamanan dan pembaruan aplikasi secara berkala. Anda juga bisa menginstal aplikasi anti-virus atau anti-malware untuk melindungi smartphone Android Anda dari serangan virus atau malware.

Aplikasi Berat

Aplikasi yang membutuhkan banyak sumber daya perangkat, seperti memori RAM, prosesor, dan penyimpanan internal. Aplikasi yang berat dapat memperlambat kinerja ponsel Android dan membuat perangkat menjadi lebih lambat dan sulit digunakan.

Aplikasi dengan grafik atau fungsi yang rumit dapat memperlambat kinerja smartphone Android.

Beberapa contoh aplikasi yang sering dikategorikan sebagai aplikasi yang berat meliputi game dengan grafis tinggi, aplikasi video editor, dan aplikasi desain grafis. Aplikasi yang berat juga dapat memakan banyak baterai, membuat ponsel pintar Android mati lebih cepat.

Baca juga: Aplikasi Pembersih RAM Terbaik untuk Android

Untuk memperbaiki masalah ini, pertimbangkan untuk menutup aplikasi yang tidak digunakan dan memilih aplikasi yang lebih ringan untuk melakukan tugas yang sama. Anda juga bisa mengatur setelan aplikasi untuk membatasi akses sumber daya perangkat dan membantu menjaga kinerja smartphone Android tetap stabil.

Hardware Mulai Kelelahan

Kondisi dimana perangkat keras, seperti prosesor, memori RAM, atau komponen lain, sudah tidak lagi bekerja dengan efisien dan bisa mempengaruhi kinerja perangkat. Ini bisa terjadi setelah perangkat digunakan selama periode waktu yang lama atau karena penggunaan aplikasi yang berat.

Jika smartphone Android sudah digunakan selama bertahun-tahun, perangkat keras bisa mulai menjadi lelah dan memperlambat kinerja.

Perangkat keras yang lelah bisa menyebabkan perangkat menjadi lambat, memiliki masalah dengan aplikasi, dan mengalami masalah pada sistem operasi. Ini bisa mengurangi umur pakai perangkat dan membuat perangkat tidak mampu melakukan tugas yang dibutuhkan.

BACA JUGA:   Kelebihan dan Kekurangan Stock ROM Android

Untuk memperbaiki masalah ini, pertimbangkan untuk melakukan restart ponsel secara berkala, mengatur setelan aplikasi untuk membatasi akses sumber daya perangkat, dan memastikan bahwa hp memiliki cukup baterai untuk melakukan tugas yang dibutuhkan. Jika masalah ini berlanjut, pertimbangkan untuk membawa perangkat ke service center atau waktunya membeli smartphone baru.

Kesimpulan

Berikut adalah beberapa solusi untuk mengatasi smartphone Android yang lambat:

  • Hapus aplikasi yang tidak digunakan: Menghapus aplikasi yang tidak pernah atau jarang digunakan dapat membebaskan ruang penyimpanan dan sumber daya lain yang dibutuhkan oleh perangkat.
  • Hapus file dan data sampah: Banyak file sampah, seperti cache dan log, dapat menumpuk di perangkat dan memperlambat kinerjanya. Cobalah untuk membersihkan file sampah secara berkala.
  • Restart perangkat: Restarting perangkat secara berkala dapat membantu membersihkan memori dan memperbarui sistem operasi.
  • Nonaktifkan aplikasi yang berjalan di latar belakang: Beberapa aplikasi dapat tetap berjalan di latar belakang meskipun Anda tidak menggunakannya. Nonaktifkan aplikasi yang tidak perlu berjalan di latar belakang untuk membebaskan sumber daya.
  • Pembaruan sistem operasi: Pastikan perangkat Anda menjalankan versi terbaru dari sistem operasi Android. Pembaruan dapat memperbaiki bug dan memperbarui kinerja perangkat.
  • Ganti perangkat: Jika semua solusi di atas tidak membantu mengatasi masalah kinerja perangkat, pertimbangkan untuk membeli ponsel android baru dan pastikan spesifikasi dari ponsel baru tersebut melebihi spesifikasi ponsel android Anda yang lambat.

Ingatlah bahwa beberapa masalah kinerja pada smartphone Android bisa disebabkan oleh perangkat keras yang lelah atau kerusakan fisik. Dalam kasus seperti itu, solusi terbaik mungkin adalah membawa perangkat ke tukang perbaikan atau membeli hp android baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *