Cara Mengembalikan Data yang Hilang pada Hard disk Eksternal

4 min read

Penyebab Data Hilang pada Harddisk Eksternal

Hard disk eksternal adalah sebuah perangkat penyimpanan data yang terpisah dari komputer dan dapat dihubungkan melalui kabel USB atau koneksi nirkabel ke komputer atau perangkat mobile. Hard disk eksternal umumnya memiliki kapasitas penyimpanan yang besar dan dapat digunakan untuk menyimpan file dan dokumen yang penting seperti foto, video, musik, dan dokumen penting lainnya.

Hard disk eksternal biasanya lebih portabel dan lebih mudah untuk digunakan daripada hard disk internal. Pengguna dapat membawa hard disk eksternal ke mana saja dan mengakses data di dalamnya dari komputer atau perangkat mobile mana saja yang memiliki koneksi USB atau nirkabel.

Hard disk eksternal juga dapat berfungsi sebagai perangkat backup data yang aman, karena pengguna dapat mengambil salinan data mereka dan menyimpannya pada hard disk eksternal sebagai cadangan jika data di komputer atau perangkat mobile mereka terhapus atau rusak.

Mengapa harddisk eksternal dapat hilang datanya

Hard disk eksternal dapat kehilangan data karena berbagai alasan, seperti kerusakan fisik pada perangkat, kesalahan manusia, infeksi virus atau malware, atau masalah dengan sistem file atau partisi. Hal ini dapat mengakibatkan data yang tersimpan pada hard disk eksternal menjadi tidak terbaca atau bahkan hilang secara permanen.

Baca juga: Cara Mengembalikan Data di Ponsel setelah Factory Reset

Selain itu, penghapusan data secara tidak sengaja atau sengaja oleh pengguna juga dapat menyebabkan kehilangan data pada hard disk eksternal.

Penyebab Data Hilang pada Harddisk Eksternal

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan data hilang pada hard disk eksternal, antara lain:

  1. Virus dan malware: Virus dan malware dapat menyebabkan kerusakan pada sistem file hard disk eksternal dan menyebabkan hilangnya data.
  2. Kesalahan pengguna: Kesalahan pengguna, seperti menghapus file atau memformat hard disk eksternal, dapat menyebabkan kehilangan data.
  3. Kegagalan perangkat keras: Kegagalan perangkat keras pada hard disk eksternal, seperti bad sector atau kerusakan pada komponen fisik lainnya, dapat menyebabkan data hilang.
  4. Kebocoran listrik: Kebocoran listrik atau korsleting dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat keras hard disk eksternal dan menyebabkan kehilangan data.
  5. Perangkat lunak yang tidak kompatibel: Menghubungkan hard disk eksternal ke perangkat yang tidak kompatibel dapat menyebabkan kehilangan data atau bahkan kerusakan pada hard disk itu sendiri.
  6. Gangguan sistem: Masalah pada sistem operasi komputer, seperti kegagalan sistem atau kerusakan pada file sistem, dapat menyebabkan data hilang pada hard disk eksternal.

Baca juga: Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca

Oleh karena itu, penting untuk menjaga hard disk eksternal dalam kondisi yang baik dan melakukan backup data secara teratur untuk menghindari kehilangan data yang tidak tergantikan.

BACA JUGA:   Keuntungan dan Kelemahan Menggunakan Keyboard Wireless

Jenis Data yang dapat Hilang pada Harddisk Eksternal

  1. Foto dan video: Foto dan video biasanya membutuhkan ruang penyimpanan yang besar dan seringkali memiliki nilai yang sentimental bagi pengguna. Jika hard disk eksternal mengalami kerusakan atau penghapusan data yang tidak disengaja, foto dan video dapat hilang atau rusak.
  2. Dokumen penting: Dokumen seperti dokumen pekerjaan, akademik, atau keuangan, seperti file presentasi, spreadsheet, dan laporan, dapat menjadi sangat penting dan sulit atau bahkan tidak mungkin untuk menggantikannya jika hilang.
  3. File musik dan audio: File musik dan audio, seperti lagu dan podcast, dapat menjadi berharga bagi pengguna dan mungkin tidak dapat ditemukan atau diunduh kembali jika hilang.
  4. File game: File game, termasuk file save, profil pengguna, dan pengaturan game, dapat hilang jika terjadi kerusakan atau penghapusan data yang tidak disengaja pada hard disk eksternal, yang dapat mengakibatkan kerugian waktu dan usaha bagi pengguna untuk memulihkan file game yang hilang.
  5. File sistem dan program: File sistem dan program, termasuk file konfigurasi sistem dan penginstalan program, juga dapat hilang pada hard disk eksternal. Kehilangan file ini dapat mengakibatkan kesulitan dalam pengoperasian komputer atau perangkat yang terhubung dengan hard disk eksternal.
  6. Dalam banyak kasus, data yang hilang pada hard disk eksternal dapat dipulihkan dengan menggunakan perangkat lunak atau layanan pemulihan data profesional, tergantung pada penyebab kehilangan data tersebut. Namun, sangat penting untuk melakukan backup data secara teratur agar dapat mengurangi risiko kehilangan data secara signifikan.

Cara Mengembalikan Data Hilang pada Harddisk Eksternal

Berikut adalah langkah-langkah umum untuk mengembalikan data yang hilang pada hard disk eksternal:

  1. Pertama, pastikan bahwa hard disk eksternal terhubung dengan benar ke komputer atau laptop Anda.
  2. Jika hard disk eksternal tidak terbaca oleh komputer, coba gunakan kabel USB yang berbeda atau port USB yang berbeda pada komputer Anda.
  3. Jika hard disk eksternal terbaca oleh komputer tetapi data hilang, Anda bisa mencoba menggunakan software recovery data untuk mencoba mengembalikan data yang hilang. Ada beberapa program recovery data yang tersedia secara online, seperti Recuva, EaseUS Data Recovery Wizard, atau Stellar Data Recovery.
  4. Unduh dan install software recovery data pilihan Anda, kemudian jalankan program tersebut.
  5. Pilih hard disk eksternal sebagai lokasi yang ingin Anda pulihkan datanya.
  6. Program recovery data akan memindai hard disk eksternal dan menampilkan daftar file yang hilang atau terhapus. Anda bisa melihat pratinjau file sebelum memulihkannya.
  7. Setelah menemukan file yang ingin Anda pulihkan, pilih lokasi penyimpanan yang berbeda untuk menyimpan file tersebut. Jangan menyimpan file tersebut di hard disk eksternal yang sama, karena hal tersebut dapat mengakibatkan kehilangan data yang lebih permanen.
  8. Tunggu hingga proses pemulihan selesai, tergantung pada jumlah dan ukuran file yang ingin dipulihkan.
BACA JUGA:   5 Aplikasi Converter Video Gratis Terbaik

Tips dan trik untuk mencegah kehilangan data

Berikut adalah beberapa tips dan trik untuk mencegah kehilangan data pada hard disk eksternal:

  1. Backup data secara teratur: Melakukan backup data secara teratur adalah cara terbaik untuk mencegah kehilangan data pada hard disk eksternal. Pengguna dapat melakukan backup data secara manual dengan menyalin file ke hard disk eksternal lain atau memanfaatkan layanan backup online yang tersedia.
  2. Hindari mematikan perangkat secara paksa: Mematikan perangkat atau mencabut kabel USB secara paksa saat hard disk eksternal masih digunakan dapat menyebabkan kerusakan fisik pada hard disk dan mengakibatkan kehilangan data. Pastikan untuk selalu mengikuti prosedur penghentian perangkat yang benar sebelum mematikan atau mencabut kabel USB.
  3. Jangan menggunakannya pada komputer yang tidak terpercaya: Menghubungkan hard disk eksternal ke komputer atau perangkat yang tidak terpercaya dapat menyebabkan infeksi virus atau malware pada hard disk eksternal, yang dapat mengakibatkan kehilangan data.
  4. Hindari benturan atau kerusakan fisik: Hard disk eksternal rentan terhadap kerusakan fisik seperti benturan, getaran, atau suhu yang tinggi. Hindari menjatuhkan hard disk eksternal atau membiarkan perangkat terkena tekanan yang berlebihan.
  5. Gunakan perangkat lunak antivirus: Memiliki perangkat lunak antivirus yang diinstal dan terus diperbarui dapat membantu mencegah infeksi virus atau malware pada hard disk eksternal.
  6. Cek kualitas kabel USB: Kabel USB yang buruk dapat menyebabkan masalah pada hard disk eksternal dan menyebabkan kehilangan data. Pastikan untuk menggunakan kabel USB berkualitas dan memeriksa kabel secara teratur untuk melihat apakah ada kerusakan atau keausan.

Dengan mengikuti tips dan trik ini, pengguna dapat mengurangi risiko kehilangan data pada hard disk eksternal dan memastikan bahwa data yang penting tetap aman dan tersedia.

BACA JUGA:   Arti Istilah Update, Upgrade dan Clean Install

Kesimpulan

Kehilangan data pada hard disk eksternal bisa menjadi masalah yang sangat mengganggu dan mengancam. Namun, dengan memahami penyebab kehilangan data dan cara-cara untuk mencegahnya, serta menggunakan teknik pemulihan data yang tepat, pengguna dapat meminimalkan risiko kehilangan data dan memulihkan data yang hilang dengan cepat dan mudah.

Penting bagi pengguna untuk melakukan backup data secara teratur dan selalu berhati-hati saat menggunakan hard disk eksternal, sehingga data yang penting tetap aman dan tersedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *