Cara Mengembalikan File yang Terhapus dari “Emptied Trash” di Mac

4 min read

Cara Mengembalikan File yang Terhapus dari "Emptied Trash" di Mac

Pernahkah Anda menemukan diri Anda dalam situasi di mana Anda secara tidak sengaja menghapus file atau dokumen penting Anda ke Tempat Sampah Mac, lalu mengosongkannya, hanya untuk menyadari bahwa Anda masih memerlukan file tersebut?

Situasi seperti ini bisa sangat menjengkelkan dan membuat stres. Namun, jangan khawatir! Di artikel ini, kami akan membahas cara mengembalikan file yang telah dihapus dari Tempat Sampah kosong di Mac Anda dengan bantuan perangkat lunak pemulihan data yang ampuh dan mudah digunakan.

Memulihkan File yang Dihapus dengan Recoverit Data Recovery for Mac

Jika Anda mencari solusi yang efektif dan efisien untuk mengembalikan file yang hilang dari Mac Anda, maka Recoverit Data Recovery for Mac adalah pilihan terbaik Anda. Ini adalah perangkat lunak pemulihan data yang sangat andal dan mudah digunakan yang dirancang khusus untuk platform Mac OS. Dengan lebih dari 550 format file yang didukung, Recoverit dapat mengatasi berbagai jenis file, termasuk dokumen, gambar, video, audio, dan banyak lagi.

Recoverit Data Recovery for Mac mendukung berbagai jenis file, termasuk:

Dokumen: DOC/DOCX, XLS/XLSX, PPT/PPTX, PDF, CWK, HTML/HTM, INDD, EPS, dan lain-lain
File Grafis: JPG, TIFF/TIF, PNG, BMP, GIF, PSD, CRW, CR2, NEF, ORF, dll
Video: AVI, MOV, MP4, M4V, 3GP, 3G2, WMV, ASF, FLV, SWF, dll
File Audio: AIF/AIFF, M4A, MP3, WAV, WMA, MID/MIDI, OGG,AAC, dll
Surel: PST, DBX, EMLX, dll
Jenis File Lainnya: ZIP, RAR, SIT, dll

Tidak peduli jenis file apa yang Anda butuhkan, Recoverit memiliki kemampuan untuk mengembalikannya dengan mudah. Ini memastikan bahwa tidak ada file yang hilang untuk selamanya, bahkan setelah Anda mengosongkan Tempat Sampah Mac.

BACA JUGA:   Cara Membersihkan dan Mengoptimalkan Kinerja Mac

Keuntungan Menggunakan Recoverit Data Recovery for Mac

Ada beberapa keuntungan yang membuat Recoverit Data Recovery for Mac menjadi pilihan utama dalam pemulihan data:

  • Sisi Keamanan: Recoverit Data Recovery for Mac aman digunakan. Anda tidak perlu khawatir tentang virus atau malware yang dapat merusak data Anda. Perangkat lunak ini telah diuji dan dijamin bebas dari virus.
  • Kecepatan: Recoverit memiliki kemampuan untuk memindai komputer Mac Anda dengan cepat. Dengan algoritma pemulihan yang canggih, perangkat lunak ini dapat mengembalikan file dengan efisiensi tinggi.
  • Interface yang User-friendly: Antarmuka pengguna Recoverit sangat ramah pengguna dan intuitif. Anda tidak perlu menjadi ahli dalam pemulihan data untuk menggunakannya. Langkah-langkahnya sederhana dan mudah diikuti.
  • Dukungan Teknis Gratis: Recoverit Data Recovery for Mac menyediakan dukungan teknis gratis. Jika Anda mengalami kesulitan atau memiliki pertanyaan, tim dukungan mereka siap membantu Anda.

Bagaimana Cara Kerja Recoverit Data Recovery for Mac

Pemulihan data dengan Recoverit Data Recovery for Mac sangat mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Menonaktifkan Perlindungan Integritas Sistem (hanya untuk MacOS High Sierra 10.13).
  2. Unduh dan Instal Recoverit Data Recovery for Mac: Anda dapat mengunduh perangkat lunak ini dari situs web resmi mereka. Proses instalasi sederhana dan cepat.
  3. Pilih Mode Pemulihan: Ketika perangkat lunak diinstal, jalankan programnya dan pilih “Pemulihan Tempat Sampah” dari berbagai fitur yang ditawarkan.
  1. Mulai Pemulihan: Klik pada tombol “Mulai”, dan perangkat lunak akan melakukan analisis awal untuk mencari file yang dapat dipulihkan.
  1. Pilih File yang Ingin Dipulihkan: Setelah pemindaian selesai, semua file yang ditemukan akan ditampilkan. Anda dapat melihatnya satu per satu untuk memutuskan file mana yang ingin Anda pulihkan.
  1. Simpan File yang Dipulihkan: Terakhir, pilih file yang ingin Anda pulihkan dan simpan ke lokasi yang aman, bukan ke lokasi aslinya untuk menghindari penimpaan data.

Fitur Tambahan yang Disediakan oleh Recoverit Data Recovery for Mac

Recoverit Data Recovery for Mac bukan hanya alat yang bagus untuk mengembalikan file yang hilang dari Tempat Sampah kosong, tetapi juga dapat digunakan dalam berbagai situasi lain, termasuk:

  • Mengembalikan Data dari Perangkat Penyimpanan Eksternal: Anda dapat menggunakan Recoverit untuk mengembalikan data dari perangkat USB, kartu memori, kartu SD, dan perangkat penyimpanan eksternal lainnya.
  • Mengatasi Kehilangan Partisi Disk: Jika Anda kehilangan partisi disk, Recoverit juga dapat membantu Anda mengembalikan data yang hilang.
  • Pemulihan dari Serangan Virus: Jika Anda mengalami serangan virus yang menghapus atau merusak data Anda, Recoverit dapat membantu Anda mengembalikan file yang terkena dampak.
  • Mengatasi Kegagalan Sistem: Jika Anda mengalami kegagalan sistem yang membuat akses ke beberapa file menjadi tidak mungkin, Recoverit dapat membantu Anda memulihkan data tersebut.
  • Mengatasi Masalah dengan Data Time Machine: Jika Anda mengalami masalah dengan data yang disimpan oleh Time Machine, Recoverit dapat membantu Anda memulihkan data tersebut.
BACA JUGA:   Panduan Lengkap Membuat dan Menggunakan File Zip

Apa Kata Pengguna tentang Recoverit Data Recovery for Mac

Recoverit Data Recovery for Mac telah digunakan oleh lebih dari 5.000.000 pengguna di seluruh dunia, dan feedback positifnya dapat ditemukan di berbagai situs web, blog, dan video YouTube. Pengguna-pengguna ini telah memuji kemampuan pemulihan data yang andal dan kemudahan penggunaan perangkat lunak ini.

Biaya Penggunaan Recoverit Data Recovery for Mac

Berita baiknya adalah bahwa Recoverit Data Recovery for Mac menawarkan versi percobaan gratis yang memungkinkan Anda memulihkan hingga 100 MB data. Ini adalah cara yang baik untuk mencoba perangkat lunak ini sebelum memutuskan untuk membeli lisensi penuhnya.

Recoverit Data Recovery for Mac memiliki beberapa pilihan berlangganan, termasuk rencana berbayar selama satu tahun. Namun, ada juga opsi berlangganan seumur hidup yang memiliki perbedaan harga yang sangat kecil dengan rencana berbayar satu tahun. Dengan memilih berlangganan seumur hidup, Anda akan mendapatkan akses tak terbatas ke semua fitur dan kemampuan pemulihan data yang ditawarkan oleh Recoverit.

Bagaimana Cara Menghindari Kehilangan Data di Mac

Selain mengetahui cara mengembalikan data yang hilang, sangat penting untuk memahami bagaimana mencegah kehilangan data di Mac Anda. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda menjaga data Anda tetap aman:

  1. Lakukan Backup Rutin
    Backup adalah salah satu cara terbaik untuk melindungi data Anda. Pastikan Anda secara rutin melakukan backup semua data penting Anda, termasuk dokumen, foto, video, dan file lainnya. Mac memiliki fitur Time Machine yang memudahkan Anda untuk membuat backup otomatis. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan layanan cloud atau perangkat penyimpanan eksternal sebagai tambahan.
  2. Hati-hati Saat Menghapus File
    Sebelum menghapus file dari Mac Anda, pastikan bahwa Anda benar-benar tidak memerlukan file tersebut. Jika Anda merasa ragu, lebih baik memindahkan file tersebut ke folder khusus sebagai cadangan daripada menghapusnya secara permanen.
  3. Gunakan Perangkat Lunak Keamanan
    Instal perangkat lunak keamanan yang andal dan perbarui secara teratur. Ini akan membantu melindungi Mac Anda dari ancaman virus dan malware yang dapat merusak atau menghapus data Anda.
  4. Hindari Eksperimen yang Berbahaya
    Hindari eksperimen yang berbahaya di Mac Anda, seperti mengedit registri atau menghapus file sistem yang penting. Tindakan semacam itu dapat menyebabkan kehilangan data atau bahkan kerusakan sistem.
  5. Perhatikan Kesehatan Hard Drive
    Periksa secara berkala kesehatan hard drive Anda. Mac memiliki utilitas bawaan yang memungkinkan Anda untuk memeriksa kondisi hard drive Anda. Jika Anda mendeteksi masalah, segera ambil tindakan untuk mengganti atau memperbaiki hard drive.
  6. Gunakan Password yang Kuat
    Pastikan Anda menggunakan kata sandi yang kuat untuk melindungi Mac Anda. Ini akan membantu melindungi data Anda dari akses yang tidak sah.
  7. Berhati-hati Saat Mengunduh dan Menginstal
    Hati-hati saat mengunduh dan menginstal perangkat lunak atau file dari internet. Pastikan sumbernya tepercaya dan hindari mengunduh dari situs yang mencurigakan yang mungkin mengandung malware.
BACA JUGA:   Menampilkan Ekstensi File (Windows / Mac)

Kesimpulan

Menghapus file dari Tempat Sampah kosong di Mac mungkin tampak seperti kehilangan data yang tak terhindarkan, tetapi dengan bantuan perangkat lunak pemulihan data yang kuat seperti Recoverit Data Recovery for Mac, Anda dapat mengembalikan file yang hilang dengan mudah. Selain itu, dengan mengikuti praktik-praktik terbaik untuk menjaga keamanan data Anda dan mencegah kehilangan data,

Anda dapat menjaga data berharga Anda tetap aman. Jangan biarkan kehilangan data mengganggu produktivitas Anda, dan selalu siap untuk menghadapinya dengan solusi pemulihan data yang andal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *