Cara Mengembalikan Data di Ponsel setelah Factory Reset

2 min read

cara restore data di hp android setelah factory reset

“Bisa gak sih data di ponsel balik lagi abis factory reset?”, pertanyaan semacam ini kerap penulis dapatkan dari pesan WhatsApp. Sebelum menjawab pertanyaan yang mudah tetapi jawabannya yang rumit ini, penulis mencoba memberikan gambaran mengapa ponsel perlu direset ulang ke setingan pabrik atau istilah kerennya factory reset.

Factory reset atau setel ulang pabrik merupakan solusi terakhir yang disarankan untuk ponsel Anda untuk menghilangkan bug yang mengganggu kenyamanan saat menggunakan ponsel. Keuntungan dari melakukan factory reset juga bisa membuat ponsel menjadi lebih gegas terlebih ponsel selalu menyala tanpa diberi nafas untuk mereset dirinya sendiri melalui proses reboot.

Hanya saja, saat Anda mengatur ulang ponsel ke pengaturan pabrik atau factory reset, maka Anda sepenuhnya menghapus semua data yang tersimpan di ponsel, kecuali di microSD, seperti aplikasi, dokumen, foto, video, dan lain-lain. Untuk itu sebelum melakukan proses factory reset, hal yang pertama kali Anda harus lakukan adalah mem-backup semua data yang ada di ponsel.

restore data after factory reset

Baca juga: Tips dan Trik Seputar Smartphone Android

Namun terkadang belum sempat dibackup datanya, ponsel mengalami kejadian yang tidak diinginkan seperti tetiba bootloop, stuck di logo, dan lain-lain. Tentu saja hal ini sangat menjengkelkan dan akhirnya mau tidak mau proses factory reset dilakukan agar ponsel bisa bekerja kembali dengan baik.

Disinilah kadang Anda merasa sedih karena data yang ada di ponsel terhapus yang akhirnya muncul pertanyaan apakah Anda dapat memulihkan data yang terhapus akibat factory reset?. Untuk itu penulis mencoba menjawab pertanyaan tersebut untuk Anda.

Apakah Data Hilang?

Yuk simak: Ini cara cerdas menghemat kuota data di smartphone

Saat kita meng-install software atau menambahkan data ke storage penyimpanan ponsel lalu file tersebut “dihapus”, file data tersebut sebenarnya tidak pernah terhapus sepenuhnya. File data, sederhananya, dibuat tidak terlihat oleh sistem setelah proses reset tersebut karena “dimatikan”.

Hal ini dikarenakan sistem tidak lagi menunjukkan kepada kita file apa pun lagi selain file-file atau data setelah factory reset. Dengan demikian, kita tidak bisa lagi mengakses file setelah reset.

Namun, semua file data masih ada dan dapat dipulihkan juga. Untuk itu dibutuhkan alat pemulihan data atau tool recovery data yang banyak tersedia untuk membantu mengaktifkan kembali file-file yang “dimatikan” tersebut agar dapat diakses kembali.

Jadi, ada kemungkinan untuk memulihkan file data setelah proses factory reset. Namun, hal ini membutuhkan proses yang cukup rumit dengan tingkat keberhasilan yang bervariasi.

Dapatkah Data dipulihkan setelah Factory Reset?

Untuk pertanyaan ini, jawabannya adalah Iya. Hanya saja Anda mungkin tidak bisa memulihkan kesemua file data, bisa memulihkan sebagian apalagi file data penting tentu terdengar bagus, bukan?

Baca juga: Begini cara lengkap reset hp Samsung Galaxy S10 Plus

Seperti Anda tahu, melakukan penyetelan ulang pabrik atau factory reset akan menghapus semua data di ponsel. Walaupun demikian, jika hal ini benar-benar terjadi masih ada harapan tersisa terlebih jika Anda ingin mendapatkan kembali data penting yang ada di ponsel. Untuk melakukan hal ini, diperlukan proses yang sedikit tricky dan ponsel harus di-root sebelum Anda mencoba dan menggunakan aplikasi recovery data untuk memulihkan data yang hilang.

Software yang fokus untuk memulihkan data dapat membantu Anda memulihkan data yang terhapus dari ponsel Android. Aplikasi ini akan melakukan proses scanning terlebih dahulu lalu memulihkan sembarang data yang ada di ponsel.

Bagaimana Cara membatalkan Penghapusan Dan memulihkan Data

Sebenarnya untuk melakukan proses ini membutuhkan software dan orang yang mempunyai keahlian memulihkan data. Dan itupun tidak semua data akan pulih, kebanyakan data yang pulih hanya sebagian dan sebagian besar lainnya telah corrupt atau rusak.

Berdasarkan pengalaman penulis, memulihkan data dari ponsel yang telah mengalami factory reset cukup sulit bahkan terkesan tidak mungkin bagi pengguna awam dikarenakan kompleksnya proses recovery data. Hanya orang-orang tertentu dan memiliki tool khusus yang bisa melakukannya, dan biasanya biaya yang dipatok cukup besar.

Jika Anda mengandalkan tool data recovery gratisan yang ada di hasil pencarian Google atau Play Store, maka faktor keberuntungan sangat dibutuhkan. Dan yang pasti hal ini sangat menyita waktu, tenaga serta biaya.

Pemulihan data atau file dari ponsel Android yang telah mengalami penyetelan ulang pabrik atau factory reset bisa dilakukan meskipun membutuhkan proses yang rumit. Untuk itu, jika data di ponsel dirasa penting, lakukan backup secara regular melalui cloud backup ataupun manual backup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *