Cara Mudah Perbarui Play Store Versi Lama ke Versi Terbaru

3 min read

Game Memasak terbaru untuk hp

Memperbarui Google Play Store ke versi terbaru ternyata cukup mudah. Proses update ini sangat penting agar pembaruan semua aplikasi yang terpasang di hp tetap berjalan dengan lancar. Beberapa aplikasi populer yang sering melakukan pembaruan adalah aplikasi WA atau WhatsApp, aplikasi ojek, aplikasi Grab, aplikasi facebook, aplikasi youtube, dan pembaruan untuk aplikasi IG.

Play Store sendiri merupakan aplikasi yang sangat penting yang harus ada di android, guna menjamin semua aplikasi yang ada di hp android berjalan dengan baik. Dengan menggunakan versi terbaru, ponsel kamu akan terbebas dari potensi adanya malware ataupun aplikasi versi lama yang berpotensi mempunyai bug yang bisa dimanfaatkan oleh para hacker.

Seperti kita ketahui smartphone Android merupakan salah satu produk ponsel pintar yang paling populer digunakan banyak orang di dunia termasuk di Indonesia. Bisa dikatakan persentase pemakainya hampir mencapai 85% dengan 15% sisanya dibagi antara iPhone dan sistem operasi Mobile yang lain.

Untuk itu patut kiranya kamu mengetahui cara memperbarui play store di Android yang mudah dan praktis. Google Play Store selalu terkait dengan Google Play Service yang berjalan di background, artinya jika ingin melakukan proses update play store maka play Service pun akan ikut ter-update juga meskipun dalam kasus tertentu tidak serta merta ter-update ke versi yang terbaru.

Untungnya sekarang ini kita tidak perlu melakukan download play store karena di hp android terkini, aplikasi yang penting ini sudah terpasang secara otomatis sejak keluar dari pabrik. Meskipun demikian bagi kamu yang menggunakan hp android keluaran Xiaomi dengan ROM China, kamu harus tahu cara instal google play Service sebelum instal play store di hp tersebut.

BACA JUGA:   Upgrade Andromax E2 Plus, Unbrick Andromax E2, Root Andromax EC

Hanya saja terkadang aplikasi Play Store eror dan butuh untuk diperbarui dengan segera, untuk itu dalam artikel kali ini tim masivo mencoba berbagi tips dan trik cara memperbarui play store yang bisa kamu lakukan sendiri. Dan ingat memperbarui play store hukumnya adalah wajib agar aplikasi lain di ponsel kamu bisa berfungsi dengan sempurna.

Pada dasarnya ada dua cara yang bis kamu gunakan untuk memperbarui play store, yaitu cara pertama dengan memperbarui secara langsung dari aplikasi play store itu sendiri. Cara pertama ini sangat disarankan karena selain lebih mudah juga sangat aman.

Untuk melakukannya, kamu memerlukan koneksi internet yang stabil dan cepat. Karena jika tidak stabil, proses download akan berpotensi tersendat dan akibatnya file aplikasi play store rusak dan tentu saja hal ini tidak bisa digunakan oleh ponsel untuk memperbarui aplikasi. Langsung saja, berikut adalah cara update Google Play Store langsung dari aplikasi Play Store yang ada di ponsel.

Cara Perbarui Google Play Store Langsung dari Smartphone Android

  • Pertama-tama, buka aplikasi Google Play Store yang ada di ponselmu, kemudian tap ikon hamburger pada bagian kiri atas.
  • Lalu pilih menu Setelan atau Settings
  • Kemudian geser atau scroll ke bawah untuk Man-tap sub-menu versi Play Store
cara perbarui aplikasi play store
  • Setelah di-tap, akan muncul kotak dialog. Jika yang muncul di kotak dialog bertuliskan ‘Versi Google Play Store Sudah Yang Terbaru’ maka ini artinya aplikasi Play Store yang kamu gunakan sudah yang terbaru. Sedangkan jika Play Store menemukan versi yang lebih baru maka akan muncul opsi untuk meminta ijin download dan install versi terbaru.

Cara Manual Memperbarui Play Store dengan File APK

Cara kedua memperbarui aplikasi play store adalah dengan teknik manual yaitu dengan menggunakan file APK. File APK merupakan file binari yang sudah dikemas sedemikian rupa untuk bisa langsung di-install ke perangkat android. APK sendiri merupakan singkatan dari Application Package File. File APK digunakan sebagai sarana untuk mendistribusikan dan memasang aplikasi atau software yang berfungsi sebagai pihak ketiga atau middleware antara ponsel dengan sistem operasi Mobile android.

BACA JUGA:   Cara Menghilangkan Iklan Di Browser

Tentu saja penggunaan file APK sangat tidak disarankan tetapi hal ini terkadang harus dilakukan karena bisa saja versi terbaru aplikasi seperti play store sudah tersedia tetapi saat dicek menggunakan mekanisme update menggunakan play store masih belum terdeteksi adanya versi yang terbaru tersebut.

Biasanya hal ini dikarenakan proses push update dari server Google ke ponsel masih dalam antrian alias menunggu giliran. Jadi, untuk memotong antrian ini maka cara update yang paling cepat adalah dengan menggunakan file APK.

Untuk itu pastikan ambil file APK play store yang terbaru dari sumber yang tepercaya guna menghindari adanya potensi kebocoran informasi yang disebabkan adanya penyusupan menggunakan file binari APK. Berikut adalah cara memperbarui aplikasi play store menggunakan file APK.

  • Download play store terbaru dengan format file APK dari situs tepercaya yang ada di internet.  
  • Kemudian masuk ke folder Download, lalu tap file APK play store untuk memulai proses instalasi ke ponsel.
  • Jika ada kotak dialog untuk memberikan jin di pengaturan ponsel, silakan berikan jin agar proses pemasangan aplikasi play store bisa dilanjutkan.
  • Setelah file APK play store ter-install dengan benar, maka tak perlu lama kamu bisa langsung menggunakan aplikasi Play Store untuk melakukan pembaruan aplikasi lain yang kamu gunakan di ponsel.

Kedua cara update play store di atas bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Keduanya memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Dari sisi sekuriti atau faktor keamanan, cara pertama adalah cara yang sangat direkomendasikan oleh banyak pihak termasuk Google.

Hal tersebut wajar saja terjadi, karena proses update langsung dari aplikasi bawaan play store tidak menggunakan pihak ketiga sebagai Hub atau penghubungnya. Sedangkan di file APK, banyak berita sedih banyaknya smartphone android yang terkena malware ataupun disusupi aplikasi jahat karena pengguna ponsel tersebut teledor dengan memasang banyak aplikasi langsung dari file APK. Jadi sumber di pan kamu mengunduh file APK harus sangat diperhatikan.

BACA JUGA:   5 Fitur Terbaik yang "Hilang" di ROM Android Stock

Demikianlah dua cara memperbarui aplikasi Play Store yang bisa kamu lakukan. Pilih cara pertama agar kamu aman dari potensi masuknya aplikasi jahat di hp, sedangkan cara kedua baru bisa kamu lakukan jika cara pertama tidak berhasil dan pastikan sumbernya kredibel dan dapat dipercaya. semoga dapat bermanfaat dan sampai jumpa di artikel tutorial aplikasi android lainnya. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *