5 Aplikasi Belajar Membaca yang Cocok untuk Anak

2 min read

cara belajar membaca anak sd

Belajar membaca pada anak usia dini sebenarnya tidak diwajibkan karena saat mereka masuk sekolah dasar tidak menjadi syarat utama. Hanya saja pada kondisi aktualnya, kemampuan membaca menjadi tolak ukur anak diterima atau tidak di suatu sekolah meskipun terkesan ditutupi terutama pada sekolah-sekolah favorit yang banjir peminat.

Anak usia dini sebenarnya lebih ditekankan untuk belajar adab dan konsep belajar sambil bermain, tetapi salah kaprah yang telah berlangsung bertahun-tahun telah mendorong para orang tua memaksa anaknya belajar membaca yang jika dilihat dari kematangan usia sebenarnya mereka belum sampai ke tahap tersebut.

Untuk itu dibutuhkan jalan tengah yang tidak memaksakan anak untuk segera bisa membaca salah satunya adalah dengan menggunakan konsep bermain sambil belajar, dimana anak-anak dikenalkan dengan huruf melalui berbagai permainan. Permainan ini bisa dilakukan dengan menggunakan gadget yang sudah menjadi keseharian anak-anak.

Belajar bahasa Inggris bisa dilakukan secara gratis menggunakan aplikasi yang tersedia di Android. Gunakan dengan baik untuk memperkaya perbehandaraan kosakata, grammar dan listening.

Ternyata banyak aplikasi untuk bisa membaca yang bisa digunakan untuk membantu anak-anak usia dini mengenal huruf. Jadi, lebih baik ganti aplikasi game yang biasanya banyak terlihat di perangkat android anak-anak menjadi aplikasi untuk belajar.

Aplikasi Belajar Membaca

Aplikasi yang satu ini berkonsep game offline yang berisi cara membaca huruf yang disertai dengan audio. Hal ini tentunya akan menarik bagi anak-anak karena ada interaksi yang diawali dengan mengeja, membaca kata dan kemudian dilanjutkan kalimat.

cara belajar membaca dan menulis cepat

Selain itu fitur lainnya adalah adanya modul tulis dan baca yang dimaksudkan untuk mengetes kemampuan baca anak dengan kata yang dibuat oleh si anak sendiri. Kata yang ingin diucapkan bisa dituliskan dengan menuisnya pada layar smartphone, di sini orang tua bisa juga membantu si anak untuk belajar bersama. Keakraban pun akan tercipta dan anak pastinya akan lebih bersemangat untuk belajar.

Belajar Membaca
Belajar Membaca
Developer: EduNet Indonesia
Price: Free

Belajar Membaca Menulis & Berhitung

Mempunyai anak yang sudah bisa membaca sejak kecil tentu menjadi kebanggan bagi orang tua. Hanya saja hal ini jangan dipaksakan sebelum waktunya, untuk itu orang tua sebaiknya memfasilitasi anak-anak dengan aplikasi game membaca yang biasanya berkonsep bermain.

contoh belajar membaca

Salah satu aplikasi yang cocok untuk menjalankan fungsi tersebut adalah aplikasi belajar membaca menulis & berhitung karena dilengkapi dengan game yang mengajak anak-anak tanpe terasa belajar.

Anak-anak tidak hanya diajarkan cara membaca, juga berhitung dan mengenal huruf yang sangat berguna sebagai sarana pengenalan sebelum beranjak ke tahap selanjutnya.

Belajar Membaca Lancar

Membuat anak nyaman saat mempelajari cara membaca merupakan tujuan utama bagi orang tua untuk mengajak si kecil mulai mengenal huruf. Membaca huruf-huruf alfabet A hingga Z dengan cara menyenangkan akan membuat anak merasa sedang bermain game. Di aplikasi ini hadir dengan kenyamanan tersebut.

belajar membaca huruf

Anak-anak juga bisa bagaimana cara membaca kata-kata yang umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari karena game membaca ini berisi cara membaca satu kata, belajar mengenal 2 suku kata, lalu beranjak belajar membaca 3 suku kata selain mulai mempelajari membaca huruf vokal dan konsonan.

Belajar Membaca Lancar
Belajar Membaca Lancar
Developer: Solite Kids
Price: Free+

Ayo Belajar Membaca

Untuk bisa membaca biasanya diawali dengan mengenal huruf dan mengeja. Hal ini akan mempercepat anak-anak menguasainya, tetapi konsep bermain tetap harus dikedepankan agar mereka tidak bosan dan akhirnya mogok belajar.

download game belajar membaca

Aplikasi yang satu ini mencoba untuk memberikan pengalaman bermain yang menyenangkan melalui game interaktif dengan tetap belajar mengenal huruf, angka dan mengeja, membaca satu kata hingga 3 kata.

Hal ini dicapai dengan beberapa fitur utama yang dibenamkan ke aplikasi ini seperti ilustrasi gambar kartun, ilustrasi pun bisa menggunakan koleksi gambar pribadi, ada suara yang muncul untuk menarik perhatian anak-anak, dan besa file aplikasi cukup kecil sehingga cocok digunakan pada semua jenis perangkat android.

Ayo Belajar Membaca
Ayo Belajar Membaca

Aplikasi Belajar Membaca – Edutalk

Mengenalkan huruf vokal dan konsonan ke anak-anak merupakan tahap awal saat mengajarkan cara membaca ke mereka. Setelah itu diajarkan bagaimana mengeja kata dengan satu suka kata, dua suku kata dan tiga suku kata.

cara belajar membaca 3 huruf

Jika anak-anak sudah terlihat mahir dan masih nyaman saat mempelajarinya, bisa ditingkatkan dengan contoh kalimat yang disertai dengan gambar, suara dan animasi sehingga anak-anak tidak merasa bosan karena menganggapnya sebagai permainan game.

learn to read
learn to read
Price: Free

Demikianlah kumpulan rekomendasi aplikasi game cara membaca dan menulis bagi anak-anak usia dini dan tingkat SD. Gunakan permainan membaca sebagai game di gadget yang digunakan oleh mereka, karena selain bermain mereka juga bisa belajar untuk bisa membaca, menulis dan berhitung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *