Cara Install Google Camera di OnePlus 7 Pro

3 min read

Cara Pasang GCam tanpa root

Google Camera atau sering disingkat juga dengan GCam mungkin akan menjadi salah satu aplikasi kamera yang paling banyak diunduh di Play Store jika tersedia untuk semua smartphone android. Hanya saja hal ini untuk sementara ini belum bisa terwujud dikarenakan pemasangan aplikasi GCam di hp android memerlukan trik tersendiri.

Saat smartphone OnePlus 7 Pro dirilis ke publik, pihak OnePlus menjanjikan kualitas hasil jepretan dari kamera andalan mereka ini sudah lebih baik dari para kompetitornya. Meskipun demikian, masih banyak pengguna hp keren ini menginginkan dan bahkan sedikit penasaran bagaimana jika aplikasi GCam terpasang di salah satu ponsel andalan OnePlus, dan keinginan kamu itu akan terwujud karena dalam artikel kali ini, kami akan berbagi trik cara instal Google Camera di OnePlus 7 Pro.

Kepopuleran Google Camera telah banyak menghipnotis banyak Frans android dan cerita sukses pemasangan di banyak smartphone android pun bertebaran bak cendawan di musim hujan. Seolah ingin mengajak atau bisa dikatakan “mengejek” para pengguna android lainnya, mereka yang telah sukses memasang GCam di hp android juga membagikan hasil jepretan kamera ponsel sebelum dan setelah instalasi GCam, dan disitu terlihat adanya peningkatan kualitas gambar yang cukup signifikan dan akhirnya banyak diidamkan oleh para penghobi mobile fotografi.

Cara Pasang GCam tanpa root
Install GCam tanpa Root

Hal ini sebenarnya bisa dimaklumi, karena Google Camera merupakan aplikasi yang awalnya hanya dikhususkan untuk lini smartphone Google sendiri yaitu Google Pixel. Sebelumnya aplikasi GCam hanyalah aplikasi kamera pada umumnya, tetapi sejak Google mengenalkan adanya fitur tambahan seperti HDR+ dan teknologi fotografi yang lebih baik di Google Pixel, kondisinya berbalik 180 derajat, di mana banyak pengembang android independen yang berusaha memporting aplikasi kamera andalan Google ini ke banyak jenis dan merk smartphone android di luar Google Pixel.

BACA JUGA:   Fungsi Aplikasi TV dan Manfaat Android TV Box

Google Camera sudah luas digunakan untuk ponsel android mulai dari hp dengan harga yang kompetitif (baca: murah) hingga ponsel andalan para pabrikan android. Mulai dari Xiaomi Mi A1, Mi A2, Redmi Note 5 Pro, Poco F1, OnePLus 6/6T, Galaxy S9, Galaxy Note 9, Galaxy S10, dan Razer Phone 2 yang mana sudah memiliki fitur kamera HDR+ dan mode night sight.

Aplikasi Google Camera di Smartphone OnePlus 7 Pro

Smartphone OnePlus 7 Pro merupakan lini andalan dari pabrikan hp android asal China yang beroperasi dari kota Shenzhen. Ponsel ini memiliki hardware kamera yang sangat mumpuni ditunjang dengan aplikasi kamera bawaan yang mempunyai berbagai fitur keren yang memanjakan para penghobi Mobile fotografi. Dibekali dengan sistem tiga kamera yang tentu saja lebih banyak dibandingkan kamera di Google Pixel sehingga bisa dikatakan tidak pas rasanya jika kedua ponsel ini dibandingkan. Meskipun demikian, pemrosesan gambar di Google Pixel dengan satu kamera masih lebih unggul walaupun disandingkan dengan smartphone yang sudah memiliki tiga atau empat kamera di belakangnya.

Rahasia dari kerennya hasil jepretan aplikasi Google Camera di smartphone non-Pixel ternyata tidak hanya berasal dari aplikasi kamera itu sendiri, juga adanya teknologi pemrosesan gambar yang dikemas sedemikian rupa dan dijadikan satu dalam bentuk file APK GCam.

Baca Juga: Cara Install Recovery TWRP dan Root Realme 3 Pro

Cara instal Google Camera dibanyak hp android biasanya cukup dengan melakukan instalasi manual menggunakan file APK. Namun untuk beberapa perangkat android yang lain, dibutuhkan file konfigurasi yang secara khusus hanya diperuntukkan bagi hp tersebut saat setup kamera. File konfigurasi ini akan membantu aplikasi GCam tampil optimal guna memberikan hasil jepretan kamera terbaik.

BACA JUGA:   Cara Mengganti Tema WhatsApp

File APK GCam dan Konfigurasi Google Camera untuk OnePlus 7 Pro

Sebelum melakukan proses pemasangan aplikasi GCam di hp OnePlus 7 Pro, ada dua file yang harus kamu download terlebih dahulu.

  • File APK GCam untuk OnePlus 7 Pro, Unduh di SINI atau INI.
  • File Konfigurasi, download di SINI atau INI.

Cara Install Google Camera di OnePlus 7 Pro

Pemasangan GCam di OnePlus 7 Pro cukup mudah karena diinstall tanpa root dan tanpa bantuan komputer PC atau laptop. Instalasi hanya menggunakan file APK dan file konfigurasi yang sudah disediakan di atas.

  1. Download file APK GCam untuk OnePlus 7 Pro dari tautan link di atas.
  2. Setelah proses download selesai, lakukan pemasangan file APK dengan men-tap notifikasi yang muncul di hp.
Cara pasang Google Camera di OnePlus 7 Pro
Cara Pasang Gcam tanpa Root
  • Sekarang download file konfigurasi GCam untuk smartphone OnePlus 7 Pro dari tautan link di atas.
  • Setelah proses download selesai, buka aplikasi File Manager dan arahkan ke folder Download di mana biasanya dijadikan folder default untuk setiap file yang diunduh dari Internet.
  • Kini tekan dan tahan agak lama file konfigurasi yang telah diunduh, kemudian lakukan pemindahan atau copy-kan file tersebut ke folder baru yang dinamakan GCam.
  • Folder GCam harus diletakkan di direktori root storage internal.
  • Kemudian di dalam folder GCam, buat folder baru dengan nama Configs.
  • Kini buka folder Configs, lalu tempel atau paste-kan file konfigurasi GCam OnePlus 7 Pro.
File konfigurasi Gcam OnePlus 7 Pro
Install GCam OnePlus 7 Pro

Konfigurasi Aplikasi Google Camera

Setelah cara instal Gcam di OnePlus 7 Pro selesai dilakukan, yang tidak kalah penting untuk memastikan aplikasi berjalan dengan sempurna dan sesuai dengan harapan adalah dengan melakukan konfigurasinya. Tapi jangan khawatir, prosesnya cukup singkat dan mudah.

  • Buka aplikasi Google Camera.
  • Tap dua kali di manapun di area berwarna hitam di bagian bawah layar.
  • Jendela pop-up akan muncul dengan file konfigurasi telah dipilih, tap tombol Restore.
BACA JUGA:   Cara Root dan Unlock Bootloader Smartphone OnePlus 7 Pro

Pilihan Editor: Download File Magisk Zip Terbaru dan APK Magisk Manager

Demikianlah cara install dan konfigurasi aplikasi Google Camera tanpa root dan tanpa bantuan komputer PC atau laptop di smartphone OnePlus 7 Pro. Tentunya aplikasi GCam akan memberi hasil jepretan foto terbaik, kamu juga bisa melakukan editing foto yang dihasilkan oleh aplikasi GCam dengan beberapa aplikasi edit foto terbaik pilihan tim masivo. Jika efek bokeh dirasa kurang maksimal, gunakan saja kumpulan aplikasinya di sini.
Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di trik android kekinian lainnya. Sampai jumpa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *