Aplikasi Pengatur Keuangan

4 min read

cara menggunakan aplikasi keuangan di android

Aplikasi pengatur keuangan kini mudah ditemukan di toko Google yang bernama Play store dibandingkan 2-3 tahun sebelumnya. Saat itu menemukan aplikasi keuangan yang sederhana untuk mencatat pengeluaran dan pemasukan bulanan cukup sulit, jika adapun tidak sesuai dengan kebutuhan.

Kini dengan banyaknya developer yang mengeluarkan aplikasi untuk mengelola keuangan malah menjadi kesulitan tersendiri. Hal ini dikarenakan memilih yang cocok dengan kebutuhan dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan masa depan membutuhkan uji coba yang memakan waktu, kuota dan pikiran.

Akan tetapi, aplikasi penagtur keuangan sangat penting karena kamu bisa melakukan catatan keuangan secara harian, mingguan, hingga bulanan. Hal ini perlu dilakukan guna mengontrol cash-flow agar di akhir bulan tetap surplus neraca keuangan bukannya malah defisit yang memicu terjadinya hutang.

Dengan menggunakan aplikasi, kamu bisa mengelola keuangan lebih cermat dengan catatan kamu juga harus disiplin mencatatkan semua transaksi keuangan yang terjadi meskipun transaksi yang kecil seperti membayar parkir.

Yuk ganti dulu game di hp dengan aplikasi belajar mengaji agar kamu lebih bertakwa

Dalam kesempatan kali ini, tim masivo mencoba memberikan rekomendasi aplikasi pengatur keuangan terbaik yang bisa kamu coba untuk mendisipinkan dirimu agar tidak terjebak kepada pengeluaran yang tidak perlu agar terhindar dari hutang.

Catatan Keuangan Harian

Aplikasi keuangan yang satu ini merupakan aplikasi pertama yang kami gunakan untuk mengelola keuangan di Android. Tampilannya sederhana, bersih dengan fitur dasar yang memudahkan kamu dalam mencatat segala transaksi pengeluaran dan pemasukan keuangan.

Aplikasi Keuangan
Aplikasi Pengatur Keuangan

Catatan keuangan yang bisa dilakukan secara harian ini mempunyai fitur yang lengkap seperti bisa mencatat pengeluaran, pemasukan, bisa menghitung adanya selisih, dan laporan bulanan, serta banyak fitur lainnya.

Jika kamu ingin memonitor transaksi keuangan harian pun juga tersedia sehigga apa yang terjadi di hari itu bisa ditinjau untuk menjadi acuan keesokan harinya.

Asyiknya lagi, aplikasi ini mempunyai fitur reminder, di mana kamu bisa mengatur di jam berapa akan diingatkan oleh aplikasi agar tidak terlupa untuk mencatatkan transaksi keuangan di hari itu.

Catatan Keuangan Harian
Catatan Keuangan Harian

Finansialku

Jika mencari software keuangan yang lebih komplit dan mempunyai sertifikasi perencanaan keuangan, maka wajib kiranya untuk mencoba aplikasi keuangan yang dinamakan Finansialku.

Tidak hanya untuk mencatat transaksi keuangan harian, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk merencanakan keuangan, membeli reksa dana, kemampuan melakukan check-up kesehatan keuangan, dan adanya sesi tanya jawab yang akan dilayani oleh para konsultan yang sudah mengantongi sertifikasi CFP atau Certified Financial Planner.

aplikasi pengatur keuangan android bahasa indonesia
Aplikasi Keuangan

Dengan kata lain, software keuangan yang satu ini sudah mempunyai jaminan keamanan untuk mengatur keuangan dengan lebih baik. Sehingga sangat membantu dalam mengontrol pemasukan dan pengeluaran karena di aplikasi ini kamu dapat menentukan budget berdasarkan jenis rekening yang dimiliki.

Fitur lainya yang cukup membantu adalah kemampuannya yang bisa mengoneksikan semua rekening yang kamu punya ke akun Finansialku. Hal ini tentunya akan lebih mengintegrasikan keuangan yang ada untuk bisa dikontrol secara terpusat agar keuangan bisa diatur secara lebih efektif dan efisien.

AndroMoney (Expense Track)

Bagi yang menyukai tampilan aplikasi keuangan yang sederhana dan detil serta mampu menampilkan anggaran tambahan di luar yang sudah ditentukan secara rinci, serta grafik yang menunjukkan pengeluaran, maka aplikasi AndroMoney menjadi pilihan yang harus dipertimbangkan. Apalagi telah mendukung fitur penyimpanan cloud melalui Dropbox dan Google Docs.

aplikasi pengatur keuangan andromoney
Aplikasi Pengatur Keuangan

Pos pengeluaran seperti makan, keperluan rumah tangga, gadget, hiburan, belanja pakaian, hingga berlibur mampu ditracking dengan baik dan rinci serta efisien.

Sehingga dengan tampilnya tiap anggaran pengeluaran secara rinci, maka kamu akan dengan mudah menentukan anggaran ke depannya yang disesuaikan dengan pemasukan yang muncul. Maka potensi anggaran pengeluaran melebihi pemasukan akan terdeteksi secara dini.

AndroMoney ( Expense Track )
AndroMoney ( Expense Track )
Developer: AndroMoney
Price: Free

1Money

Mengatur keuangan harian, mingguan dan bulanan yang mudah efisien dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi yang dinamakan 1Money.

aplikasi catatan keuangan harian untuk android
Aplikasi Keuangan Android

Fitur di dalam aplikasi ini memungkinkan kita untuk mengatur pos pengeluaran yang disesuaikan dengan pendapatan yang kamu punya melalui pelacakan setiap pemasukan dan pembelanjaan yang dilaporkan secara detil.

Fitur pelacakan atau tracking ini juga bisa digunakan untuk menabung sekiranya ada pemasukan tambahan tak terduga.

Money Manager

Aplikasi yang dinamakan Money Manager ini selain memiliki fitur dasar sebagai pencatat pengeluaran keuangan juga mampu digunakan untuk mencatat semua transaksi penggunaan kartu debit mapun kartu kredit.

aplikasi pencatat keuangan di android
Aplikasi Keuangan Terbaik

Tentu saja hal ini sangat membantu kamu yang selalu kesulitan memisahkan pos pengeluaran dari kedua jenis kartu yang berbeda tersebut. Namun kini hal tersebut menjadi masa lalu, karena aplikasi ini juga bisa terintegrasi dengan PC atau laptop untuk mengedit data transaksi yang ada berdasarkan tanggal, bulan, dan tahun.

Money Manager (+PC Editing)
Money Manager (+PC Editing)
Developer: Realbyte Inc.
Price: $4.99

Daily Expenses License

Software keuangan untuk smartphone yang satu ini memiliki fitur yang cukup lengkap. Tak ada batasan yang diberlakukan untuk melaporkan segala bentuk transaksi keuangan.

Cara Mengatur Keuangan Pribadi

Mulai dari format pencatatan pengeluaran dan pemasukan yang sudah dibakukan, hingga kolom atau item tambahan yang dibutuhkan untuk mencatat transaksi bisa ditambahkan begitu saja dan kesemuanya akan ditampilkan dalam bentuk diagram yang rinci.

Akan tetapi untuk memanfaatkan semua fitur premium tersebut, kamu diminta untuk mengeluarkan biaya sekitar Rp 30.000 sebagai bentuk dukungan kepada developer agar tetap giat berkarya dengan memberikan berbagai update penting dan fitur terkini

Monefy – Money Manager

Aplikasi keuangan android pada umumnya menggunakan desain tampilan yang simpel dan sederhana. Namun dibalik kesederhanaan itulah ada fitur-fitur yang luar biasa dan sangat membantu para penggunanya.

download app keuangan android
Aplikasi Keuangan Pribadi

Salah satu aplikasinya adalah monefy, aplikasi ini memiliki beberapa kategori pos pemasukan dan pengeluaran yang bisa langsung digunakan untuk mengatur anggaran keuangan.

Dengan antar muka yang sederhana di tampilannya, ikut mengefektifkan pengguna dalam melakukan pengaturan anggaran. Cukup dengan memasukkan jumlah anggaran yang ditentukan untuk dimasukkan ke kategori yang tepat.

Monefy - Money Manager
Monefy - Money Manager
Developer: Aimbity AS
Price: Free+

Financial Calculator

Bagi kamu yang sedang menghitung-hitung anggaran keuangan seperti mengambil kredit rumah, kredit kerja dan lain-lain. Maka aplikasi keuangan yang satu ini sangat cocok untuk melakukan tugas penghitungan yang rumit tersebut.

cara menggunakan aplikasi keuangan android
Kalkulator Aplikasi Keuangan

Seperti namanya, aplikasi financial kalkulator mempunyai fitur untuk menghitung berbagai skema kredit, investasi dan bunga yang diproyeksikan. Jadi tidak heran, fitur-fitur semacam auto lease calculator, auto loan, return on invesment, commercial loan calculator, dan semacamnya akan sangat mudah ditemui di aplikasi ini.

Dengan berbagai fitur tersebut, kamu pasti akan sangat terbantu bagaimana menghitung keuangan apakah membeli atau menyewa properti akan efisien dan memiliki keuntungan yang diinginkan atau tidak.

Karena di aplikasi ini juga ada fitur untuk membantu kamu memahami bagaimana sistem kerja bunga majemuk dan menentukan tujuan dari pengaturan keuangan seperti mewujudkan impian membeli rumah pribadi, mobil baru atau tujuan yang lain.

Financial Calculator
Financial Calculator
Developer: DessertApps
Price: Free

Money Lover: Manajemen Keuangan, Anggaran & Budget

Aplikasi keuangan harus bisa digunakan dengan mudah dan praktis tanpa perlu banyak tahu bagaimana sistemnya bekerja. Hal ini perlu ditekankan karena kebanyakan pengguna aplikasi yang satu ini ingin segera melihat laporan dalam bentuk diagram untuk mengetahui kemana saja uang mereka pergi.

aplikasi pengatur keuangan terbaik
Cara Menggunakan Aplikasi Keuangan

Hal ini lah yang dilihat oleh aplikasi keuangan Money Lover dengan membuat tampilan antar mukanya sederhana dan kemudahan saat digunakan. Fitur-fitur yang ada di dalamnya sangat berguna untuk membantu kamu mengelola keuangan lebih baik dari sebelumnya.

Fitur savings atau tabungan, budget, dan event bisa kamu gunakan untuk mengatur pengeluaran berbagai macam kebutuhan. Ditambah lagi adanya pos pengeluaran untuk transportasi, makan, hingga liburan pun sudah dibuatkan yang akan membuat hidup kamu lebih terarah dan mengetahui kemana saja uang telah dianggarkan.

Mint: Budget, Bills, & Finance Tracker

Kebutuhan seseorang terhadap aplikasi keuangan sepertinya semakin meningkat terlebih di jaman teknologi kekinian yang serba cepat sehingga tidak lazim lagi jika harus menuliskan setiap transaksi dalam lembaran kertas layaknya jurnal buku besar keuangan.

aplikasi catatan keuangan harian terbaru
Aplikasi Keuangan Terbaik di Android

Kini semua pencatatan transaksi keuangan bisa dilakukan dalam genggaman. Namun aplikasi pengatur keuangan yang hanya mencatat saja tidaklah istimewa, aplikasi tersebut juga harus bisa melakukan review siklus keuangan penggunanya termasuk melakukan kategorisasi pos pengeluaran dan pendapatan secara otomatis, pengingat tagihan yang berulang ataupun beberapa kali seperti kredit, juga bisa digunakan untuk mereview seberapa jauh tujuan keuangan yang telah ditetapkan.

Aplikasi keuangan yang dinamakan mint hadir untuk memenuhi kebutuhan di atas, dan lebih dari itu bisa digunakan untuk melakukan review atas kondisi keuangan kamu melalui sistem credit scoring.

Menyusun budget agar tidak melebihi pemasukan juga bisa dilakukan oleh aplikasi yang satu ini dengan menggunakan kategori yang telah ditentukan seperti kategori makanan dan minuman atau kategori yang lainnya. Kesemua kategori tersebut diharapkan mampu mengajak kamu untuk disiplin dalam mengatur keuangan.

Demikian kumpulan aplikasi pengatur keuangan yang direkomendasikan oleh tim masivo sebagai rujukan untuk kamu yang merasa kesulitan untuk menentukan aplikasi keuangan yang mana yang harus digunakan.

Namun perlu diingat, aplikasi hanyalah alat untuk membantu bukan untuk menentukan kesuksesan keuangan. Semuanya bergantung kepada kamu sebagai penggunanya, apakah disiplin dengan kegiatan pencatatan transaksi keuangan setiap harinya dan mengikuti tujuan keuangan yang telah ditetapkan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *