7 Anti Virus Terbaik untuk Laptop, Gratis dan Ampuh

6 min read

antivirus gratis terbaik untuk laptop

Sebagai pengguna laptop windows tentu Anda sudah mengenal baik anti virus gratis bawaan sistem operasinya yang disebut dengan Microsoft Defender. Hanya saja, apakah anti virus gratisan ini sudah cukup mampu mengamankan data yang Anda punya?, atau haruskah menggunakan software anti virus terpisah?, dan apakah antivirus gratis dari Kaspersky cukup baik, atau haruskah Anda menggunakan fitur premiumnya?. Tentu saja hal ini tidak mudah untuk diputuskan. Untuk itu mari simak 5 software anti virus gratis terbaik untuk laptop.

Berikut adalah software anti virus gratis terbaik yang sudah melewati tahap pengetesan menggunakan ribuan file yang terjangkit malware windows generasi lama hingga yang terbaru. Tidak hanya mempunyai fitur proteksi terhadap malware, anti virus untuk pc ini juga mempunyai reputasi terhadap isu privasi pengguna, dimana kemampuan ini sudah terintegrasi dengan versi terbaru dari windows dan user interface nya.

Namun sangat penting diketahui, setiap program anti virus gratis mempunyai keterbatasan masing-masing. Jadi perlu sedikit meluangkan waktu untuk mengetahui fitur premiumnya yang dilengkapi dengan proteksi terhadap semua tipe malware, fitur extra seperti VPN, monitoring dark web, dan manajemen password.

antivirus gratis terbaik untuk laptop

Sekali lagi, lebih baik terlindungi dengan software anti virus gratis terbaik dibandingkan tanpa proteksi anti virus sama sekali. Dan berikut adalah 7 software anti virus gratis terbaik yang menawarkan banyak peningkatan kemampuan pada proteksi bawaan Windows, beserta fitur yang tidak ada di Windows Defender.

7 Anti Virus Terbaik untuk Laptop dan PC Windows

Norton

Anti virus Norton telah menjadi pilihan banyak pengguna laptop windows, hanya saja hingga saat ini tidak memiliki opsi gratis. Mereka menawarkan pengembalian uang selama penggunaan 60 hari, yang artinya anti virus ini dapat Anda gunakan secara gratis selama 2 bulan hingga Anda merasa cocok dengan software tersebut atau tidak.

antivirus gratis terbaik yang ampuh untuk pc dan laptop windows

Norton antivirus menggunakan mesin malware yang cukup maju dengan fitur tambahan yang sangat luas, dan harga yang cukup terjangkau untuk hingga 5 perangkat dengan berbagai sistem operasi.

Norton menyediakan deteksi malware yang sempurna terhadap semua potensi dan ancaman yang muncul di dunia maya. Dalam pengetesan, Norton mampu mengidentifikasi semua contoh malware, mulai dari yg sederhana seperti virus hingga ancaman yg canggih seperti spyware. Anti virus ini juga mempunya proteksi phising yang cukup mengagumkan, fitur firewallnya un cukup cerdas dengan banyak opsi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, dan proteksi terhadap internet banking dan belanja online. Norton juga mempunyai banyak ekstra fitur tambahan, diantaranya adalah:

  • VPN (unlimited data) – menjaga kecepatan internet, bisa digunakan pada situs streaming seperti Netflix dan memiliki fitur ekstra seperti mendukung Tor dan split-tunneling.
  • Password manager – membuat, menyimpan dan mengisi form login secara otomatis, mengaudit keamanan password, dan memiliki kemampuan mengganti password secara otomatis.
  • Parental controls – fitur ini berfungsi untuk memfilter konten yang tidak pantas, membatasi penggunaan perangkat, dan memonitor penggunaan youtube dan Hulu.
  • System optimization tools – menghapus semua file yang tidak diinginkan di laptop atau pc windows dan browser, meningkatkan waktu boot-up dan bisa melakukan defrag hardisk lebih baik dari fitur yang sama dari Windows.
  • Dark web monitoring – memindai atau menscan forum dark web, kebocoran data yang dilaporkan secara real-time.
BACA JUGA:   Cara Hapus Otomatis Akun Google

Anti virus ini juga menyediakan pengalaman terbaik bagi para penggunanya dibandingkan software antivirus lainnya. Mudah digunakan di berbagai perangkat dan platform, tidak menyebabkan sistem menjadi lambat, dan antivirus ini memiliki mode gaming sehingga Anda bisa memainkan game apapun tanpa terganggu.

Bitdefender Antivirus Free for Windows

Anti virus gratis Bitdefender untuk windows mendapatkan skor 100 untuk pengetesan deteksi malware. Hal ini menjadikan antivirus yang cukup ringan ini sebagai pelengkap antivirus gratis terbaik yang bisa Anda pilih.

antivirus gratis ringan

Bitdefender menggunakan scanner berbasis cloud yang artinya anti virus ini melakukan deteksi dan analisis tanpa menggunakan sumber daya yang ada di pc atau laptop, mengurangi dampak pada sistem yang berujung pada tidak adanya perlambatan kinerja pada komputer meskipun saat software anti virus melakukan deteksi secara menyeluruh.

Proteksi anti-phisingnya juga cukup bagus sebagai bagian dari fitur yang tersedia di software antivirus. Selama pengetesan, antivirus yang ringan ini mampu memblokir banyak situs palsu yang menghindari deteksi dari perlindungan bawaan di browser Chrome dan Firefox, serta tool anti-phishing dari antivirus lainnya. Dari semua merek yang ada di daftar ini, hanya Bitdefender dan Norton yang memiliki hasil anti-phishing yang nyaris sempurna.

Satu dari kekurangan dari versi gratis Bitdefender adalah kurangnya fitur tambahan. Antivirus gratis ini menawarkan perlindungan terhadap malware dan web secara realtime dan sangat efektif yang tersedia di pasar. Ya hanya itu saja untuk versi gratis nya.

Di fitur premiumnya, Anda akan mendapatkan tambahan fitur seperti perlindungan terhadap ransomware yang berlapis, proteksi online banking, koneksi VPN yang aman, tool untuk mengoptimasi perangkat, pengelolaan password, kontrol orang tua, dan fitur tambahan lainnya.

Saat menggunakan fitur premium, maka Anda akan mendapatkan akses ke fitur Profil yang sangat praktis, yang memungkinkan Anda mengoptimalkan kinerja PC dengan cepat dan mudah untuk berbagai tugas dan situasi. Dan Anda dapat mengaturnya agar Bitdefender secara otomatis mengubah profil Anda tergantung pada aplikasi apa yang Anda gunakan. Profil yang dapat Anda pilih antara lain:

  • Work Profile – Memberikan proteksi email yang lebih baik dan mengurangi perlambatan sistem.
  • Movie Profile – Menghindari munculnya pop-up notifikasi dan mengurangi proses di background.
  • Game Profile – Mengoptimasi kinerja sistem untuk gaming.
  • Public Wi-Fi Profile – Mengaktifkan proteksi spesifik untuk menjaga keamanan koneksi saat menggunakan koneksi Wifi publik.
  • Battery Mode Profile – Membuat pengubahan yang diperlukan pada software untuk menghemat daya pada baterai.

Avira Free Security for Windows

Software Avira Free Security untuk Windows mempunyai engine anti-malware yang sangat baik dan beroperasi secara penuh di cloud, hal ini menjadikan Avira mampu bekerja lebih cepat, ringan dan hanya menggunakan sedikit sumber daya pada PC atau laptop.

antivirus gratis terbaik untuk laptop dan pc

Saat pengetesan, engine antimalware Avira mampu mendeteksi sebagian besar files sampel yang terjangkiti malware. Dan saat proses deteksi oleh Avira, kinerja PC tidak mengalami perlambatan sama sekali.

Tidak seperti Bitdefender antivirus versi gratis yang sangat efektif tetapi minum fitur, Avira datang dengan berbagai fitur ekstra yang sangat baik, seperti:

  • Ekstensi browser untuk keamanan belanja online – akan memblokir situs-situs yang dicurigai palsu atau mengandung phising, situs tracker, dan iklan yang tidak diinginkan.
  • Optimasi kinerja dan privasi – antivirus ringan ini akan membersihkan cookies dan file junk, juga memperbaiki setting privasi yang berpotensi membocorkan privasi Anda di internet.
  • VPN (dibatasi FUP 500MB/bulan) – dibatasi hingga 500 MB setiap bulannya, yang cukup bermanfaat untuk menonton video pendek, dan hanya mengijinkan Anda terkoneksi ke hanya 1 lokasi server VPN.
  • Pengelolaan kata sandi
  • Game booster, cocok untuk para gamer
  • Firewall
  • Penghancur file
BACA JUGA:   Mengenal Kriteria Flashdisk yang Bagus dan Berkualitas Tinggi

Panda Free Antivirus for Windows

Anti virus yang saini memiliki perlindungan terhadap virus yang baik dengan fitur ekstra yang layak digunakan. Beberapa poin mengapa Anda perlu mempertimbangkan antivirus ini adalah:

antivirus gratis terbaik di laptop windows
  • Gratis: Panda Free Antivirus adalah salah satu dari sedikit anti-virus gratis yang menawarkan proteksi yang baik terhadap virus dan malware.
  • Mudah digunakan: Panda Free Antivirus memiliki antarmuka yang mudah digunakan dan tidak memakan banyak sumber daya sistem, sehingga tidak akan memperlambat kinerja laptop.
  • Perlindungan real-time: Panda Free Antivirus memiliki fitur perlindungan real-time yang akan memindai file dan program yang diunduh secara real-time untuk mencari tanda-tanda adanya virus atau malware.
  • Perlindungan USB: Panda Free Antivirus memiliki fitur perlindungan USB yang akan memindai flash drive dan perangkat lain yang terhubung ke laptop sebelum mengakses isinya.
  • Scan cepat: Panda Free Antivirus memiliki fitur scan cepat yang akan memindai laptop secara cepat dan efisien.
  • Berkualitas tinggi: Walaupun gratis, Panda Free Antivirus memiliki tingkat deteksi virus yang baik dan menawarkan perlindungan yang berkualitas tinggi terhadap serangan.
  • Fitur tambahan: Panda Free Antivirus juga menawarkan fitur tambahan seperti firewall dan perlindungan dalam hal keamanan web, yang membuat laptop Anda lebih aman dari ancaman cyber.

TotalAV Free Antivirus

Anti virus yang diklaim memiliki intuisi yang lebih baik dari anti virus yang ada di pasar ini memiliki beberapa kelebihan sebagai berikut:
Gratis:

antivirus gratis terbaik untuk laptop

TotalAV Free Antivirus adalah salah satu dari sedikit anti-virus gratis yang menawarkan proteksi yang baik terhadap virus dan malware.

  • Perlindungan real-time: TotalAV Free Antivirus memiliki fitur perlindungan real-time yang akan memindai file dan program yang diunduh secara real-time untuk mencari tanda-tanda adanya virus atau malware.
  • Perlindungan firewall: TotalAV Free Antivirus memiliki fitur firewall yang akan memblokir serangan dari luar jaringan dan melindungi privasi Anda.
  • Scan cepat: TotalAV Free Antivirus memiliki fitur scan cepat yang akan memindai laptop secara cepat dan efisien.
  • Berkualitas tinggi: Walaupun gratis, TotalAV Free Antivirus memiliki tingkat deteksi virus yang baik dan menawarkan perlindungan yang berkualitas tinggi terhadap serangan.
  • Fitur tambahan: TotalAV Free Antivirus juga menawarkan beberapa fitur tambahan seperti perlindungan dalam hal keamanan web dan pembersihan sistem, yang membuat laptop Anda lebih aman dan lebih cepat.
  • Antarmuka mudah digunakan: TotalAV Free Antivirus memiliki antarmuka yang mudah digunakan dan tidak memakan banyak sumber daya sistem, sehingga tidak akan memperlambat kinerja laptop.

Kaspersky Security Cloud (Free)

Anti virus gratisan yang satu ini memiliki fitur gratis yang cukup banyak dan layak Anda pertimbangkan untuk digunakan di PC ataupun di laptop. Berikut adalah beberapa kelebihan mengapa anti virus dari negeri Lord Putin ini layak menjadi penjaga laptop Anda, diantaranya adalah:

antivirus gratis terbaik
  • Berkualitas tinggi: Kaspersky adalah salah satu nama terkemuka dalam bidang keamanan dan Kaspersky Security Cloud (Free) tidak terkecuali, menawarkan tingkat deteksi virus yang sangat baik dan perlindungan yang berkualitas tinggi terhadap serangan.
  • Perlindungan real-time: Kaspersky Security Cloud (Free) memiliki fitur perlindungan real-time yang akan memindai file dan program yang diunduh secara real-time untuk mencari tanda-tanda adanya virus atau malware.
  • Perlindungan firewall: Kaspersky Security Cloud (Free) memiliki fitur firewall yang akan memblokir serangan dari luar jaringan dan melindungi privasi Anda.
  • Fitur tambahan: Kaspersky Security Cloud (Free) juga menawarkan beberapa fitur tambahan seperti perlindungan dalam hal keamanan web dan pembersihan sistem, yang membuat laptop Anda lebih aman dan lebih cepat.
  • Perlindungan multi-perangkat: Kaspersky Security Cloud (Free) menawarkan perlindungan untuk hingga 20 perangkat, sehingga Anda dapat memastikan bahwa semua perangkat Anda dilindungi.
  • Antarmuka mudah digunakan: Kaspersky Security Cloud (Free) memiliki antarmuka yang mudah digunakan dan tidak memakan banyak sumber daya sistem, sehingga tidak akan memperlambat kinerja laptop.
  • Update otomatis: Kaspersky Security Cloud (Free) memiliki fitur update otomatis yang akan memastikan bahwa database virus dan perlindungan terbaru selalu tersedia
BACA JUGA:   Cara Memperpanjang Usia Baterai Laptop

Malwarebytes Free

Simpel dan minimalis merupakan hal yang pertama kali And aliat dari antivirus ini. Namun dibalik kesederhanaannya, anti virus gratis yang ringan ini memiliki beberapa kemampuan yang cukup menonjol sehingga mampu masuk ke dalam kategori 7 antivirus terbaik untuk laptop, gratis dan ampuh. Yuk simak kelebihan anti virus minimalis ini:

antivirus gratis terbaik
  • Perlindungan yang kuat terhadap malware: Malwarebytes Free memiliki tingkat deteksi virus dan malware yang sangat baik dan memberikan perlindungan yang kuat terhadap serangan malware.
  • Scan cepat: Malwarebytes Free memiliki fitur scan cepat yang akan memindai laptop Anda dengan cepat dan efisien, sehingga Anda dapat memastikan bahwa laptop Anda bebas dari malware.
  • Berkualitas tinggi: Malwarebytes Free memiliki teknologi deteksi malware yang canggih dan berkualitas tinggi, yang membuat perlindungan laptop Anda lebih baik dan lebih efisien.
  • Pembersihan sistem: Malwarebytes Free juga menawarkan fitur pembersihan sistem yang akan membersihkan file-file sampah dan malware yang mungkin telah menyebar di sistem Anda.
  • Antarmuka mudah digunakan: Malwarebytes Free memiliki antarmuka yang mudah digunakan dan tidak memakan banyak sumber daya sistem, sehingga tidak akan memperlambat kinerja laptop.
  • Gratis: Malwarebytes Free adalah solusi anti-virus gratis yang berkualitas tinggi, yang membuat perlindungan laptop Anda lebih mudah dan lebih terjangkau.
  • Kompatibilitas: Malwarebytes Free dapat digunakan bersama dengan anti-virus lainnya, sehingga Anda dapat memastikan bahwa laptop Anda memiliki perlindungan ganda terhadap serangan malware.

Kesimpulan

Norton – Software anti virus windows terbaik di pasaran
Bitdefender – memiliki engine anti virus yang lebih maju dan tool anti-phising dengan efek pengaruh yang minimal pada sistem operasi Windows
Avira – Scan malware berbasis cloud dengan optimasi sistem yang lebih baik
Panda – Proteksi terhadap virus yang sangat kuat dengan fitur tambahan yang cukup baik (mode gaming)
TotalAV – Cocok untuk pemula, memiliki antar muka yang sangat intuitif

Semua antivirus ini memiliki fitur yang baik untuk melindungi laptop dari berbagai ancaman seperti malware, virus, spyware, dan phishing. Pilihlah antivirus yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Namun, pastikan untuk tidak menginstall lebih dari satu antivirus pada laptop karena ini bisa menyebabkan konflik dan mengurangi kinerja laptop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *