Cara Root dan Install Recovery TWRP pada Redmi Note 7 Pro

2 min read

cara install TWRP dan root pada redmi note 7 pro

Seperti seri Hp Redmi Note sebelumnya, varian Pro selalu ditunggu para penggemar karena membawa spesifikasi di atas versi standarnya. Dan hal ini berlaku juga pada Redmi Note 7, di mana seri Pro yang dinamakan Redmi Note 7 Pro akhirnya dirilis dengan spesifikasi prosesor Snapdragon 675 dan kamera 48 Megapixels dari Sony. Ponsel ini pun semakin banyak diminati para penggemar terlebih sekarang sudah bisa di instal recovery TWRP dan root.

Keuntungan dari pemasangan custom recovery TWRP adalah adanya opsi untuk membackup NAND memori Hp secara keseluruhan, sehingga jika ada kesalahan langsung bisa melakukan restore dari backup tersebut.

Sedangkan untuk akses root, biasanya yang digunakan untuk melakukan root pada Hp Android adalah dengan menggunakan magisk karena memiliki banyak fitur seperti modul yang lebih lengkap dan bisa menyembunyikan kondisi Hp telah diroot pada satu aplikasi meskipun untuk aplikasi perbankan terkadang masih belum lancar.

Untuk itu dalam artikel ini, kami mencoba untuk memberikan panduan bagaimana melakukan proses pemasangan recovery TWRP dan root pada seri Redmi Note paling mutakhir ini.

Bugs yang Terkonfirmasi

Redmi Note 7 merupakan perangkat android yang masih baru, sehingga recovery TWRP yang tersedia pun masih baru juga dan versi tidak resmi dari developer TWRP. Meskipun demikian, untuk fitur standar, recovery sudah bisa digunakan dengan baik. Di mana fitur yang masih memiliki bung adalah fitur MTP dan tidak bisa digunakan untuk flashing ROM MIUI yang dienkripsi.

Baca juga: 10+ Aplikasi Pembersih RAM Terbaik untuk Android

Semoga dalam waktu dekat, seiring dengan kepopulerannya, versi resmi TWRP untuk Redmi Note 7 Pro akan dirilis dengan fitur yang lengkap.

Persyaratan

  • Smartphone Redmi Note 7 Pro dengan bootloader yang telah ter-unlock. Jika belum, silakan ajukan rikues ke pihak Xiaomi langsung melalui Web. Ingat, hal ini harus dilakukan terlebih dahulu, jangan dilewati begitu saja. Karena jika hal ini tidak dilakukan, dan Hp terlanjur diflash dengan ROM lain, maka potensi had bricked sangat besar terjadi, untuk menghidupkannya kembali membutuhkan kemampuan hardware yang mumpuni karen harus membongkar smartphone dan melakukan Test poin pada titik-titik tertentu. Jadi, tolong pastikan smartphone sudah BENAR-BENAR tar-unlock dengan sempurna.
  • PC atau laptop yang sudah terpasang program ADB dan Fastboot.
  • Pastikan mode USB Debugging dan OEM Unlock di opsi Developer pada hp Redmi Note 7 Pro sudah ENABLE. Caranya dengan masuk ke Settings > About Phone dan tap kolom versi MIUI sebanyak 7 kali. Setelah itu opsi developer bisa diakses melalui menu Settings > Additional settings.
  • Pastikan kondisi minimal baterai hp di level 65 persen.

File yang harus didownload

Cara Install TWRP

  • Copy-kan file TWRP yang telah didownload ke folder program ADB.
  • Copy-kan file Magisk ke internal storage smartphone Redmi Note 7 Pro.
  • Hubungkan smartphone ke PC menggunakan kabel USB bawaan dan buka program ADB. Jika di Windows, silakan masuk ke folder ADB, lalu ketik cmd di address bar. Kini terminal window telah siap untuk mengeksekusi perintah ADB dan fastboot ke smartphone.
  • Kini reboot hp ke mode fastboot menggunakan perintah ADB
adb reboot bootloader
cara flash twrp di redmi note 7 pro
  • Jika hp belum pernah terkoneksi ke PC, akan ada pop-up pertanyaan untuk mengijinkan USB debugging, silakan untuk mengijinkannya.
  • Setelah ada di mode fastboot, flash image TWRP yang sudah didownload sebelumnya dengan perintah berikut,
fastboot flash recovery twrp_violet.img 
  • Kini reboot hp menggunakan perintah ADB di bawah ini
fastboot reboot

Cara Root Redmi Note 7 Pro

Setelah sukses menginstall recovery TWRP ke Redmi Note 7 Pro, tidak afdol rasanya jika tidak sekalian melakukan root. Akses root ini biasanya dibutuhkan untuk menginstall aplikasi tertentu yang membutuhkan akses ke system seperti Google Camera atau GCam yang sangat populer dikalangan penyuka fotografi ponsel. Untuk itu, yuk simak bagaimana caranya.

  • Hubungkan kembali smartphone dengan PC menggunakan kabel USB bawaan kemudian berikan perintah ADB berikut ini untuk masuk ke mode recovery TWRP yang baru saja diinstall
adb reboot recovery
  • Setelah berada di recovery TWRP, lakukan backup NANDroid sebagai tindakan berjaga-jaga jika ada kesalahan langkah atau ingin kembali ke kondisi hp sebelumnya. Untuk melakukan ini, silakan masuk ke opsi Backup kemudian piilih semua opsi partisi. Kemudian geser layar ke bawah untuk memulai proses backup.
  • Kini kamu bisa melanjutkan dengan proses root pada hp, caranya dengan memilih opsi Install yang ada di recovery TWRP.
  • Kemudian pilih file zip Magisk, kemudian geser ke bawah untuk memulai proses flash file zip magisk.
  • Setelah proses flash selesai, kini reboot smartphone dengan memilih menu reboot.

Setelah proses reboot selesai, kamu bisa memverifikasinya dengan menginstall aplikasi root checker untuk memastikan root telah terpasang dengan sempurna.

Root Checker
Root Checker
Developer: joeykrim
Price: Free+

Demikianlah proses instalasi recovery TWRP di smartphone Redmi Note 7 Pro yang dilanjutkan dengan melakukan root menggunakan file ZIP Magisk. Setelah ini , kamu bisa lanjutkan dengan memasang Gcam, atau menambah module magisk serta jika perlu flash smartphone dengan custom ROM lain. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *