5 Cara Terbaik Memperkenalkan Coding dan Pemrograman Komputer kepada Anak sejak Usia Dini

4 min read

Memperkenalkan anak-anak Anda ke dunia koding tentunya menjadi tantangan tersendiri, terlebih bagi para orang tua yang tidak mempunyai pengetahuan bagaimana cara kerja coding dan pemrograman komputer. 

Hanya saja hal ini sudah menjadi hal yang lumrah, karena di era saat ini, dunia digital telah mengambil alih sebagian besar tugas dan rutinitas manusia, maka menjadi penting untuk mempelajari dasar-dasar bagaimana kode-kode komputer bekerja.

Coding pada dasarnya merupakan kegiatan yang menyenangkan dan produktif apalagi jika melibatkan anak-anak Anda. Coding juga membantu anak-anak belajar mengembangkan keterampilan problem solving atau menyelesaikan suatu masalah, memoles kreativitas dan logika, serta meningkatkan kemampuan kompetensi teknikal. 

Mengenalkan coding pada anak-anak sejak usia dini

Cara Mengenalkan Dunia Coding ke Anak sejak Dini

Jika Anda, sebagai orang tua, masih bingung bagaimana cara memulai mengajarkan dasar-dasar pemrograman komputer atau coding ke anak-anak, berikut adalah beberapa cara terbaik untuk mengenalkannya di usia dini.

Bermain dengan Mainan Teknis Coding

Seni coding tidak hanya bisa dilakukan pada komputer dan software. Untuk anak-anak, mainan adalah pintu yang tepat mengenalkan dasar-dasar coding. Perkenalkan anak-anak Anda pada mainan yang bersifat teknis yang memungkinkan mereka untuk menguji kreativitas dan pemikiran logisnya. Di sini, bahkan mereka tidak akan tahu jika mainan yang mereka mainkan sebenarnya sudah masuk ke coding.

Banyak mainan yang menawarkan permainan inovatif yang mengajarkan anak-anak tentang sirkuit elektronik, magnet, robot, membuat bangunan, dan lain-lain. Mainan-mainan ini tentunya akan membuat Anda terpesona. Cocok dimainkan untuk anak-anak usia lebih dari 8 tahun, mainan ini memiliki bagian-bagian kecil seperti dimmer, denyut nadi, power supply dan lain sebagainya yang mendorong anak untuk belajar bagaimana sirkuit elektronik bekerja.

Mainan cerdas lainnya yang sangat cocok untuk anak-anak prasekolah adalah robot paling sederhana dalam bentuk ulat bulu berpenampilan funky yang mendidik anak-anak tentang perintah, urutan, dan blok kode. Balita Anda akan belajar bagaimana mengurutkannya sejak usia sangat dini.

Sedangkan untuk anak-anak dalam usia praremaja, mainan besutan Osmo adalah pilihan yang bagus. Mainan ini menggunakan sistem pemenang yang mendapatkan penghargaan, di sini anak-anak akan didorong untuk produktif yang ditandai dengan layar yang selalu menyala saat digunakan.

BACA JUGA:   Mengenal Kriteria Flashdisk yang Bagus dan Berkualitas Tinggi

Permainan coding lainnya yang cocok untuk anak-anak adalah permainan kartu besutan Bits & Bytes. Permainan ini tidak memerlukan pengetahuan khusus tentang kode tetapi melalui bermain, anak-anak bisa belajar dasar-dasar coding. Ada juga mainan dan peralatan lainnya termasuk mainan dari Go Code dan Edison Robot yang membuat anak-anak tetap terlibat secara produktif dan menginspirasi mereka untuk mempelajari bagaimana cara kerja kode komputer.

Bermain dengan Aplikasi

Layar smartphone dan laptop yang selalu menyala saat anak-anak menggunakannya terkadang menjadi momok bagi para orang tua. Faktor kesehatan terutama mata menjadi poin utama yang dikeluhkan sehingga tidak jarang sekarang ini banyak anak-anak sudah menggunakan kacamata, walaupun ini tentu saja masih perlu dibuktikan secara ilmiah apakah menatap layar menjadi penyebab utamanya.

Orang tua tentu saja tidak bisa melarang begitu saja anak-anak mereka untuk tidak menggunakan smartphone ataupun laptop. Yang perlu dilakukan adalah mengalihkan nya untuk digunakan ke kegiatan yang bersifat lebih mendidik yaitu belajar dasar-dasar coding dan pemrograman komputer. Cara ini tentu saja akan lebih bermanfaat untuk membekali insinyur kecil Anda ke dunia coding dan pemrograman dengan menggunakan aplikasi belajar coding untuk anak

Aplikasi coding dengan fitur STEM tentunya akan sangat menarik bagi anak-anak karena di aplikasi ini mereka juga akan belajar dasar-dasar dari Sains, Teknologi, Engineering dan Matematika.

Layar-waktu biasanya disukai tetapi karena kita meningkatkan generasi yang dikelilingi oleh smartphone dan laptop 24/7, itu tidak layak untuk sepenuhnya melarang layar dalam hidup mereka. Sebagai gantinya, gunakan gadget dengan cara yang produktif dengan beberapa batasan. Salah satu sumber terbaik untuk menerangi insinyur kecil Anda ke dunia pengkodean dan pemrograman adalah aplikasi pengkodean. Ditujukan untuk anak-anak, aplikasi ini cukup bagus karena dilengkapi dengan fitur STEM yang menarik.

Ada aplikasi dari Kodable di mana anak-anak Anda dapat mempelajari konsep pemrograman dasar seperti pengulangan dan percabangan. Ini adalah aplikasi gratis berbasis web dengan materi coding untuk anak-anak usia TK hingga kelas lima. 

Aplikasi lainnya yang dinamakan Daisy the Dinosaur tampaknya seperti permainan puzzle yang sederhana tetapi memiliki fitur yang jauh lebih kompleks. Terimakasih untuk dinosaurusnya yang keren-keren, asyiknya lagi aplikasi ini juga banyak diminati oleh mereka para non-coders.

BACA JUGA:   9 Powerbank Terbaik dengan Kapasitas Tertinggi untuk Memenuhi Kebutuhan Pengisian Baterai Anda

Satu lagi aplikasi untuk mengenalkan coding ke anak-anak adalah aplikasi besutan Tynker dan Scratch. Aplikasi ini mirip dengan aplikasi  yang menggunakan jalur pembelajaran dari dasar hingga mahir untuk mengajar coding. Aplikasi coding ini menyediakan media yang komprehensif dan cocok bagi anak-anak untuk belajar pemrograman. Di waktu senggang mereka, hai para orang tua, izinkan mereka mempelajari aplikasi untuk belajar bagaimana cara kerja kode pemrograman komputer.

Memanfaatkan Sumber Daya Online

Di era digital, semakin mudah untuk mempelajari sesuatu secara gratis termasuk belajar coding. Dari sekian banyak situs dan video yang ada, situs web keren code.org bisa menjadi rujukan Anda untuk mengenalkan coding ke anak-anak. Web ini kaya dengan konten coding dan pemrograman komputer. Dari permainan hingga peluang menjalin jaringan pertemanan, situs ini melayani siswa, guru, dan pembuat kode dari seluruh dunia. 

Permainan awalnya cukup sederhana. Misalnya, permainan Perang Bintang mengharuskan Anda memasukkan kode untuk memindahkan pemain ke arah yang berbeda untuk mendapatkan item tertentu. Sebenarnya ini adalah permainan problem solving dimana akan memaksa anak Anda untuk menemukan solusi terbaik.

Untuk anak-anak prasekolah, Code Monster bisa dijadikan start awal untuk mempelajari bagaimana kode komputer bekerja. Situs ini menyediakan web toolkit yang cukup keren untuk memancing minat anak-anak membuat kode komputer di dalamnya. Tampilannya pun cukup keren karena mengajarkan bagaimana kode dan menjalankan perintah. 

Situs web gratis lainnya adalah CodeAcademy. Situs web keren ini menawarkan pengalaman coding interaktif yang ramah pengguna, dan mengajarkan Anda segala sesuatu yang berkaitan dengan bahasa coding termasuk HTML & CSS, JavaScript, jQuery, PHP, Python, dan Ruby.

Satu lagi web belajar coding yang cukup populer adalah Khan Academy, situs ini pada awalnya dikenal luas karena memiliki permainan matematika yang menantang dan seperangkat alat online yang bisa digunakan secara bebas untuk mendidik anak-anak di seluruh dunia. Kini, mereka pun memiliki tutorial coding dan pemrograman dasar untuk pemula yang cukup membantu anak-anak untuk belajar merancang grafis, membuat animasi, membuat visualisasi interaktif, dan banyak lagi! Situs pendidikan ini sepenuhnya gratis dan sangat ideal untuk anak-anak yang bercita-cita menjadi insinyur.

BACA JUGA:   10 Smartphone dengan Kamera Terbaik

Ikut Pelatihan Coding untuk Anak-anak

Jika anak Anda memiliki hasrat untuk pemrograman dan mereka menunjukkan potensi, Anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk mengirim mereka ke tempat kursus pelatihan coding. Silakan untuk mencari informasi apakah tempat belajar seperti ini ada di kota Anda, untuk lebih jelasnya mungkin Anda bisa menghubungi lembaga pendidikan seperti universitas yang memiliki fakultas matematika maupun komputer. 

Jika ada, ikuti pelatihan ini saat musim liburan agar anak-anak tidak terganggu aktivitas belajarnya di sekolah dan tentu saja sebagai pengisi liburan yang produktif. 

Lembaga-lembaga pelatihan seperti ini biasanya akan mengajarkan mereka tentang membangun situs web dan aplikasi, membuat video game, belajar tentang teknologi baru dan memahami konsep coding. 

Bawa Mereka ke Acara Festival Coding

Salah satu cara untuk menumbuhkan minat anak-anak belajar coding adalah dengan mengajak mereka ke acara coding atau pemrograman komputer. Hal ini sangat berguna untuk memberikan wawasan akan seperti apakah bentuk coding dalam kehidupan sehari-hari.

Hanya saja acara-acara seperti ini tidak muncul secara merata di Indonesia. Berbeda dengan di negara-negara maju seperti Inggris yang memiliki acara Pekan Coding Nasional yang biasanya digelar di bulan September dengan beberapa acara acara dan seminar yang berkaitan dengan coding dan kegiatan ini diselenggarakan di seluruh Inggris raya.

Mereka berusaha untuk membawa kesadaran kepada generasi muda dan membangun minat mereka di bidang teknik, game, dan coding. Meskipun ditujukan untuk anak-anak yang lebih besar, tidak ada salahnya untuk mengajak anak-anak Anda agar mereka terinspirasi. Hadiri acara bersama anak Anda dan bantu mereka membuat pilihan cerdas.

Permintaan untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia yang terampil dalam coding dan pemrograman komputer sangat meningkat dan di atas dari trend kenaikan sebelumnya. Keterampilan ini tidak hanya wajib bagi pengembang dan programmer, juga untuk profesi lain yang akan menjadi nilai tambah bagi perkembangan karir. 

Ini adalah keterampilan yang sangat berharga untuk diberikan kepada anak Anda dan memiliki banyak manfaat akademis. Bantu anak Anda untuk mulai belajar coding dan dorong mereka untuk melangkah lebih jauh jika mereka inginkan. Dengan keterampilan teknis yang mengesankan dan menonjol pada resume mereka, anak Anda dapat memiliki karir yang menjanjikan di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *