4 Layanan Cloud Storage Terbaik dan Paling Menguntungkan

5 min read

cloud storage terbaik dan menguntungkan

Cloud storage terbaik yang paling menguntungkan cukup sulit dicari, karena memerlukan pengetahuan yang cukup, terlebih sekarang ini banyak sekali provider yang menyediakannya. Sebelum Anda memilah dan memilih layanan mana yang akan Anda gunakan, sebaiknya mengenal terlebih dahulu apa sih cloud storage itu?.

Cloud storage adalah layanan penyimpanan data yang menggunakan teknologi cloud computing. Ini berarti bahwa data Anda disimpan pada server di internet, bukan pada hardware lokal seperti hard drive komputer. Anda dapat mengakses data Anda kapan saja dan di mana saja melalui internet.

Beberapa manfaat dari layanan cloud storage adalah:

cloud storage terbaik
  • Aksesibilitas yang lebih baik: Anda dapat mengakses data Anda dari mana saja dengan koneksi internet.
  • Skalabilitas: Anda dapat menambah atau mengurangi kapasitas penyimpanan sesuai kebutuhan Anda.
  • Keamanan data: Data Anda disimpan pada server yang dioperasikan oleh pihak ketiga yang memiliki pengalaman dan sumber daya untuk melindungi data Anda.
  • Hemat biaya: Karena Anda tidak perlu membeli, memelihara, dan mengoperasikan perangkat keras penyimpanan sendiri, cloud storage dapat menjadi pilihan yang lebih hemat biaya.
  • Beberapa provider cloud storage populer meliputi: Amazon S3, Microsoft OneDrive, Google Drive, dan Dropbox.

Mengenal 4 Besar Provider Layanan Storage Cloud yang Menguntungkan

Tergantung pada kebutuhan dan budget Anda, beberapa layanan penyimpanan cloud yang populer dan dapat memberikan keuntungan bagi penggunanya antara lain:

Google Drive

Google Drive adalah layanan cloud storage yang dibesut oleh Google. Ini menawarkan banyak fitur dan manfaat, seperti:

Layanan Storage Cloud yang Menguntungkan

Ini adalah layanan penyimpanan cloud gratis dari Google yang memiliki 15 GB ruang gratis. Ini memiliki integrasi yang kuat dengan produk Google lain seperti Google Docs, Sheets, dan Slides.

  • Kapasitas Penyimpanan: Google Drive menawarkan kapasitas penyimpanan gratis sebesar 15 GB, dan Anda dapat memperluas kapasitas penyimpanan dengan membayar biaya tambahan.
  • Integrasi dengan Aplikasi Google: Google Drive sangat terintegrasi dengan aplikasi Google lainnya, seperti Google Docs, Google Sheets, dan Google Slides, sehingga memungkinkan Anda untuk bekerja dan berbagi file dengan mudah.
  • Keamanan: Google Drive menawarkan keamanan yang baik untuk data Anda, termasuk enkripsi 128-bit SSL/TLS saat mengirim dan menerima data dan enkripsi terenkripsi pada server.
  • Aksesibilitas: Google Drive memungkinkan Anda mengakses data Anda dari mana saja dan di mana saja melalui aplikasi seluler atau melalui web browser.
  • Berkolaborasi dengan mudah: Google Drive memungkinkan Anda untuk bekerja secara bersama-sama pada file yang sama dengan teman atau rekan kerja Anda, dan memantau perubahan real-time.
BACA JUGA:   Kenali 10 Jenis Printer Populer dan Sering Digunakan

Namun, meskipun memiliki banyak fitur dan manfaat, ada beberapa kekurangan dari Google Drive, seperti:

  • Batasan penggunaan: Google Drive memiliki batasan pada ukuran file yang dapat Anda unggah, seperti ukuran file maksimal yang dapat diterima oleh Google Drive adalah 5 TB.
  • Iklan: Google Drive menampilkan iklan pada akun gratis, yang dapat menjadi gangguan bagi beberapa pengguna.

Secara keseluruhan, Google Drive adalah layanan cloud storage yang handal dan dapat diandalkan yang menawarkan banyak fitur dan manfaat bagi penggunanya. Namun, seperti layanan cloud storage lainnya, pastikan untuk memperhitungkan kekurangan dan batasan sebelum memutuskan untuk menggunakan layanannya.

Microsoft OneDrive

Microsoft OneDrive adalah layanan cloud storage yang dimiliki oleh Microsoft. Berikut adalah beberapa fitur dan manfaat yang ditawarkan oleh Microsoft OneDrive:

Layanan Storage Cloud Terbaik

Ini adalah layanan penyimpanan cloud gratis dari Microsoft yang memberikan Anda 5 GB ruang gratis. Ini memiliki integrasi yang baik dengan Microsoft Office dan dapat diakses dari berbagai perangkat.

  • Kapasitas Penyimpanan: Microsoft OneDrive menawarkan kapasitas penyimpanan gratis sebesar 5 GB, dan Anda dapat memperluas kapasitas penyimpanan dengan membayar biaya tambahan.
  • Integrasi dengan Produk Microsoft: Microsoft OneDrive sangat terintegrasi dengan produk Microsoft lainnya, seperti Microsoft Office, sehingga memungkinkan Anda untuk bekerja dan berbagi file dengan mudah.
  • Keamanan: Microsoft OneDrive menawarkan tingkat keamanan yang baik untuk data Anda, termasuk enkripsi 128-bit SSL/TLS saat mengirim dan menerima data dan enkripsi terenkripsi pada server.
  • Aksesibilitas: Microsoft OneDrive memungkinkan Anda mengakses data Anda dari mana saja dan di mana saja melalui aplikasi seluler atau melalui web browser.
  • Berkolaborasi dengan mudah: Microsoft OneDrive memungkinkan Anda untuk bekerja secara bersama-sama pada file yang sama dengan teman atau rekan kerja Anda, dan memantau perubahan real-time.

Namun, meskipun memiliki banyak fitur dan manfaat, ada beberapa kekurangan dari Microsoft OneDrive, seperti:

  • Batasan penggunaan: Microsoft OneDrive memiliki batasan pada ukuran file yang dapat Anda unggah, seperti ukuran file maksimal yang dapat diterima oleh Microsoft OneDrive adalah 10 GB.
  • Iklan: Microsoft OneDrive mungkin menampilkan iklan pada akun gratis, yang dapat menjadi gangguan bagi beberapa pengguna.

Secara keseluruhan, Microsoft OneDrive adalah layanan cloud storage yang handal dan dapat diandalkan yang menawarkan banyak fitur dan manfaat bagi penggunanya. Namun, seperti layanan cloud storage lainnya, pastikan untuk memperhitungkan kekurangan dan batasan sebelum memutuskan untuk menggunakan layanannya.

BACA JUGA:   10 Smartphone dengan Kamera Terbaik

Dropbox

Dropbox adalah layanan cloud storage yang banyak digunakan dan dikenal di seluruh dunia. Berikut adalah beberapa fitur dan manfaat dari Dropbox:

Layanan Storage Cloud Termurah

Ini adalah layanan penyimpanan cloud yang populer yang menawarkan 2 GB ruang gratis. Dropbox memiliki aplikasi yang mudah digunakan dan tersedia untuk berbagai perangkat.

  • Kapasitas Penyimpanan: Dropbox menawarkan kapasitas penyimpanan gratis sebesar 2 GB, dan Anda dapat memperluas kapasitas penyimpanan dengan membayar biaya tambahan.
  • Keamanan: Dropbox menawarkan tingkat keamanan yang baik untuk data Anda, termasuk enkripsi 128-bit SSL/TLS saat mengirim dan menerima data dan enkripsi terenkripsi pada server.
  • Aksesibilitas: Dropbox memungkinkan Anda mengakses data Anda dari mana saja dan di mana saja melalui aplikasi seluler atau melalui web browser.
  • Berkolaborasi dengan mudah: Dropbox memungkinkan Anda untuk bekerja secara bersama-sama pada file yang sama dengan teman atau rekan kerja Anda, dan memantau perubahan real-time.
  • Integrasi dengan aplikasi lain: Dropbox memiliki integrasi dengan banyak aplikasi lain, seperti Microsoft Office, sehingga memungkinkan Anda untuk bekerja dan berbagi file dengan mudah.

Namun, meskipun memiliki banyak fitur dan manfaat, ada beberapa kekurangan dari Dropbox, seperti:

  • Kapasitas penyimpanan gratis terbatas: Kapasitas penyimpanan gratis 2 GB mungkin tidak cukup bagi beberapa pengguna.
  • Batasan penggunaan: Dropbox memiliki batasan pada ukuran file yang dapat Anda unggah, seperti ukuran file maksimal yang dapat diterima oleh Dropbox adalah 20 GB.

Secara keseluruhan, Dropbox adalah layanan cloud storage yang handal dan dapat diandalkan yang menawarkan banyak fitur dan manfaat bagi penggunanya. Namun, seperti layanan cloud storage lainnya, pastikan untuk memperhitungkan kekurangan dan batasan sebelum memutuskan untuk menggunakan layanannya.

Amazon Drive

Amazon Drive adalah layanan cloud storage dari Amazon yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan, membackup, dan berbagi file mereka. Berikut adalah beberapa fitur dan manfaat dari Amazon Drive:

 layanan cloud storage terbaik

Ini adalah layanan penyimpanan cloud dari Amazon yang menawarkan 5 GB ruang gratis. Amazon Drive memiliki harga yang kompetitif dan dapat diintegrasikan dengan produk Amazon lain seperti Amazon Prime.

  • Kapasitas Penyimpanan: Amazon Drive menawarkan kapasitas penyimpanan yang besar, mulai dari 100 GB hingga terbatas tanpa batas.
  • Integrasi dengan Produk Amazon Lain: Amazon Drive terintegrasi dengan produk Amazon lain, seperti Amazon Prime dan Amazon Photos, sehingga memungkinkan pengguna untuk mengakses dan berbagi foto dan video mereka dengan mudah.
  • Keamanan: Amazon Drive menawarkan tingkat keamanan yang baik untuk data Anda, termasuk enkripsi pada perangkat dan pada server serta autentikasi dua faktor.
  • Berkolaborasi dengan mudah: Amazon Drive memungkinkan Anda untuk berbagi file dan folder dengan teman atau rekan kerja Anda, dan memantau perubahan real-time.
  • Aksesibilitas: Amazon Drive memungkinkan Anda mengakses data Anda dari mana saja dan di mana saja melalui aplikasi seluler atau melalui web browser.
BACA JUGA:   9 Powerbank Terbaik dengan Kapasitas Tertinggi untuk Memenuhi Kebutuhan Pengisian Baterai Anda

Namun, meskipun memiliki banyak fitur dan manfaat, ada beberapa kekurangan dari Amazon Drive, seperti:

  • Biaya tambahan: Beberapa fitur dan kapasitas penyimpanan tambahan dapat memerlukan biaya tambahan.
  • Ketergantungan pada Amazon: Jika Anda memiliki banyak file dan data yang perlu disimpan, Anda mungkin tergantung pada Amazon untuk menyimpan data Anda dan memastikan ketersediaannya.

Secara keseluruhan, Amazon Drive adalah layanan cloud storage yang handal dan dapat diandalkan yang menawarkan banyak fitur dan manfaat bagi penggunanya. Namun, seperti layanan cloud storage lainnya, pastikan untuk memperhitungkan kekurangan dan biaya sebelum memutuskan untuk menggunakannya.

Demikianlah 4 besar layanan cloud storage yang menguntungkan pada saat ini. Sebelum memilih layanan penyimpanan cloud, pastikan untuk memeriksa fitur dan harga yang ditawarkan, serta kapasitas penyimpanan yang Anda butuhkan. Jika Anda membutuhkan lebih banyak ruang penyimpanan, mungkin perlu mempertimbangkan layanan berbayar.

Kesimpulan

Layanan cloud storage yang paling menguntungkan adalah paket OneDrive Family. Paket ini dapat digunakan bersama keluarga dengan jumlah anggota maksimal 6 orang dengan kapasitas masing-masing user sebesar 1TB dengan harga 1.3 juta setahun.

Harga 1.3 juta setahun jika dibagi ber-6 maka hitungan layanan ini tidak sampai 220 ribu per tahun. Jadi masih jauh lebih murah dibandingkan berlangganan Google Drive atau iCloud.

Baca juga:

Baca juga: Cara Reset iPhone yang Terbukti Aman

Keuntungan lainnya yang didapat adalah satu cloud drive bisa digunakan untuk Android, Mac, iPad, iPhone dan laptop Windows, sehingga tidak ada kesulitan sama sekali untuk memindahkan file dari satu perangkat ke perangkat yang lain. Masing-masing pengguna mendapat kuota 1TB. Selain itu juga dapat fitur-fitur premium dari MS Office.

Paket yang ditawarkan iCloud dan GoogleDrive kurang menarik, karena mereka hanya menyediakan 50GB, 200GB, lalu 2TB. Sangat timpang, sepertinya teknik marketing mereka mengarahkan supaya kita memilih yang terbesar, padahal 2TB cloud storage itu hitungannya sudah terlalu besar.

500GB – 1TB sudah paling ideal untuk layanan cloud storage. Oh ya, ini penilaian subyektif ya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *