Aplikasi Pembersih RAM Terbaik untuk Android

6 min read

aplikasi pembersih ram hp android

Aplikasi pembersih RAM sangat dibutuhkan di komputer termasuk smartphone. Seperti Kita tahu, smartphone merupakan sebuah komputer mini yang memudahkan hidup dan dipenuhi dengan informasi. Untuk menjaga kinerja hp agar tetap kencang dan ringan dibutuhkan tool untuk menghapus file-file sampah.

Kondisi lemot dan berat biasanya terjadi setelah perangkat digunakan sekian lama.

Saat beroperasi, perangkat komputer maupun Android menghasilkan banyak file sampah atau cache yang masih tersimpan di RAM. Kondisi seperti ini lah yang akan menyebabkan perangkat menjadi berat, dan memerlukan tindakan lanjutan untuk menghilangkan file-file tidak berguna tersebut.

Baca juga: Aplikasi Chatting terbaru untuk bisnis

Namun pekerjaan bersih-bersih ini tentunya tidak dilakukan secara manual. Cukup dengan menggunakan aplikasi pembersih RAM yang dapat membersihkan file cache atau sampah yang nyangkut di RAM.

Aplikasi Pembersih RAM Terbaik

Maka dari itu, tim perintahdasar mencoba memberikan beberapa pilihan aplikasi untuk membersihkan RAM yang tersedia di Google Play Store.

Super Cleaner

Aplikasi Super Cleaner merupakan pembersih RAM terbaik di android. Selain fungsi dasar tersebut, juga mempunyai fitur penghemat baterai dan anti-virus. Dengan segudang fitur lengkap tersebut, tak salah jika aplikasi ini sudah digunakan oleh lebih dari 85 juta pengguna di seluruh dunia.

aplikasi pembersih ram android

Lalu apa saja fitur lengkap dari Super Cleaner ini?, aplikasi ini ternyata mampu juga digunakan untuk mengoptimalkan kinerja hp, membersihkan virus selains ebagai anti-virus, bisa dgunakan untuk mengunci suatu aplikasi yang kamu anggap penting sehingga tidak bisa dibuka oleh orang lain karena membutuhkan kata kunci, dan ajaibnya lagi aplikasi ini mampu digunakan untuk mendinginkan suhu CPU smartphone.

Cakep bukan fitur-fiturnya?, segera saja download aplikasi ini melalui kotak aplikasi di bawah.

Aplikasi Pembersih RAM Power Clean

Aplikasi yang telah diunduh lebih dari 100 juta pengguna ini memiliki fitur yang cukup keren, yaitu mampu mengidentifikasi dan menghentikan aplikasi yang banyak menguras baterai secara otomatis. Tentu saja hal ini menjadi kabar baik bagi para pengguna hp android yang selalu mengeluhkan masalah ini tetapi tidak tahu harus bagaimana menindaklanjutinya.

download aplikasi membersihkan ram android

Aplikasi besutan LIONMOBI ini juga menawarkan tampilan tanpa iklan selama 3 hari bagi para pengguna baru. Dan untuk bisa menikmati layanan tanpa iklan selanjutnya adalah dengan mengupgrade ke versi berbayar alias premium.

Jadi tertarik untuk menggunakannya di hp android mu?, jika iya, tak ada salahnya untuk klik kotak aplikasi dibawah untuk mengunduhnya langsung ke hapemu.

DU Cleaner

Bagi kamu yang suka dengan aplikasi pembersih RAM dengan tampilan sederhana dan fitur yang langsung ke inti masalahnya, maka DU Cleaner bisa kamu nominasikan untuk diinstall di hp mu.

download aplikasi pembersih ram otomatis

Aplikasi besutan DU Security Labs ini hanya fokus pada menghapus file sampah dan membersihkan cache pada RAM. Tujuan utamanya adalah agar hp tetap ringan, kencang dan bersih dari file-file tak berguna.

Jadi jika kamu pengguna Android yang mencari aplikasi pembersih smartphone tanpa fitur tambahan yang tidak perlu, maka DU Cleaner bisa langsung kamu download dari link di bawah.

Avast Cleanup

Aplikasi pembersih RAM lainnya yang cukup populer di kalangan pengguna android adalah Avast Cleanup. Dengan jumlah unduhan lebih dari 10 juta, tentunya aplikasi ini dipercaya mampu membersihkan file cache dan sampah yang ada di perangkat hp.

aplikasi pembersih ram paling berguna

Kemampuan tersebut akan membuat smartphone menjadi lebih ringan dan cepat saat digunakan. Oh ya, ada fitur yang cukup unik juga yaitu aplikasi Avast Cleanup bisa digunakan untuk menghapus aplikasi bloatware alias aplikasi bawaan dari pabrikan ponsel. Cukup menarik bukan?, jika kamu tertarik, segera saja download melalui link di bawah.

Aplikasi Pembersih RAM AMC Cleaner

Dari beberapa aplikasi pembersih RAM yang ada, ada satu aplikasi dengan fungsi yang sama tetapi dikhususkan untuk para gamer. Aplikasi ini dinamakan AMC Cleaner yang mempunyai fitur utama sebagai game booster. Cara kerjanya dengan menghapus file cache dan sampah, dan ruang yang ada kemudian digunakan untuk membooster kinerja hp saat game dimainkan, khususnya pada game-game berat

download aplikasi pembersih ram otomatis

Jadi untuk para gamer, aplikasi bersih-bersih AMC Cleaner layak menjadi aplikasi yang harus ada di perangkat smartphone. Toh, fitur dasar seperti pembersihan hp dengan sekali sentuh, pembersihan space memori secara mendalam juga ada di aplikasi ini, tentunya ditunjang dengan fitur tambahan lainnya.

Menarik bukan?, jika kamu penasaran bagaimana AMC Cleaner bekerja di smartphone, segera saja install dengan mendownloadnya langsung dari link di bawah.

AVG Cleaner

Sudah kenal AVG khan?, brand ini sudah punya nama di dunia komputer PC. Dan kini dengan nama aplikasi AVG Cleaner, mencoba untuk membantu kami membuat perangkat Android akan bekerja lebih cepat, ringan dan lancar, serta bisa menyimpan lebih banyak data karena mampu melegakan memori dengan cara membersihkan file sampah, dan menghemat baterai.

download aplikasi pembersih sampah hp android

Beragam fitur tersebut seolah menjadi pembenaran karena berdasarkan statistik di Play Store, aplikasi AVG Cleaner telah digunakan oleh lebih dari 50 juta pengguna Android yang ingin menjaga kinerja smartphone Android terasa ringan dan cepat. Ingin mencobanya?, silakan download dari kotak aplikasi di bawah.

Clean Master

Aplikasi yang kerap penulis lihat di hp keluaran Xiaomi adalah Clean Master. Aplikasi ini mampu mengoptimalkan kinerja smartphone menjadi lebih cepat dan ringan dengan cara melakukan pembersihan file cache dan sampah di ruang penyimpanan alias storage.

aplikasi pembersih ram android terbaik

Selain fungsi utamanya, aplikasi pembersih RAM ini juga memiliki fitur tambahan yaitu sebagai antivirus untuk memastikan hp terjaga keamanannya. Asyik juga bukan?, untuk mencobanya cukup dengan merujuk pada link kotak aplikasi di bawah.

Aplikasi Pembersih RAM CCleaner

Tentu sangat familier dengan aplikasi bersih-bersih CCleaner, bukan?, terus terang saja aplikasi CCleaner selalu menjadi teman setia dimana pun PC atau laptop saya gunakan. Kemampuannya membersihkan file sampah, registry dan lain-lain sangat membantu untuk membuat PC dan laptop selalu dalam kondisi prima.

aplikasi pembersih ram tercepat

Dan kini di dunia mobile perangkat Android, CCleaner tersedia dengan fungsi yang sama. Aplikasi ini akan membantu kamu menjaga kinerja perangkat smartphone selalu cepat dan ringan.

Dalam statistik terbaru aplikasi ini sudah digunakan oleh lebih dari 50 juta pengguna untuk menghapus file sampah, membersihkan ruang penyimpanan, membersihkan RAM dan memonitor perangkat Android selalu dalam kondisi aman. Untuk mencobanya langsung saja download aplikasi ini dari kotak aplikasi di bawah.

Aplikasi Pembersih RAM The Cleaner

Seperti namanya, aplikasi ini membantu kamu membersihkan file sampah yang ada di smartphone Android, kamu juga bisa melihat jumlah file sampah saat sedang dihapus. Dan yang terutama, aplikasi ini mampu mempercepat kinerja hp android.

aplikasi pembersih iklan android tanpa iklan

Kemampuan membersihkan RAM ini ternyata dilakukan dengan file yang cukup kecil, hanya berukuran 6 MB. Walaupun ukuran filenya cukup kecil, tetapi sudah dipercaya oleh jutaan pengguna Android. Buktinya dalah statistik terbaru terlihat sudah ada lebih dari 10 juta unduhan sejak kali pertama dirilis pertama kali.

Pengen mencobanya bukan?, langsung saja ke link kotak aplikasi di bawah.

Clean Master Lite

Bagaimana jika memori hp Android yang kamu gunakan tinggal sedikit?, gak usah risau, cukup gunakan aplikasi pembersih RAM yang dinamakan Cleaner Lite.

download aplikasi pembersih sampah android tanpa iklan

Aplikasi ini tidak berbeda dengan aplikasi pembersih lainnya. Walaupun cukup kecil tetapi mampu menjalankan fungsi seperti aplikasi cleaner pada umumnya. Pengen mencobanya, silakan langsung saja lirik link di kotak aplikasi.

Demikianlah review singkat yang bisa saya sampaikan tentang aplikasi pembersih ram android yang ringan dan cepat. Semoga saja review ini bermanfaat dan bisa membantu membersihkan file sampah dengan cepat dan mudah agar kinerja hp android kamu tetap cepat dan terasa ringan.

Tips Membuat RAM Lebih Lega di Android

Ponsel pintar seperti Android sudah mirip menyerupai sebuah komputer karena adanya internal storage dan RAM juga sistem operasi. Hal ini tentu kaidah apa yang terjadi di laptop atau PC berlaku juga di ponsel Android meskipun dalam bentuk yang lebih mini. Salah satunya adalah dengan membuat kinerja ponsel android lebih cepat dengan membuat RAM lebih lega.

Hal ini dikarenakan ponsel Android yang dipakai terasa lebih lambat alias lemot dibandingkan saat kali pertama ponsel tersebut dibeli. Kemunginan besar karen akapasitas RAM ponsel sudah semakin sedikit akibat banyaknya aplikasi android yang berjalan secara background.

RAM pada ponsel android cara kerjanya sama dengan RAM di PC atau laptop yang digunakan sebagai penyimpan beragam data dari aplikasi yang masih aktif digunakan maupun yang berjalan secara background.

Dengan kondisi seperti ini maka aplikasi pun akan cepat diakses oleh prosesor sesuai dengan permintaan yang dilakukan oleh pengguna ponsel android. Dengan kata lain, RAM adalah media penyimpanan sementara yang membuat pengguna bisa mengakses banyak hal dan membuat smartphone menjadi lebih multitasking.

Oleh karena itu, jika kapasitas RAM semakin sedikit, akan berpengaruh terhadap kinerja ponsel dalam memproses perintah pengguna yang dirasakan semakin melambat. Contohnya, saat kamu ingin membuka aplikasi Instagram, prosesnya akan lebih lambat dibanding biasanya karena ponsel akan berusaha menutup aplikasi yang menggunakan RAM untuk dialokasikan ke aplikasi Instagram.

Lalu bagaimana cara membuat RAM ponsel menjadi lebih lega?, berikut adalah sedikit tips cara meningkatkan kinerja RAM pada ponsel android.

Nonaktifkan Widget dan Live Wallpaper

cara menambah ram dengan greenify

Personalisasi smartphone dengan menambahkan widget dan live wallpaper memang membuat tampilan ponsel jadi lebih personal. Meski begitu, sebagaimana Tekno Liputan6.com kutip Android Pit, Senin (29/5/2017), widget dan live wallpaper menghabiskan space RAM. Alih-alih menjadi lebih cepat, sering me-refresh perangkat justru menguras baterai.

Oleh karena itu, langkah yang tepat dilakukan adalah membatasi penggunaan widget dan menonaktifkan live wallpaper untuk mengoptimalkan RAM.

Disable Application

menambah ram android tanpa root
download aplikasi mempercepat kinerja android terbaik

Beberapa aplikasi memang memakai kapasitas cukup besar di RAM, meskipun aplikasi tersebut sedang tak digunakan. Karenanya, kamu bisa memilih aplikasi mana yang harus dan tidak harus running di background. Dengan begitu, performa smartphone pun akan meningkat.

Untuk menonaktifkan aplikasi, kamu bisa masuk ke Setting, kemudian memilih menu Application Manager. Selanjutnya, kamu akan masuk ke daftar seluruh aplikasi yang dipasang pada Android-mu.

Jangan coba-coba untuk menonaktifkan semua aplikasi. Usahakan memilih aplikasi yang jarang dipakai, atau kalau memang tak pernah dipakai lebih baik meng-uninstall-nya.

Disable Animation

Animasi seringkali memakan banyak memori RAM, untuk menonaktifkannya, kamu harus masuk ke Developer option, caranya masuk ke Setting lalu pilih About Phone.

cara mengurangi penggunaan ram
cara mengurangi penggunaan ram hp

Selanjutnya ketuk Build Number sekitar tujuh kali hingga ponsel memberikan notifikasi bahwa pengguna sudah menjadi developer.

Setelah bagian ini selesai, kamu bisa masuk ke Setting ponsel, kemudian geser ke bawah untuk menemukan Developer Options.

Selanjutnya, kamu bisa masuk ke Drawing section dan matikan opsi tersebut. Beberapa opsi yang bisa dinonaktifkan di antaranya adalah Windows animation scale, Transition animation scale, dan Animation duration scale.

Well, lalu bagaimana jika tips meningkatkan kinerja RAM pada ponsel pintar Android masih kurang ‘nendang’ dan hanya berlaku sesaat?, ini artinya harus ada aplikasi yang dikorbankan untuk tidak digunakan secara terus menerus di ponsel.

Jika hal tersebut masih belum menyelesaikan masalah memori penuh, maka bersiaplah untuk menyisihkan uang jajan untuk mulai mengumpulkan dana untuk membeli ponsel android yang mempunyai RAM lebih besar dari ponsel yang digunakan sekarang.

Salah satu contoh ponsel Android dengan RAM yang sangat lega adalah ponsel terbaru keluaran OnePlus yang dinamakan OnePlus 5 yang mempunyai RAM 8GB dan ROM atau storage internal sebesar 128GB. Tentu saja untuk menebus ponsel tersebut perlu dianggarkan dana yang cukup banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *