8 Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android

4 min read

cara mengembalikan file yang terhapus di android tanpa pc

Mengembalikan file yang terhapus di Android bisa dilakukan dengan berbagai cara. Ada yang bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi, bantuan software yang ter-install di PC, ada yang tanpa software sama sekali hingga perlu tidaknya akses root ke hp.

Terhapusnya file di hp tidak bisa dihindari karena terkadang kita ingin menghapus file, video, foto maupun dokumen yang sudah dirasa tidak penting lagi. Lagipula menghapus file-file tersebut merupakan salah satu cara agar hp bisa berjalan lebih ringan dan cepat karena memori lebih lega dari sebelumnya.

Baca juga: Aplikasi Pembersih RAM Terbaik untuk Android

Untuk smartphone sendiri, memori terbagi dalam tiga tipe penyimpanan yang pada umumnya sudah diketahui dengan baik yaitu memori internal yang biasanya disebut dengan ROM, memori eksternal yang biasanya menggunakan microSD atau USB OTG, dan kartu SIM yang biasanya menyimpan file phonebook dan SMS.

Potensi hilangnya file foto, data, pesan, kontak, video dan dokumen juga bisa dipicu dari kelalaian kita karena terburu-buru untuk melakukan proses rooting pada hp, kemudian juga flashing, terpaksa harus kembali ke pengaturan pabrik atau factory reset, atau karena hp android rusak yang hanya bisa diakses oleh PC tetapi sudah tidak bisa digunakan kembali.

Cara menghemat kuota data internet di smartphone Android

Untuk itu kami merekomendasikan beberapa cara agar file yang terhapus tersebut bisa kembali. Silakan pilih yang cocok dengan kondisi kamu. Lakukan dengan perlahan, tidak usah buru-buru apalagi jika menyangkut data penting.

dr.fone – Recover (Android Data Recovery)

dr. fone merupakan salah satu software recovery data untuk perangkat android. Telah mempunyai jejak rekam kesuksesan yang tinggi untuk mengembalikan data yang terhapus seperti foto, video, kontak, SMS, history telepon, dan lain-lain.

cara mengembalikan file yang terhapus di memory card

Software ini juga cocok untuk lebih dari 6000 perangkat android termasuk mampu mengambil data dari hp Samsung yang rusak.

Cara menggunakan software ini cukup mudah, dengan tampilan yang sederhana, pemula sekalipun akan mudah menggunakannya. Caranya sebagai berikut:

  • Kunjungi situs dr. fone untuk download aplikasi recovery data terbaru, lalu install di komputer.
  • Pastikan mode “Developer Option and USB Deugging” di perangkat android sudah aktif.
  • Setelah terinstall sempurna, kini hubungkan perangkat android ke komputer menggunakan kabel USB bawaannya. Aplikasi dr.fone akan mendeteksi secara otomatis perangkat tersebut.
  • Software data recovery dr.fone akan menunjukkan tipe file yang bisa dikembalikan.
  • Setelah proses scanning dijalankan, maka akan terlihat lebih detil jenis file yang ada di perangkat android dan kondisinya sebagai file terhapus atau semua file.
  • Jika perangkat android belum root, maka dr. fone secara otomatis akan melakukan proses rooting ke hp.
  • Hp akan restart kemudian masuk ke dalam proses pengambilan file. Tidak usah panik, tunggu saja dr. fone yang sedang bekerja.
  • Saat proses restart sudah selesai, proses scan akan dimulai kembali yang membutuhkan waktu bergantung pada besarnya data.
  • Akhirnya sekarangkamu bisa memilih file mana saja yang akan direstore kembali. Sebagai clue, jika file tampil saat preview artinya file dapat dikembalikan. Kini beri tanda check pada file dan klik restore untuk memulai proses pengembalian file.

FonePaw Android Data Recovery

Mengembalikan file yang terhapus seperti file foto, video, audio, Whatsapp, SMS, kontak, history telepon, dan dokumen di perangkat android dan SD card bisa juga dilakukan dengan software fonepaw. Aplikasi ini mendukung berbagai jenis perangkat android seperti google pixel, Samsung, Motorola, htc, Huawei, sony dan lain-lain.

cara mengembalikan file yang terhapus di SD card

Penggunaannya cukup mudah karena desain tampilan yang sederhana dan user-friendly. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Silakan download Fonepaw android data recovery, kemudian install di PC atau laptop.
  • Kini lanjutkan dengan menghubungkannya ke perangkat android menggunakan kabel USB bawaan.
  • Fonepaw akan menampilkan jenis file yang bisa direstore.
  • Pilih file yang ingin dikembalikan dengan cara memberikan tanda centang, atau jika ingin semuanya pilih centang semua.
  • Kini klik next dan tunggu hingga software selesai.

Dumpster – Recycle Bin

Aplikasi ini akan mengembalikan semua file yang sengaja atau tidak sengaja terhapus dari perangkat android. Cukup dengan meng-install nya di perangkat, aplikasi akan menampilkan kembali seluruh aplikasi, foto, video, dokumen dan lain-lain.

cara mengembalikan video yang terhapus di hp android

Cara kerja dari aplikasi dumpster adalah dengan masuk ke sistem recycle bin dari perangkat android lalu menyimpan dan merestorenya untuk anda.

Aplikasi ini 100% gratis dengan fitur premium yang memungkinkan file anda selalu terjaga dari resiko terhapus. Untuk kinerja yang lebih baik, baiknya aplikasi ini diinstall terlebih dahulu pada hp yang baru digunakan karena kerja utama dari aplikasi ini adalah mencegah file terhapus.

MobiKin Doctor for Android

Software recovery data untuk android ini mempunyai 2 versi untuk windows dan Mac. Tampilannya mudah dimengerti dan mudah digunakan untuk mengembalikan foto, video, kontak, bahkan email yang terhapus dari perangkat android.

mobikin doctor android recovery tool

Kerennya lagi, seperti 2 aplikasi recovery data sebelumnya, aplikasi Mobilkin Doctor juga sudah mendukung ribuan perangkat android dari berbagai merk seperti Samsung, Asus, HTC, Lenovo dan lain-lain. Aplikasi ini sangat membantu karena sebelum dikembalikan seperti semula ada daftar file-file yang terhapus tersebut, jika pusing memilihnya langsung saja klik semua.

Dan seperti software PC yang digunakan untuk mengakses perangkat android, pastikan sistem pengaturan USB debugging dan lainnya sudah aktif terlebih dahulu di hp. Karena hal ini sangat penting dan akan mempengaruhi kesuksesan saat menggunakan software tersebut.

DiskDigger photo recovery

Aplikasi Diskdigger bisa kamu gunakan untuk mengembalikan file foto atau gambar dari kartu memori atau memori internal di perangkat android. Asyiknya lagi, TIDAK PERLU ROOT. Aplikasi ini akan membantu kamu yang secara tidak sengaja menghapus foto atau kartu memori harus diformat karena tidak bisa lagi dikenali oleh hp.

mengembalikan video yang terhapus dengan diskdigger tanpa bantuan pc

Fitur utama dari aplikasi ini adalah menemukan foto yang terhapus dan mengembalikannya seperti semula.

Ada perbedaan antara antara pernagkat android yang sudah root dan belum root saat menggunakan aplikasi ini. Dimana untuk perangkat yang belum root, kerja scan aplikasi akan terbatas hanya di sekitar cache dan thumbnail.

Tetapi akan berbeda jika digunakan di perangkat yang sudah root, dimana aplikasi akan mencari foto maupun video yangterhapus di semua memori yang ada di perangkat android. Disilah nantinya letak tingkat keberhasilan aplikasi mengembalikan foto dan video tanpa bantuan PC.

Recuva

Software yang satu ini dinamakan Recuva dan dirilis oleh piriform yang terkenal dengan aplikasi CCleaner yang sangat membantu membersihkan Ram dan memori di perangkat android maupun di laptop.

cara mengembalikan file yang terhapus di laptop

Recuva bekerja sebaliknya dengan CCleaner, karena akan merestore semua file yang terhapus dengan cepat dan mudah digunakan. Awalnya software ini hanya mengembalikan file yang terhapus di laptop, tetapi dalam perkembangannya di update terbaru, Recuva kini bisa digunakan untuk mengembalikan file yang terhapus dari perangkat android.

Caranya pun cukup mudah karena semua langkah-langkahnya sudah ditunjukkan dengan jelas di petunjuknya. Silakan merujuk ke kotak download dan mengikuti petunjuk yang disediakan.

Deleted Photo Recovery

Untuk kamu yang hanya ingin mengembalikan foto yang terhapus dari android, maka aplikasi ini tepat untuk kebutuhan tersebut. Aplikasi yang dinamakan Deleted Photo Recovery ini akan membantu kamu mengembalikan foto terhapus dari memori internal dan kartu memori, kemudian mengembalikannya ke galeri.

cara mengembalikan gambar yang terhapus di android tanpa pc

Asyiknya lagi, aplikasi ini bisa langsung digunakan tanpa perlu melakukan ROOT terlebih dahulu, memiliki desain tampilan yang sederhana, scanningnya cepat, dan mudah dimengerti.

Cara kerja dari aplikasi ini adalah, melakukan proses scanning ke direktori dan sub-direktori yang ada di perangkat android untuk menemukan foto dan gambar yang terhapus kemudian menambahkannya ke dalam daftar. Proses deteksi ini akan memakan waktu bergantung pada seberapa besarnya memori internal dan kartu memori yang ada di hp.

Setelah proses scanning selesai, maka aplikasi akan menampilkan preview dari foto yang terhapus yang bis akamu pilih untuk dikembalikan ke galeri atau tidak.

Deleted Photo Recovery
Deleted Photo Recovery
Developer: GreatStuffApps
Price: Free

Wondershare MobileTrans

Software yang satu ini diklaim dapat mengembalikan file yang terhapus dari ponsel pintar apapun seperti iPhone, Android, Windows Phone, Symbian, dan lain-lain. Aplikasi ini juga sudah mendukung lebih dari 6000 lebih perangkat smartphone.

download wondershare mobiletrans crack

Fungsi utama dari software ini adalah mengembalikan kontak, SMS, foto, video dan file lainnya yang berada di smartphone. Juga sudah mendukung iOS 12 dan Android 9.0 Pie.

Untuk mengembalikan file terhapus dari smartphone cukup mudah karena petunjuk yang disediakan oleh tool ini sudah sangat jelas. Kamu hanya mengikuti petunjuk yang tampil di layar PC ataupun laptop yang kemudian dilanjutkan dengan menghubungkan ke perangkat smartphone dan software pun siap untuk melakukan proses deteksi file yang terhapus di android untuk dikembalikan dengan satu klik saja.

Demikian kumpulan aplikasi yang direkomendasikan untuk mengembalikan file yang terhapus di android. Semoga dari aplikasi di atas ada yang cocok untuk kamu gunakan untuk merestore file dari perangkat smartphone.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *