Mengatasi Masalah SSD Eksternal yang Tidak Terdeteksi di Mac

2 min read

ssd not detect in mac

Mac adalah sistem komputer yang populer di seluruh dunia, dikenal karena kinerja yang andal dan sistem operasi yang efisien. Banyak pengguna Mac mengandalkan perangkat ini untuk berbagai tugas, termasuk penyimpanan dan manajemen data mereka. Salah satu perangkat yang sering digunakan adalah SSD eksternal, yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan data tambahan dengan mudah dan cepat.

ssd not detect in mac

Namun, seperti semua perangkat keras komputer, SSD eksternal juga dapat menghadapi masalah, salah satu yang paling umum adalah ketika SSD tidak terdeteksi oleh macOS. Masalah ini dapat terjadi karena berbagai alasan, dan dalam artikel ini, kita akan menjelajahi tiga solusi yang efektif untuk mengatasi masalah ini.

Periksa Koneksi SSD Eksternal

Masalah yang paling umum terjadi ketika SSD eksternal tidak terdeteksi adalah koneksi yang tidak benar atau kabel yang rusak. Kabel USB atau Thunderbolt yang rusak atau longgar dapat menyebabkan Mac tidak mampu mengenali perangkat penyimpanan eksternal. Oleh karena itu, langkah pertama yang harus Anda ambil adalah memeriksa koneksi fisik antara SSD dan Mac Anda.

  1. Cabut kabel dari SSD eksternal dan port USB atau Thunderbolt pada laptop Mac, kemudian sambungkan kembali dengan hati-hati. Pastikan kabel terpasang dengan benar dan kuat pada kedua ujungnya.
  2. Jika memungkinkan, coba menggunakan kabel yang berbeda. Kabel yang rusak adalah penyebab yang umum terjadi saat Mac tidak dapat mendeteksi SSD eksternal.
  3. Cobalah menghubungkan SSD eksternal ke komputer Mac lain, jika ada yang tersedia. Ini akan membantu Anda memastikan apakah masalahnya ada pada SSD atau komputer Anda.
BACA JUGA:   Tips Memilih SSD yang Tepat untuk Kebutuhan

Memperbaiki SSD Eksternal Menggunakan Disk Utility

Jika koneksi sudah diperiksa dan terbukti berfungsi dengan baik, kemungkinan masalahnya adalah pada SSD itu sendiri. Salah satu masalah yang umum ditemukan adalah kerusakan sistem file di SSD eksternal. Untungnya, Mac memiliki alat bawaan yang dapat membantu Anda mengatasi masalah ini, yaitu Disk Utility.

  1. Buka Disk Utility yang ada di macOS. Anda dapat menemukannya di folder “Utilities” dalam folder “Applications” atau cukup mencarinya menggunakan Spotlight.
  2. Di panel sebelah kiri Disk Utility, Anda akan melihat daftar perangkat penyimpanan yang terhubung ke laptop Mac. Temukan SSD eksternal yang tidak terdeteksi dalam daftar ini.
  3. Klik pada SSD eksternal tersebut, kemudian klik pada tab “First Aid” di bagian atas jendela Disk Utility.
  4. Klik tombol “Run” untuk memulai proses perbaikan. Disk Utility akan mencoba mengatasi kerusakan sistem file yang ada di SSD.
  5. Setelah proses selesai, restart Mac dan lihat apakah SSD eksternal sekarang terdeteksi.

Jika proses ini berhasil, SSD eksternal seharusnya sudah dapat diakses kembali di Mac. Namun, jika masih tidak terdeteksi, Anda mungkin perlu mencoba solusi lain.

Reformat SSD Eksternal Tanpa Kehilangan Data

Jika kedua solusi sebelumnya tidak berhasil, Anda mungkin perlu mempertimbangkan untuk memformat ulang SSD eksternal. Namun, ini adalah tindakan yang drastis dan dapat menyebabkan kehilangan data jika tidak dilakukan dengan hati-hati. Sebelum Anda memutuskan untuk memformat ulang SSD, pastikan Anda telah mencadangkan semua data penting yang ada di dalamnya.

Jika Anda telah membackup data, berikut adalah langkah-langkah untuk memformat ulang SSD eksternal tanpa kehilangan data:

  1. Buka Disk Utility seperti yang dijelaskan dalam Solusi 2.
  2. Di panel sebelah kiri Disk Utility, pilih SSD eksternal yang ingin Anda format ulang.
  3. Klik pada tab “Erase” di bagian atas jendela Disk Utility.
  4. Anda akan diberikan beberapa opsi pengaturan ulang. Pilih nama untuk SSD Anda, pilih format yang Anda inginkan (biasanya “Mac OS Extended (Journaled)” atau “APFS” untuk macOS Catalina atau yang lebih baru), dan berikan label untuk SSD Anda jika diinginkan.
  5. Klik tombol “Erase” untuk memulai proses pengaturan ulang. Disk Utility akan menghapus semua data dari SSD dan memformatnya sesuai dengan pengaturan yang Anda pilih.
  6. Setelah pengaturan ulang selesai, SSD eksternal Anda akan kosong dan siap digunakan kembali. Anda dapat memulihkan data yang Anda cadangkan ke dalamnya.
BACA JUGA:   Menampilkan Ekstensi File (Windows / Mac)

Pemulihan Data Setelah Pengaturan Ulang

Jika Anda lupa mencadangkan data dari SSD eksternal sebelumnya dan telah melakukan pengaturan ulang, semua harapan belum hilang. Anda masih memiliki peluang untuk memulihkan data Anda menggunakan software pemulihan data seperti iBoysoft Data Recovery for Mac.

  1. Unduh iBoysoft Data Recovery for Mac dari situs web resmi mereka dan instal di Mac Anda.
  2. Buka program iBoysoft Data Recovery dan pilih SSD eksternal yang telah diatur ulang sebagai sumber pemulihan.
  3. Pilih opsi “Deep Scan” untuk melakukan pemindaian mendalam yang akan mencari file yang telah dihapus atau hilang.
  4. Setelah pemindaian selesai, iBoysoft Data Recovery akan menampilkan daftar file yang dapat dipulihkan. Anda dapat melihat dan memilih file yang ingin Anda pulihkan.
  5. Klik tombol “Recover” dan pilih lokasi untuk menyimpan file yang dipulihkan. Pastikan Anda menyimpannya di tempat yang berbeda dengan SSD eksternal yang telah diatur ulang.
  6. Setelah pemulihan selesai, Anda akan memiliki akses kembali ke data Anda yang hilang.

Kesimpulan

SSD eksternal adalah alat yang berguna untuk penyimpanan tambahan pada Mac Anda, tetapi mereka juga dapat menghadapi masalah. Jika Anda mengalami masalah dengan SSD eksternal yang tidak terdeteksi di Mac Anda, jangan panik. Dengan langkah-langkah yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah tersebut dan mengakses kembali data Anda.

Ingatlah untuk selalu mencadangkan data Anda secara teratur untuk menghindari kehilangan data yang tidak diinginkan. Dalam kasus terburuk, Anda dapat memanfaatkan perangkat lunak pemulihan data untuk mencoba memulihkan file yang hilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *